Header Ads

Cara Menghitung Akar Tanpa Menggunakan Kalkulator

  1. Dengan cara mengalikan

Akar kuadrat sebuah bilangan merupakan suatu bilangan yang jika dikalikan dengan bilangan yang sama hasilnya yaitu angka yang semula.

Contoh : akar kuadrat dari 1 yaitu 1 karena 1 dikali 1 sama dengan 1. Begitu juga akar dari 4 itu adalah 2 karena 2 dikali 2 sama dengan 4. Begitupun seterusnya.

  1. Dengan menggunakan cara pembagian bersusun

Cara yang kedua, yaitu dengan menggunakan pembagian bersusun. Jadi untuk mencari akar dari bilangan bulat kalian tinggal membagi bilangan itu sampai mendapatkan jawabannya. Contoh  16 : 4 = 4, 4 : 2 = 2 dan seterusnya. Jadi akar dari 16 adalah 4 dan akar dari 4 adalah 2.

Untuk bilangan bulat akar kuadratnya tidak memiliki pecahan atau desimal.

  1. Dengan menggunakan symbol untuk kuadrat

Untuk memudahkan kalian untuk mencari akar kuadrat maka sebaiknya gunakanlah symbol. Simbol akar kuadrat sudah digunakan oleh matematikawan sejak dahulu. Bentuk simbolnya yaitu seperti ini . Cara untuk menggunakan simbol ini yaitu lettakan nilai N di bawah tanda centang. Dimana N ini adalah bilangan yang akan dicari nilai akar kuadratnya. Semisal untuk mencari akar kuadrat dari 4 mka tinggal kalian tuliskan rumusnya yaitu dengan meletakkan nilai N (4) di dalam simbol centang itu. Kemudian bisa langsung kalian tuliskan simbol yang sama dan ditulis dengan angka 2 yang berarti akar dari 4 adalah 2. Contohnya  = 2 maka  = 2

Mencari Akar Kuadrat dari Bilangan Lain

28720 Akar Kuadrat Dari Bilangan Bulat AdvernesiaSource: Advernesia
  1. Untuk mencari akar kuadrat dari bilangan lain, kalian bisa dengan cara menebaknya dan melakukan proses eliminasi. Memang bisa dikatakan sulit dalam mencari akar kuadrat yang bilangannya bukan merupakan bilangan bulat. Contohnya seperti kalian harus mencari akar kuadrat dari bilangan 20, maka pasti kalian akan menebak bahwa jawabannya adalah 4,5 karena bilangan diantara 20 yaitu 16 yang memiliki akar kuadrat 4 dan bilangan 25 yang akar kuadratnya adalah 5. Namun, jawaban yang kalian tebak adalah salah karena hasil perkalian dari 4,5 dikali 4,5  adalah 20,25. Jawabannya ternyata lebih dari bilangan yang kita cari. Jadi untuk mendapatkan jawaban dari akar kuadrat dari 20 kalian bisa menggunakan jawaban yang mendekati bilangan 20.
  2. Selanjutnya, untuk mencari akar kuadrat dari bilangan lain kalian dapat menggunakan proses rata-rata. Untuk mencari dengan menggunakan proses rata-rata caranya sama yaitu mencari 2 bilangan kuadrat yang sempurna yang berada diantara bilangan akar kuadrat yang akan kalian cari. Setelah itu kedua bilangan tersebut tinggal kalian bagi dengan bilangan dari akar kuadrat sempurna. Setelah menemukan jawaban nya, kalian harus mencari rata-rata diantara bilangan itu serta bilangan yang akan dicari akar kuadratnya.  Kemudian silahkan kalian bagi bilangan yang pertama tadi dengan rata-rata yang diperoleh. Dan terakhir, kalian cari rata-rata hasilnya dengan rata rata yang dihitung pertama kali tadi.

Mengkuadratkan Bilangan Negatif

28720 Akar Kuadrat YoutubeSource: Youtube

Untuk mengkuadratkan bilangan negatif yaitu sama dengan  bilangan lainya. Hanya saja jika bilangan negatif dikalikan dengan bilangan yang negatif juga maka  akan positif. Maka, bisa disimpulkan jika akar dari bilangan negatif  yaitu hasilnya adalah bilangan positif. Contohnya seperti -4 dikalikan dengan -4 hasilnya adalah 16, tapi 4 dikalikan dengan  4 hasilnya juga 16. Maka dari itu, akar dari 16 hasilnya bisa berupa bilangan negatif juga bisa berupa  bilangan positif. Hal ini didasarkan bahwa setiap bilangan itu mempunyai dua akar kuadrat yaitu positif dan negative.

Demikianlah cara  menghitung akar tanpa menggunakan kalkulator. Caranya bisa dikatakan gampang-gampang susah bukan? Ya meskipun cara yang praktis untuk mencari hasil dari bilangan akar adalah dengan menggunakan kalkulator, namun kalian harus bisa menguasai cara- cara manual tersebut diatas. Karena pada saat kalian akan melaksanakan ujian pasti tidak diperbolehkan membawa kalkulator atau alat hitung sejenisnya. 

Nama : Rayhan Aiman R

Kelas : XI PB

Absen : 26

11 comments:

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.