Header Ads

Artikel Makanan dan Minuman Berbahaya

Nama anggota kelompok;
-Adam Ramadhan
-Devina Syaja Ratulaila
-Gendis Wagiswari
-Isnaini Dalila
-Muhamad Zaidan Zahran
-Wahyuning Kurnia Putri
Kelas: X Akuntansi I
Judul: Makanan dan Minuman Berbahaya
        Makanan dan Minuman Berbahaya
Makanan dan minuman merupakan kebutuhan yang utama bagi setiap makhluk di dunia untuk bertahan hidup, terutama manusia. Tanpa keduanya, mungkin manusia akan mati. Makanan umumnya berfungsi sebagai penyedia energy bagi tubuh, selain sebagai energy, makanan juga mengandung zat lain yang dapat berfungsi dalam menjaga kondisi sel-sel dalam tubuh, misalnya protein yang berfungsi dalam membantu pembentukan sel-sel tubuh yang telah rusak dan juga vitamin yang terkandung dalam makanan membantu kita dalam menjaga imunitas tubuh.
Selain makanan, ada juga minuman yang berfungsi sebagai penyedia cairan dalam tubuh kita, karena 50% dari tubuh kita adalah cairan.
Di zaman yang canggih ini, berbagai macam jenis makanan dan minuman di konsumsi masyarakat, praktis dan enak memang. Tetapi, dibalik itu semua, banyak sekali zat ataupun kandungan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
**
Bahan Makanan dan Minuman Berbahaya
Berikut ini ada beberapa macam bahan makanan dan minuman yang dapat menimbulkan penyakit:
-Monosodium Glutamat
Monosodium Glutamat atau lebih dikenal MSG merupakan bahan penambah rasa pada makanan kemasan. Adanya kandungan natrium aditif dan asam glutamat di dalamnya dapat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Menurut sebuah penelitian, kandungan tersebut lah yang memicu penyakit Parkinson dan Alzheimer.
-Rhodamin B
Bahan ini berbentuk serbuk kristal dengan warna merah keunguan, apabila dilarutkan ke dalam air akan menjadi merah yang dapat membangkitkan selera. Rhodamin B adalah bahan pewarna kain atau tekstil, namun sering di salah gunakan sebagai bahan pewarna pada makanan. Penggunaan bahan ini dapat dikenali pada makanan yang memiliki warna mencolok secara tidak wajar, seperti warna merah yang terlalu merah terang. Penggunaan bahan ini biasanya pada makanan berupa kerupuk, snack, dan terasi.
-Aspartame
Aspartame merupakan bahan pemanis pada makanan yang dapat di temukan dengan mudah di semua bahan makanan kemasan.  Bahan ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti leukimia, lymphoma, dan ginjal, apabila terlalu sering mengkonsumsinya. Aspartame dapat kita temukan pada minuman berkarbonasi sebagai pemberi rasa manis pada minuman tersebut.
-Pewarna Makanan
Bahan satu ini merupakan bahan yang wajib ada pada suatu makanan yang berfungsi sebagai pemikat hati pelanggan dengan warnanya yang cantik dan terlihat enak. Namun, dibalik warna cantik tersebut, ada pewarna buatan yang dapat menimbulkan suatu penyakit serius apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari. Penyakit tersebut seperti gagal ginjal, gangguan pada kandung kemih, kanker tiroid, gangguan metal, dan kerusakan kromosom.
-Sirup Jagung
Tak ada bahan makanan yang tidak menimbulkan penyakit, seperti sirup jagung. Kedengarannya tidak membahayakan bagi kesehatan, namun jangan salah bahan ini memiliki kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Sirup jagung merupakan bahan pemanis makanan alami pada makanan kemasan yang dapat menimbulkan obesitas apabila terlalu sering mengkonsumsinya. Selain itu, dapat pula menimbulkan kecanduan setara kokain, penyakit hati dan diabetes.
**
Jenis Makanan dan Minuman Berbahaya
1. Minuman Bersoda
Ada banyak minuman bersoda dengan berbagai rasa baik dalam kemasan kaleng atau botol yang beredar dipasaran. Ternyata bahan dasar pembuatan rasa buah minuman ini bukanlah dari buah - buahan alami melainkan 100% bahan kimia. Bahan kimia yang digunakan pada minuman ini sama dengan yang digunakan pada pembersih WC sejenis karbol dan air aki. Itu artinya jika anda mengonsumsi minuman ini sama saja anda sedang membersihkan usus anda.
