Header Ads

MANFAAT TANAMAN TOGA BERBUNGA BAGI KESEHATAN MANUSIA

MANFAAT TANAMAN TOGA BERBUNGA BAGI KESEHATAN MANUSIA


Menurut World Health Organization (WHO), tanaman obat merupakan tanaman yang digunakan untuk pengobatan. Tidak hanya itu, WHO juga mendefinisikan tanaman obat sebagai bahan asli yang digunakan untuk pembuatan obat herbal. Mudahnya, tanaman obat merupakan jenis tanaman yang seluruh bagiannya, mulai dari daun, batang, bunga, buah, hingga akarnya bisa digunakan sebagai bahan untuk ramuan obat-obatan herbal. Biasanya, tanaman obat digunakan sebagai obat alternatif disamping penggunaan obat-obatan kimia.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir efek samping, yang akan ditimbulkan dari obat-obatan kimia atau medis tersebut. Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui definisi dari tanaman obat, kini saatnya kamu mengetahui apa saja kegunaan dari tanaman obat. Terlebih jika kamu pribadi memiliki tanaman obat di rumah. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, bahwa kegunaan dari tanaman obat sendiri sebenarnya terbagi menjadi tiga, diantaranya yaitu:

1. Tanaman obat atau beberapa bagiannya dapat digunakan sebagai jamu atau bahan obat tradisional.

2. Tanaman obat atau beberapa bagiannya dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat.

3. Tanaman obat atau beberapa bagiannya dapat diekstraksi. Di mana ekstrak dari tanaman tersebut dapat digunakan sebagai obat.

Berikut ini adalah beberapa tanaman toga berbunga beserta manfaatnya untuk kesehatan manusia :

1. KUMIS KUCING

Orthosiphon aristatus atau dikenal dengan nama kumis kucing termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit.

MANFAAT KUMIS KUCING

1. Obat asam urat 

Sudah bukan rahasia bila kumis kucing kerap dijadikan obat herbal asam urat. Kumis kucing mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kerja enzim xantin oksidase. Sekedar info, enzim xantin oksidase merupakan enzim yang berperan dalam produksi asam urat. 
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dwieka Agustin Muflihat dari Fakultas MIPA IPB pada tahun 2008 menunjukkan kumis kucing mampu menghambat aktivitas enzim xantin oksidase lebih dari 50%. Hal inilah yang membuat kumis kucing bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

2. Obat diabetes 

Kumis kucing yang dikombinasikan dengan daun sambiloto berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Untuk membuat ramuan herbal ini cukup mudah, Anda siapkan daun kumis kucing, dun sambiloto, brotowali, dan air. Anda cuci dan rebus seluruh bahan tersebut sampai mendidih. Anda bisa minum obat herbal tersebut dua kali sehari dengan takaran satu gelas. 

3. Obat penurun tekanan darah tinggi

Anda penderita tekanan darah tinggi alias hipertensi? Jangan buru-buru mengonsumsi obat dokter saat darah tinggi Anda kumat. Anda bisa mengonsumsi obat herbal kumis kucing untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kumis kucing mengandung flavonoid yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Selain itu flavonoid juga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh serta memperbaiki mood. 

4. Obat kencing batu

Kumis kucing memiliki sifat diuretik yang artinya peluruh kencing. Hal inilah yang membuat kumis kucing dipercaya bisa mengobati penyakit kencing batu. Membuat obat herbal kumis kucing untuk obat kencing batu cukup mudah. Anda siapkan daun kumis kucing dan air. Anda rebus daun kumis kucing kemudian minum tiga kali sehari.

