Header Ads

MANFAAT LIDAH BUAYA



Lidah buaya merupakan tanaman yang tumbuh didaerah beriklim tropis. Aloe barbadensis merupakan nama latin dari lidah buaya. Lidah buaya memiliki dua lapisan yaitu latex yang merupakan lapisan berwarna kuning dibawah kulit dan gel yang berada dibagian dalam.
Sebagai obat, lidah buaya dapat dikonsumsi dengan cara diminum. Lidah buaya dapat bekerja sebagai pencahar, kejang, asma, pilek, radang usus besar, depresi, diabetes, glaucoma, sclerosis, wasir, varises, dan peradangan sendi. Lidah buaya juga dapat dioleskan langsung pada kulit untuk membantu meredakan masalah kulit seperti jerawat, gatal pada kulit, luka bakar, kulit terbakar karena matahari, dan kulit kering.

Kandungan Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif yang bermacam-macam. Berikut adalah kandungannya:

Vitamin dan antioksidan: vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, asam folat dan kolin
Enzim: aliiase, alkalin fosfat, amilase, bradikinase, karboksipeptida, katalase, selulase, lipase dan peroksidase. Bradikinase membantu meredakan peradangan jika lidah buaya dioleskan pada kulit.
Mineral: kalsium, tembaga, selenium, kromium, mangan, magnesium, kalium, natrium, dan zinc.
12 anthraquinones atau kandungan yang dapat bekerja sebagai pencahar: aloin dan emodin. Kedua kandungan tersebut juga dapat berperan sebagai pereda nyeri, anti bakteri dan anti virus.
Asam lemak: kolesterol, kampesterol, beta-sisosterol dan lupeol. Keempat kandungan tersebut dapat bekerja sebagai antiradang dan lupeol juga berfungsi sebagai antiseptik dan pereda nyeri.
Hormone: auxins dan gibberellins. Memperbaiki luka dan meredakan radang adalah fungsi dari kandungan hormone pada lidah buaya.
Gula: monosakarida (glukosa dan fruktosa) dan polisakarida. Kandungan gula pada lidah buaya berperan sebagai anti-alergi dan pereda radang.
Manfaat Lidah Buaya yang Telah Terbukti
Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat yang terkandung dalam lidah buaya. Berikut beberapa manfaat yang sudah terbukti pada penelitian:

Meredakan Jerawat
Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya pada pagi dan sore selain obat anti jerawat lebih efektif membantu mengurangi jerawat sekitar 35% pada anak-anak dan orang dewasa daripada hanya menggunakan obat anti jerawat saja.
Meredakan luka bakar atau luka sayatan
Mengoleskan gel lidah buaya dapat memperpendek durasi penyembuhan luka untuk luka bakar tingkat pertama dan kedua. Gel lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan luka karena jatuh atau sayatan.
Meredakan Psoriasis
Psoriasis merupakan gangguan pada kulit yang menyebabkan muncul ruam pada kulit, kulit bersisik, dan menebal. Mengoleskan krim yang mengandung ekstrak lidah buaya dapat membantu meredakan kemerahan, mengurangi timbulnya sisik, gatal dan peradangan yang disebabkan oleh psoriasis ringan hingga sedang. Penggunaan secara rutin dapat meningkatkanperbaikan kulit.
Mengatasi Konstipasi atau Sembelit
Mengkonsumsi jus lidah buaya dapat membantu meningkatkan kadar air di usus. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara peningkatan kadar air usus dan stimulasi gerakan peristaltic yang dapat membantu buang air besar secara normal. Lidah buaya juga membantu menjaga bakteri usus tetap normal dan menjaga keseimbangan flora normal pada usus
Meredakan asam lambung
Mengkonsumsi jus lidah buaya dapat membantu meredakan sensasi dada terbakar karena peningkatan asam lambung. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya membantu mengendalikan asam lambung.
Menurunkan Kadar Gula Darah
Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2. Namun penderita diabetes perlu hati-hati karena konsumsi jus lidah buaya dan obat antidiabetes dapat menurunkan jumlah kadar gula sangat banyak.
Apakah Lidah Buaya Aman Digunakan?
Gel lidah buaya aman dioleskan pada kulit. Dosis lidah buaya yang tepat juga aman untuk dikonsumsi langsung. Bagian latek pada lidah buaya tidak aman jika akan dikonsumsi langsung karena kemungkinan berada dalam dosisi yang tinggi.


Nama : Adelia Desti Wiziastuti
Kelas : X OTKP 2

13 comments:

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.