Header Ads

Bab 5 Keseimbangan Lingkungan

A. Keseimbangan Lingkungan

1. Interaksi Antarkomponen Ekosistem dalam       Menjaga Keseimbangan Lingkungan
       
      Ekosistem disusun oleh komponen biotik dan abiotik. Kedua komponen ini saling berinteraksi dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kestabilan ekosistem.

2. Suksesi

       Suksesi adalah proses perubahan komposisi spesies dalam suatu komunitas biologi akibat adanya gangguan pada komunitas tersebut.

     a. Suksesi primer
          Proses perubahan komposisi komunitas yang terjadi pada suatu kawasan yang pada mulanya hampir tidak ada kehidupan disebut suksesi primer. 

     b. Suksesi sekunder
          Suksesi sekunder terjadi pada area yang mulanya ada kehidupan tetapi kemudian mengalami beberapa gangguan yang menyebabkan hilangnya komunitas yang ada di area tersebut dan hanya meninggal tanah yang tetap utuh.

     c. Komunitas Klimaks
         Komunitas Klimaks merupakan komunitas yang dihasilkan dari proses suksesi. Komunitas klimaks bersifat stabil dan memiliki tingkat keseimbangan lingkungan yang tinggi.

B. Dampak Eksploitasi Berlebihan terhadap Ekosistem

   1. Fragmentasi dan Degradasi Habitat
        Meningkatnya populasi penduduk dunia menyebabkan semakin banyak lahan yang dibutuhkan untuk mendukung kesejahteraan manusia, seperti lahan untuk Pertanian, tempat tinggal, industri, dan lain sebagainya.

   2. Terganggunya Aliran Energi di Dalam     Ekosistem
        Ekosistem alami yang dirusak dan diubah menjadi ekosistem buatan dapat menyebabkan terjadinya perubahan aliran energi dalam ekosistem tersebut.

   3.  Resistensi Beberapa Spesies Merugikan
         Penggunaan pestisida dan antibiotik secara berlebihan untuk membunuh populasi organisme yang merugikan (hama atau patogen) dapat menyebabkan munculnya populasi organisme yang kenal terhadap pestisida dan antibiotik tersebut.

   4.  Hilangnya Spesies Penting di Dalam   Ekosistem
        Setiap organisme memiliki peran penting di dalam suatu ekosistem. Hilangnya satu organisme dapat memberikan dampak yang cukup besar di dalam ekosistem.

   5. Introduksi Spesies Asing
        Introduksi atau masuknya spesies dari satu ekosistem ke dalam ekosistem lainnya biasanya bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan manusia.

   6. Berkurangnya Sumber Daya Alam       Terbaharui
        Kayu, tanduk, gading, dan sebagainya merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam tersebut di golongkan ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena berasal dari organisme yang dapat berkembang biak.

   7. Terganggunya Daur Materi di Dalam       Ekosistem
        Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, tingkat aktivitas manusia juga akan ikut meningkatnya. Meningkatnya aktivitas manusia di Dunia berpengaruh terhadap daur biogeokimia.

C. Dampak Eksploitasi yang Berlebihan

    1. Dampak eksploitasi pada tingkat lokal
         a. Kekeringan, kemarau yang panjang dan     kekurangan air menjadikan kekeringan terjadi di   mana - mana.
      
         b. Banjir, sungai tidak dapat lagi menampung limpahan air hujan karena daerah resapan air yang semakin sedikit.

         c. Longsor, bergeraknya tanah karena air hujan atau aliran air permukaan.

         d. Erosi Pantai (abrasi), terkikisnya daratan pantai akibat gelombang Air laut

    2. Dampak eksploitasi pada tingkat regional
         a. Kebakaran hutan, terjadi karena proses alami atau karena ulah manusia

         b. Pencemaran minyak lepas pantai, hasil eksploitasi minyak bumi diangkut oleh kapal tangki ke tempat pengolahan minyak yang mengalami kebocoran sehingga menyebabkan tumpahan minyak yang berujung pada kematian organisme laut.

    3. Dampak eksploitasi pada tingkat nasional
        a. Deforestasi, menurunnya luas hutan yang terjadi akibat kegiatan penerbangan liar.

         b. Pencemaran limbah industri.

     4. Pada tingkat global
         a. Pemanasan global (global warming)
         b. Penipisan lapisan ozon
         c. Hujan asam
         d. Pertumbuhan populasi

1 comment:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rani anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.