5. Infeksi kandung kemih 

Untuk para penderita infeksi kandung kemih, kumis kucing bisa jadi solusi. Asal tahu saja, daun kumis kucing memiliki sifat diuretik yang artinya peluruh kencing. Daun kumis kucing muda memiliki sifat diuretik lebih kuat dibandingkan daun kumis kucing tua. Meski memiliki banyak manfaat untuk pengobatan, konsumsi kumis kucing secara berlebihan berbahaya untuk kesehatan. Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2 menyebutkan konsumsi kumis kucing berlebihan berisiko mengalami kerusakan hati dan keracunan. Maka, Anda sebaiknya mengonsumsi kumis kucing sewajarnya dan sesuai takaran yang disarankan. 

2. BUNGA KENOP

Bunga kenop adalah spesies tumbuhan berbunga dari genus Gomphrena; tanaman ini merupakan terna semusim yang ditanam di halaman belakang ataupun pekarangan sebagai tanaman hias.

MANFAAT BUNGA KENOP

1. Mampu melawan sel-sel kanker

Dua ilmuan dari China melakukan penelitian pada tikus dan menemukan bahwa zat betacyanin memiliki efek perlindungan pada sistem saraf. Kandungan inilah yang terdapat di dalam bunga kenop. Betacyanin adalah pigmen tanaman berwarna yang memiliki manfaat kesehatan kaya antioksidan. Globe amaranth memiliki dua betacyanin unik, yaitu isogomphrenin III dan gomphrenin III.

Betacyanin dalam Globe amaranth memiliki khasiat penyembuhan yang kuat. Di India, seorang dokter mengekspos sel leukemia manusia pada betacyanin, mereka terkejut melihat bahwa kandungan ini bereaksi menghilangkan kanker. Sel-sel kanker mulai mati dalam proses yang disebut apoptosis. Jadi antioksidan yang kuat dalam bunga ini dapat bermanfaat melawan kanker.

2. Detoksifikasi yang mampu singkirkan racun dalam tubuh

Gomphrena globosa sangat bagus dijadikan ramuan detoksifikasi yang membantu menyingkirkan racun dan membersihkan tubuh dari penyakit. Penggunaan obat secara tradisional ini dipercaya mampu mengobati batu empedu, hidung berdarah, batuk dan oliguria yaitu produksi urin dalam jumlah rendah. Tanaman herbal ini juga mampu mengobati infeksi saluran kemih yang membuat urin tidak normal dan sakit. 

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah tim ilmuwan Brasil dari Universitas Federal Piauí, menunjukkan bahwa globe amaranth secara signifikan mampu mengurangi tekanan darah arteri tanpa mengubah denyut jantung. Bahkan meski dikonsumsi dalam jumlah sedikit, manfaatnya tetap bekerja dengan sangat baik. Karena itu, khasiat bunga kenop dalam menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah secara alami ini telah dibuktikan melalui penelitian klinis. Hanya saja, untuk penggunaan jangka panjang, belum dilakukan penelitian berapa banyak dosis yang tepat.

4. Penyembuhan luka di kulit

Ekstrak metanol dalam bunga ini memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba. Karena itu seluruh tanaman dapat digiling menjadi seperti pasta dan diaplikasikan pada area yang luka. Ramuan ini sangat efektif untuk bantu menyembuhkan luka di kulit dengan cepat. 

Kalau kamu memiliki lesi kulit yang sulit disembuhkan, kamu dapat mencoba ramuan bunga ini. Kandungan sehat yang terkandung dalam bunga kenop akan mempercepat pengeringan luka. Penyakit kulit lainnya seperti kudis, juga bisa diatasi dengan bunga ini. Kandungan anti infeksinya akan membuat luka di kulit tidak mudah terinfeksi dan cepat kering dalam beberapa hari.

5.  Mencegah terjadinya penuaan dini

Meski bunga kenop telah dipetik dan disimpan berminggu-minggu, bentuk dan warnanya tetap bertahan seperti sebelum dipetik. Ternyata bunga kenop mengandung beberapa senyawa kuat yang jadi alasan mengapa orang-orang Yunani dan India kuno menggunakannya sebagai obat alami anti-penuaan. 