Dampak jangka panjangnya adalah kanker usus dan kanker hati. Minuman bersoda juga hanya akan membuat kita tambah haus dan kandungan fosfor dalam minuman bersoda juga tidak baik bagi kesehatan tulang anda karena nutrisi dalam tulang anda akan sedikit demi sedikit terserap dan terbuang bersama air soda melalui saluran kencing.
2. Saus Sambal dan Saus Tomat
Makan bakso atau mie ayam tanpa sambal atau saus tomat bagaikan sayur tanpa garam. Namun dibalik kenikmatan rasa saus tersebut, terkandung bahan seperti tomat dan cabai dengan kualitas buruk atau bahkan sudah busuk. Umumnya perusahaan menggunakan berbagai macam obat kimia untuk menyamarkan bau atau kebusukan dari bahan yang digunakan. Ini wajar karena hal ini digunakan sebagai trik untuk menekan biaya produksi mereka.
Dengan mengkonsumsi makanan ini kerja percernaan kita dalam mengatasi racun - racun kimia menjadi lebih berat. Jika ini dilakukan secara terus - terus menerus maka bisa menimbulkan penyakit seperti diare, sembelit atau gangguan organ pencernaan lainnya.
3. Minuman Teh Siap Minum
Kita tahu jika kita membuat minuman teh, maka saat itu atau setidaknya hari itu juga minuman teh tersebut harus dihabiskan juga. Lalu mengapa minuman teh siap minum bisa bertahan sangat lama hingga berbulan - bulan atau bahkan masa kadaluarsanya hingga hitungan tahun? Karena bahan kimia pengawetlah yang membuat minuman tersebut bisa bertahan lama. Selain pengawet, terkadang kita menemukan minuman teh dengan rasa apel, melati dsb.
Sesungguhnya bukanlah dari melati ataupun buah asli, melainkan bahan kimia yang dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki bau melati dan buah-buahan. Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi teh dalam kemasan dalam jangka waktu tertentu dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam organ saluran pengeluaran anda terutama saluran kencing melalui ginjal. Karena banyaknya kandungan perasa buatan ini menyebabkan kerja organ tersebut menjadi 2 kali lipat bahkan lebih. Jika anda ingin minum teh, sebaiknya anda menggunakan teh seduh yang masih lebih baik daripada teh kemasan.
4. Kue Basah Kemasan
Kue basah pada dasarnya sangat mudah berjamur dan rusak. Oleh karena itu, anda patut curiga pada kue basah kemasan yang daya tahannya dapat sampai berbulan-bulan. Anda dapat membayangkan berapa banyak bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan kue tersebut sehingga tidak berjamur. Lebih baik membuat kue sendiri ataupun memesan ke toko kue, karena bahan kimia yang digunakan tentu tidak sebanyak kue basah dalam kemasan.
5. Makanan Ringan Anak-anak
Anak – anak jaman sekarang sangat suka membeli snack / makanan ringan yang ada di warung atau toko kelontong. Berbagai macam rasa ditawarkan, seperti rasa ayam bawang, ayam bakar, jagung bakar, keju. Namun pada kenyataannya makanan ini sama sekali bukan dari bahan aslinya. Rasa keju maupun ayam berasal dari bahan kimia bukan alami yang tidak layak konsumsi. Dampak yang ditimbulkan beragam, seperti radang tenggorokan, gangguan pencernaan bahkan kanker.
**
Cara Memilih Makanan yang Sehat
Berikut ini adalah 10 tips dan cara memilih makanan yang sehat:
1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi
Nutrisi sangat penting bagi tubuh. Karena itulah kita harus membutuhkan banyak nutrisi untuk mendapatkan tubuh sehat. Sekitar 40 nutrisi yang harus dikonsumsi agar tubuh anda tetap sehat. Tidak cukup hanya dengan nasi ataupun lauk saja tetapi makanan bergizi lainnya yang harus anda konsumsi.

