Header Ads

Pengolahan Limbah Rumah Tangga

Limbah Rumah Tangga
Air buangan melalui limbah rumah tangga yang dibuang sembarang, dapat menyebabkan air di sekitar rumah dan tanah menjadi tercemar. Limbah cair rumah tangga di bagi menjadi 3 yaitu, grey water yaitu limbah cair yang bukan berasal dari kotoran manusia, black water yaitu limbah yang berasal dari kotoran manusia, dan clear water yaitu limbah hasil tetesan AC dan kulkas. Setiap limbah memerlukan cara pengolahan yang berbeda- beda. Karena sifat dari limbah tersebut berbeda- beda. Berikut adalah beberapa pengolahan limbah rumah tangga :
Grey Water
Grey water adalah cairan limbah rumah tangga yang berasal dari hasil cuci- mencuci dan hasil memasak. Limbah ini harus diberlakukan berbeda dengan limbah yang berasal dari kotoran manusia. Sehingga limbah greywater tidak boleh di buang di septitank. Kandungan sabun yang ada di limbah ini, mampu membunuh mikroorganisme atau bakteri yang bertugas mengurai limbah manusia.
Oleh karena itu, terkadang limbah grey water ini dibiarkan dialirkan secara sembarang ke selokan- selokan, yang pada akhirnya bermuara ke sungai. Hal ini menyebabkan air sungai menjadi tercemar. Salah satu langkah yang dapat diambil untuk mencegah semakin banyak air kotor jatuh ke sungai adalah dengan menanam tanaman yang bisa menyarap zat pencemar pada selokan. Tanaman tersebut adalah bunga ungu, lidi air, futoy ruas, bunga coklat, malati air dan lidi air. Walau kesemua tanaman ini mampu menyerap zat pencemar di dalam air, zat yang mampu diserap sangat sedikit, sehingga di anggap kurang efisien. Oleh karena ini mengudakan system pengolahan limbah yang lebih canggih sangat diperlukan.
System Pengolahan Air Limbah atau SPAL adalah salah satu system pengolahan limbah sederhana yang dapat dipakai dalam menangani limbah yang non kakus. Pada SPAL, dibutuhkan dua buah bak, yaitu bak pengumpul dan tangki resapan. Pada bak pengumpul, di beri ruang yang berguna sebagai penangkap sampah, pasir dan minyak. Pada ruangan tersebut, disekat dengan menggunakan kasa setebal satu centimeter. Kasa tersebut bertugas menyaring air limbah yang masuk, sehingga hanya air limbah saja yang masuk ke dalam tangki resapan. Pad atangki resapan, terdapat arang dan batu koral yang bertugas menyaring zat pencemar. Cara kerja dari SPAL adalah:
1. Air yang kotor akan masuk pada bak pengumpul.
2. Minyak, pasir dan sampah akan tertinggal di dalam sampah dan terperangkap di dasar bak pengumpul dan mengendap.
3. Air yang bebas dari munyak, sampah, dan pasir akan turun ke dalam tangki resapan.
4. Didalam tangki resapan, air akan tersaring oleh batu koral dan arang.
5. Air yang keluar akan menjadi air yang lebih bersih.
SPAL adalah salah satu pengelolaam limbah yang murah dan mudah dilakukan di lakukan. Bahkan di Selandia Baru, air yang keluar dari SPAL masih di sterilkan lagi, sehingga dapat dipakai kembali untuk mencuci dan memasak.




16 comments:

  1. kata kata dari artikelnya cukup dipahami

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat dan membantu untuk melakukan pengolahan limbah rumah tangga

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat dan sangat membantu dalam pengolahan limbah di rumah tangga

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat dan mudah dimengerti, bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat dan mudah dimengerti, bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga bisa bermanfaat buat kedepannya dan menjadi contoh

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat dan mudah di pahami, serta dapat di terapkan di kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat, salah satunya untuk pelajar seperti saya agar dapat mengetahui lebih tentang pengolahan limbah rumah tangga

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat jadi kita tau bagaimana caranya mengolah limbah dengan baik dan tidak semua limbah harus dibuang.

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah bermanfaat sekali, jadi yang membaca artikel ini bisa mengetahui cara agar limbah rumah tangga kita bisa diolah dengan baik dan benar.... terimakasih ilmunya.

    ReplyDelete
  10. Cukup rinci dan sangat mudah untuk dipahami materi tentang limbah rumah tangga dan ada satu contohnya yaitu Grey Water. Selain itu ada juga cara untuk menangani limbah non kakus yaitu SPAL atau System Pengolahan Air Limbah. Oke terima kasih ilmunya🙏

    ReplyDelete
  11. Bermanfaat dan mudah dipahami dalam pengolahan limbah rumah tangga

    ReplyDelete
  12. sangat bermanfaat dan sangat membantu sekalii

    ReplyDelete
  13. Sangat bermanfaat, semoga bisa membantu dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.