Tanaman Globe amaranth juga memiliki senyawa lain bernama kaempferol. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan meningkatkan pertahanan alami kulit terhadap lingkungan karena mampu melawan radikal bebas superoksida yang membuat kulit lebih cepat menua. Kaempferol juga membantu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Teh dari bahan bunga kenop segar dapat digunakan seperti air mawar untuk perawatan kulit. 

3. BUNGA KEMUNING

Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan yang berasal dari famili Rutaceae. Kemuning biasa tumbuh liar menyemak belukar, di tepi hutan, atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Ia tumbuh hingga 12 meter, tetapi biasanya ia ditemui tumbuh berkisar 2 hingga 3 meter. Ia berbunga sepanjang tahun. 

Berbentuk semak atau pohon kecil, bercabang banyak, batangnya keras dan beralur. Helaian anak daun bertangkai berseling, bentuk bulat telur sungsang atau jorong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata atau agak beringgit, panjang 2-7 cm, lebar 1-3 cm, permukaan licin mengkilap, warnanya hijau.

MANFAAT BUNGA KEMUNING

1. Mengobati sakit gigi

Manfaat pertama kemuning bagi kesehatan adalah sebagai obat sakit gigi. Kandungan yang terdapat pada kulit batang kemuning dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Cara pemakaiannya ada dengan membakar kulit batang kemuning kemudian akan mengeluarkan minyak. Setelah itu teteskan minyaknya pada gigi yang sakit.

2. Menghaluskan kulit

Kemuning juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk menghaluskan kulit yang kasar. Ambil daun kemuning segar yang telah dicuci lalu ditumbuk kemudian campurkan dengan air lalu aduk hingga rata. Setelah rata, lulurkan bahan tersebut pada kulit sebelum tidur.

3. Mengatasi rematik

Bagian dari kemuning yang bermanfaat bagi tubuh adalah akarnya. Rematik juga bisa diatasi dengan mengonsumsi akar kemuning. Rebus akar kemuning bersama air kemudian minum air rebusan secara teratur untuk mengatasi rematik.

4. Menyembuhkan infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Kemuning dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk penyakit infeksi saluran kencing. Caranya dengan merebus daun kemuning segar dengan air kemudian konsumsi air rebusan kemuning secara teratur.

5. Menurunkan kolesterol

Kemuning memiliki kandungan kimia berupa tannin, flavanoid, steroid, dan alkaloid yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi ekstrak daun kemuning secara teratur dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kolesterol agar tetap stabil.

Manfaat yang didapat dari kandungan kemuning benar-benar dapat berguna untuk tubuh. Tetapi walaupun dikategorikan sebagai obat herbal, konsumsilah kemuning dengan dosis yang wajar dan jangan berlebihan.

4. BUNGA MATAHARI

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). 
Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Prancis menyebutnya tournesol atau "pengelana Matahari". Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.

MANFAAT BUNGA MATAHARI

Manfaat biji bunga matahari :
Biji bunga matahari atau biasa dikenal sebagai kuaci, merupakan sumber nutrisi baik, yaitu mengandung vitamin E yang juga dikenal sebagai gamma-tocopherol. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian, di mana kuaci merupakan salah satunya. Fungsi antioksidan yang banyak diketahui adalah untuk melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, bagi Anda yang suka ngemil kuaci, hal itu baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mengapa demikian? Karena kandungan zat di dalam kuaci mampu mengurangi kolesterol LDL dan mampu pula untuk mencegah hipertensi.

1. Membantu memerangi osteoporosis dan kram otot

Kandungan tinggi magnesium pada kuaci mampu menyeimbangkan kandungan kalsium dan kalium tubuh seimbang. Lalu, kandungan magnesium mampu untuk mencegah pengeroposan tulang dan membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan kram pada otot.