2. Sayur-sayuran atau Daun-daunan
Makanan yang sehat biasanya berupa sayur-sayuran. Jika anda ingin tubuh sehat jangan pernah menghindari makanan yang berasal dari daun-daunan karena makanan yang berasal dari daun-daunan itu menyehatkan.
Sayur-sayuran banyak mengandung gizi dan segala jenis zat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut ada yang tidak dapat kita peroleh dari hewan, jadi kita sangat perlu untuk mengkonsumsi daun-daunan atau sayur-sayuran.
3. Pilih Protein Hewani untuk Tubuh Anda
Protein yang berasal dari protein hewani juga sangat baik untuk tubuh asalkan anda mengkonsumsinya dalam takaran normal tidak berlebihan.
Daging hewan mengandung banyak gizi dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang ada pada hewan ada juga yang tidak dapat kita peroleh dari sayur-sayuran, jadi kita diharuskan untuk mengkonsumsi daging untuk melengkapi kebutuhan protein dalam tubuh kita.
4. Sayur Aneka Warna
Sayur aneka warna merupakan cara yang tepat untuk anda yang sedang memilih hidup sehat ataupun sedang mencari variasi makanan. Selain dapat membuat makanan atau sayuran itu menarik untuk dimakan sayuran sendiri memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh dan dapat mencegah penyakit kronik.
5. Junk Food?
Anda ingin memakan junk food? Boleh-boleh saja kok. Tetapi perlu anda ketahui jika anda memakan junk food sebaiknya membuat sendiri. Karena junk food yang dibuat dari tangan sendiri pasti terjamin higenis.
6. Roti Gandum
Roti gandum adalah salah satu makananan yang mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh dan bisa sebagai pengganti nasi. Semakin putih warna roti gandum yang anda makan maka semakin tinggi manfaat untuk kesehatannya.
7. Gunakan Makanan yang Masih Segar
Jika anda pergi ke pasar atau ke supermarket untuk memebeli bahan-bahan makanan maka pastikanlah makanan yang anda beli masih dalam kondisi segar dan enak dimakan karena jika tidak maka itu akan berpengaruh untuk badan dan kesehatan anda. Jika anda memilih bahan makanan yang tidak segar maka bisa jadi bakteri pada bahan makanan yang anda beli itu akan masuk pada tubuh anda jika anda memakannya.
8. Makan Ikan Sarden, Ikan Salmon ataupun Ikan Tuna
Tiga jenis makanan tersebut mengandung nutrisi yang tinggi. Karena kandungan omega- 3 ataupun protein yang ada di dalam 3 ikan tersebut membuat tubuh anda menjadi sehat dan tiga jenis ikan tersebut adalah termasuk makanan yang sehat untuk tubuh.
9. Gantilah Cemilan Kamu denganSayur ataupun Buah
Jika anda sering sekali membeli cemilan, maka saya sarankan jika anda ingin hidup sehat gantilah camilan yang anda beli dengan buah dan sayur karena makanan ini selain bergizi tentu saja menyehatkan untuk tubuh.
10. Kurangi Micin atau Penyedap Rasa
Hal yang membuat tubuh anda sehat salah satunya adalah mengurangi penyedap rasa jika anda sedang memasak sesuatu. Karena menggunakan penyedap rasa yang berlebihan akan membuat respon tidak baik untuk kesehatan.
Walaupun memang jika memasak makanan dengan menggunakan penyedap rasa akan membuat rasanya menjadi tambah enak. Akan tetapi dampaknya membuat anda akan semakin menurun.

1 comment:

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.