Header Ads

Makanan dan Minuman yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Kelas : X AK 1

Nama Anggota :
- Ade Rizky Amalia (03)
- Ananda Shakira Mulia (04)
- Dian Winisari (07)
- Fera Adisti (12)
- Fika Afina (13)
- Sari Septianingsih (32)

Pengiriman : Ade Rizky Amalia 

Makanan dan Minuman Yang Berbahaya Bagi Kesehatan 

Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok bagi kehidupan makhluk hidup. Semua makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman untuk menompang kehidupannya. Makanan umumnya bermanfaat sebagai penyedia energi bagi tubuh dan minuman berfungsi sebagai penyedia cairan dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui lebih dari 50% dari tubuh kita adalah cairan. 

Pasti kita memiliki makanan dan minum favorit yang di komsumsi. Akan tetapi kita tidak mengetahui bahwa makanan dan minuman tersebut berbahaya. Berikut ini merupakan makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan. 

1. Mie Instan

Mie instan adalah makanan terfavorit bagi orang Indonesia. Apalagi untuk kalangan anak kos-an. Mie instan ini merupakan mie yang sudah di awetkan, dalam pengawetan tentu saja menggunakan bahan pengawet yang berdampak tidak baik bagi tubuh jika di konsumsi terlalu sering. Tidak hanya itu, terdapat MSG juga pada bumbunya. Salah satu efek negatif dari mie instan adalah merusak jaringan otak. Selain itu juga menyebabkan obesitas, penyakit jantun, diabetes tipe2, dan luka pada dinding lambung dalam saluran pencernaan. 

2. Permen dan Manisan

Seperti yang kita ketahui permen atau manisan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disukai oleh masyarakat khususnya bagi anak-anak karena rasanya yang manis dan enak. Tapi yang harus kita ketahui, dibalik rasa manis dan enak tersebut menyimpan kandungan kadar gula yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, penyebab obesitas, hingga menyebabkan diabetes. Maka dengan begitu sebaiknya kita dapat membatasi untuk mengonsumsi permen atau manisan untuk menurunkan resiko penyakit tersebut.

3. Gorengan

Gorengan merupakan makanan terfavorit di dunia, jika di Indonesia gorengan menjadi camilan, di luar negeri gorengan umumnya dilakukan sebagai appatizer. Banyak resiko yang ditimbulkan oleh makanan yang di goreng, antara lain penyakit jantung, diabetes, gastroenteritis, obesitas, memperlambat tingkat metabolisme. Gorengan mungkin favorit bagi semua orang tapi juga beresiko tinggi bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. 

4. Coklat

Coklat memang dianggap sebagai makanan yang memberikan efek positif bagi tubuh yang mengonsumsinya. Namun, ternyata tidak itu saja. Coklat juga dapat memberikan resiko bagi kesehatan kita. Satu bar coklat susu yang memiliki 1,55 ons atau 44 gram, mengandung 235 kalori, 13 gram lemak, dan 221 gram gula. Satu ons coklat biasa mengandung 156 kalori, 9 gram lemak dan 13 gram gula. Kandungan-kandungan tersebut dapat beresiko obesitas dan gagal jantung bagi konsumen. Selain itu juga dapat menimbulkan resiko diabetes dan gigi berlubang.

5. Keripik Kentang 

Keripik kentang yang menjadi camilan favorit semua orang ternyata juga memiliki resiko bagi kesehatan konsumennya. Efek yang ditimbulkan oleh keripik kentang adalah naiknya berat badan, karena satu ons keripik kentang polos mengandung setidaknya 150 kalori. Selain itu, keripik juga sangat rendah gizi dan memiliki kandungan natriumnya dapat menyebabkan resiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, dll. Terakhir, kandungan lemak yang tinggi dalam keripik kentang juga menyebabkan kolesterol tinggi. 

6. Sayur Kalengan

Meskipun sayuran adalah salah satu makanan paling menyehatkan bagi tubuh, tapi tidak demikian dengan sayur kalengan. Hal itu dikarenakan Bisphenol A yang merupakan senyawa organik yang digunakan untuk membuat berbagai plastik dan ditemukan di sebagian besar produk makanan kalengan. Bisphenol A dapat melindungi kaleng dari korosi logam dan bakteri tapi juga dapat mengganggu perkembangan saraf pada janin, gangguan endokrin, penyakit jantung dan kanker. Makanan kaleng juga menimbulkan risiko natrium tinggi, terutama pada diet rendah garam.

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda bisa ataupun diet coke,sama-sama berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi berlebihan. Banyak yang menganggap bahwa diet coke dapat menjadi alternatif minuman bagi yang sedang melakukan diet, namun itu salah! Sebuah studi yang memakan waktu hingga sebelas tahun lamanya, Harvard mengadakan eksperimen yang menunjukkan seorang wanita yang minum diet coke mengalami peningkatan dua kali lipat dalam penurunan fungsi ginjal. Selain itu, ada peningkatan 34% pada sindrom metabolik, peningkatan lemak perut dan kolesterol menyebabkan resiko gagal jantung. Minuman bersoda juga cenderung mengikis enamel gigi Anda dan membuatnya cepat rusak.

8. Es Teh

Es teh menjadi minuman favorit bagi kalangan masyarakat baik anak-anak, dewasa, atau orang tua. Akan tetapi es teh dapat memicu terjadinya penyakit batu ginjal. Hal ini di karenakan kandungan oksalat tinggi pada teh. 

9. Minuman Berenergi 

Minuman ini sering dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan tambahan energi dalam menjalankan aktivitas. Kandungan kafein di dalamnya dapat membuat hormon adrenal bereaksi sehingga menjadi bersemangat. Namun minuman berenergi mengandung kafein yang lebih banyak dari pada yang diperbolehkan dikonsumsi untuk tubuh. 

10. Kopi dengan krim kocok

Kopi jenis ini banyak disajikan dalam bentuk frappe atau dingin. Namun tahukah Anda bahwa dalam setiap sajian kopi jenis ini mengandung 800 kalori dan 170 gram gula yang tentu saja akan memicu kegemukan.

Demikianlah artikel mengenai makanan dan minuman berbahaya. Sebenarnya makanan dan minuman tersebut boleh dikonsumsi akan tetapi dengan dosis yang wajar dan tidak untuk waktu yang lama. Sehingga tidak terlalu bernegatif pada tubuh kita. 

No comments

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.