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Penelitian telah banyak menunjukkan kalau antioksidan vitamin E sangat berguna untuk menjaga kulit agar tetep lembut dan sehat. Selain itu, kandungan lipid asam lemak esensial dari kuaci juga menjaga kulit tetap terhidrasi serta terbebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

3. Mencegah diabetes

Nutrisi dalam kuaci bisa membantu menghentikan lonjakan dan penurunan gula darah yang dialami banyak orang akibat diet terlalu tinggi gula, biji-bijian olahan, minuman manis, dan makanan olahan. Misalnya manfaat magnesium yang telah ditemukan memiliki efek perlindungan terhadap risiko pengembangan diabetes tipe 2.

PADHIA ALINA PERTIWI
X PB1

61 comments:

  1. Terimakasih!artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Artikelnya bermanfaat banget terimakasih

    ReplyDelete
  3. Terimakasih artikelnya bagus banget, dan membantu

    ReplyDelete
  4. Mantapp nih artikelnya terima kasih infonya

    ReplyDelete
  5. Keren sekali artikelnya sangat membantu:)

    ReplyDelete
  6. artikelnya bagus dan sangat berguna

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat banget artikelnya

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat banget artikelnya...

    ReplyDelete
  9. Bagus ka artikel nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Bermanfaat banget artikelnya, thanks

    ReplyDelete
  11. Terimakasih artikelnya sangat membantu dan menarik

    ReplyDelete
  12. Baguss artikel nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Alhamdulilah nemu artikel yang bagus dan lengkap

    ReplyDelete
  14. Baguss artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Kerenn sekali artikelnya

    ReplyDelete
  16. Bagus artikel nya. Aku suka. Membantu banget

    ReplyDelete
  17. artikelnya sangat bermanfaat dan ditunggu artikel berikutnya

    ReplyDelete
  18. Lengkap banget penjelasannya

    ReplyDelete
  19. Mudah dipahami banget, jadi tambah tau juga manfaat tanamannya.

    ReplyDelete
  20. Menarik banget artikelnya...

    ReplyDelete
  21. Baguss sekali artikelnya

    ReplyDelete
  22. Suka sekali sama artikel, pembahasan nya menarik

    ReplyDelete
  23. Berguna banget penjelasan nya

    ReplyDelete
  24. Terimakasih... Artikel nya sangat membantu

    ReplyDelete
  25. Materinya sangat menarik dan membantu sekali

    ReplyDelete
  26. Bagusss membantu sekali

    ReplyDelete
  27. Penjelasannya sangat lengkap, saya suka artikelnya...

    ReplyDelete
  28. Menarik & sangat bermanfaat, thanks infonya

    ReplyDelete
  29. Saya suka sekali dengan cara penjelasannya

    ReplyDelete
  30. Sangat bermanfaat, semoga dapat membantu banyak orang...

    ReplyDelete
  31. Artikelnya sangat menarik untuk dibaca

    ReplyDelete
  32. Baguss penjelasannya bermanfaat...

    ReplyDelete
  33. BERMANFAAT SEKALI ARTIKEL NYA...

    ReplyDelete
  34. Terimakasih artikelnya bagus dan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  35. Thanks infonya bermanfaat sekali, jadi tau ternyata bunga juga bermanfaat sebagai obat.

    ReplyDelete
  36. Thanks, kerenn bgt artikel

    ReplyDelete
  37. Wowww keren bgt artikelnya, menarik bgt nih buat dibaca

    ReplyDelete
  38. Mantappp👍👍 nambah wawasan bgt...

    ReplyDelete
  39. Menarik sekali penjelasannya...

    ReplyDelete
  40. Artikel yang baguss👍👍

    ReplyDelete
  41. Saya sangat suka cara penjelasannya, terimakasih...

    ReplyDelete
  42. Terimakasih ini membantu sekali

    ReplyDelete
  43. Artikelnya keren dan bermanfaat👍

    ReplyDelete
  44. Bagus penjelasan nya lengkap

    ReplyDelete
  45. Penjelasannya sangat lengkap dan terpercaya, terimakasih infonya 😉😉

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.