Header Ads

Aneka ragam manfaat daun jarak.


Nama:Saint Hamonangan Chtistian harahap

kelas: X OTKP 1

Sebagai salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, daun jarak merupakan tanaman herbal yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Ada banyak manfaat tanaman jarak bagi kesehatan yang diyakini oleh masyarakat, mulai dari kompres anak saat demam hingga melawan bakteri jahat.

Manfaat daun jarak bagi kesehatan


Tumbuhan Jarak memiliki Batang kayu yang kuat, Daun yang tunggal dan menjari serta Buah yang bentuknya bulat dan memiliki warna hijau dan coklat tua di bagian ujung buah. Selain itu, akar dari tumbuhan yang merupakan akar tunggang membuat tumbuhan ini menjadi tumbuhan perdu yang kokoh. Biji yang terletak di dalam buah juga memiliki bentuk bulat lonjong dan warna yang coklat kehitaman.

1. Mampu melawan bakteri

Sebuah studi menemukan bahwa daun jarak memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri dermatopik dan patogenik, seperti E coli, S aureus, K pneumonia, dan bakteri jenis Strep. Untuk memaksimalkan manfaat daun jarak ini, Anda dapat mencampur ekstrak daun jarak dengan ekstrak aseton.

2. Memperbaiki kerusakan hati

Berdasarkan studi terhadap ekstrak daun jarak, tumbuhan herbal ini terbukti dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan hati, terutama yang disebabkan oleh galactosamine. Selain itu, ekstrak daun jarak juga bermanfaat dalam mengobati peradangan.

3. Menstabilkan kadar gula darah

Jika Anda menderita gula darah rendah, mengonsumsi rebusan daun jarak secara rutin dipercaya bisa mengatrol kadar gula darah sehingga bisa kembali normal.

4. Meredakan Sariawan

Caranya sangat mudah, Anda cukup mengeluarkan getah daun jarak dengan meremas-remas bagian ujung daun dan batang daun jarak. Setelah muncul getah, oleskan getah tersebut pada bagian mulut yang terkena sariawan secara perlahan. Anda cukup mengoleskan sedikit saja, hingga perlahan sariawan akan berkurang.

 

34 comments:

  1. wah terimakasih infonyaa, sangat mudah dipahami

    ReplyDelete
  2. Artikelnya bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu info nya
    Terimakasih...

    ReplyDelete
  4. Kerenn, infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Membantu banget, hayyuk papalelapa palepepapepa palepale

    ReplyDelete
  6. mudah dipahami,terimakasii

    ReplyDelete
  7. sangat membantu , dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  8. Artikel nyaa bagus bgt

    ReplyDelete
  9. Artikelnya sangat bagus

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat sekali informasinya

    ReplyDelete
  11. Tapi ngga ada kan jarak di antara kita

    ReplyDelete
  12. sangat bagus artikelnya dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  13. sangat baguss dan mudah di pahami

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.