Header Ads

Mengenal Kentang Lebih Dalam

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat tinggi, sama seperti nasi. Jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Solanum tuberosum ini rasanya lezat. Selain rasanya lezat, kentang juga kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan. Kentang memiliki kandungan vitamin A, B-kompleks, C, hingga asam folat. Jenis sayuran ini juga memiliki senyawa solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamu, dan pestisida. Namun, sebaiknya kentang dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang, bukan digoreng. Bahkan, kalau bisa kentang tidak dicampur dengan bumbu gurih yang mengandung MSG, karena tidak baik bagi kesehatan.

*Apa saja manfaat kentang?*

1. Cocok untuk diet bebas gluten

Bagi Anda yang alergi gluten, kentang bisa dijadikan pengganti nasi yang tepat. Tidak hanya baik untuk penderita intoleransi gluten, orang yang mengalami penyakit celiac yang sensitif terhadap gluten juga bisa mengonsumsi kentang.

2. Membuat kenyang

Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi yang tepat bagi kamu yang sedang diet menurunkan berat badan. Pasalnya, selain memiliki kalori yang lebih rendah, kentang juga dapat membuat Anda lebih kenyang sehingga mengurangi konsumsi makanan lainnya. Kentang memiliki protein yang dikenal sebagai potato proteinase inhibitor 2 (PI2) yang mampu mengurangi nafsu makan dan memicu produksi cholecystokinin (CCK) yang menimbulkan rasa kenyang.

3. Melindungi organ jantung

Kentang juga bermanfaat melindungi organ jantung. Ini karena kentang mengandung vitamin C, vitamin B6, serat, dan potasium yang baik bagi kesehatan jantung. Di samping itu, mengonsumsi kentang membantu menurunkan kolesterol sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mengatur kadar gula darah

Kentang memiliki jenis pati yang bernama resistant starch yang dapat mengurangi risiko resistensi insulin dan dapat digunakan untuk mengatur kadar gula darah. Penderita diabetes bisa mencoba mengonsumsi kentang untuk menjaga kadar gula darah
Anda bisa meningkatkan kandungan pati dalam kentang dengan merebusnya terlebih dahulu dan memasukkannya ke dalam kulkas semalam dan mengonsumsinya saat masih dingin.

5. Tinggi kolin

Kentang banyak mengandung zat kolin yang baik untuk kesehatan. Kolin membantu proses pembelajaran, memori, pergerakan otot, dan mengatur suasana hati. Tidak hanya itu, kolin juga berperan dalam penyerapan lemak, perkembangan otak pada masa awal, menyalurkan sinyal saraf, dan menjaga bentuk dari struktur sel.

6. Tinggi antioksidan

Selain kolin, manfaat kentang juga ditemukan pada kandungan antioksidannya. Kentang mengandung antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid, phenolic, dan carotenoid yang mampu menangkal radikal bebas.

7. Menjaga kesehatan 

Pati dalam kentang juga dapat menjaga kesehatan pencernaan karena tidak bisa diproses dalam tubuh dan akan diarahkan ke usus besar untuk dijadikan sumber makanan untuk bakteri baik dalam perut.

8. Baik untuk tulang

Kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan fosfor dalam kentang mampu menjaga kesehatan tulang dan keseimbangan tubuh. Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi fosfor berlebih dan kalsium yang kurang dapat mengurangi kepadatan tulang yang memicu osteoporosis.

9. Membantu metabolisme tubuh

Manfaat lainnya dari kentang adalah membantu proses metabolisme tubuh karena adanya kandungan vitamin B6. Vitamin B6 dikenal sebagai zat yang berguna untuk proses pemecahan protein dan karbohidrat menjadi asam amino dan glukosa.

10. Kaya akan vitamin C

Kentang ternyata mengandung vitamin C juga. Vitamin C sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh.

11. Mengurangi gatal dan peradangan kulit

Menurut ahli, kentang yang belum dikupas lalu ditumbuk hingga halus dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan kulit termasuk luka bakar.

12. Menjaga kesehatan kulit

Selain mengurangi gatal dan peradangan kulit, penelitian juga menjelaskan bahwa kentang dapat mengurangi jerawat dan kutil jika digunakan dalam bentuk masker pada kulit berminyak.

13. Menyehatkan otak

Asam alfa lipoat, enzim yang dikandung kentang, dapat meningkatkan fungsi otak atau kognitif secara keseluruhan. Para ahli seringkali menyatakan kalau enzim ini dapat mengontrol gejala Alzheimer. Selain itu, manfaat kentang yang satu ini juga datang dari kandungan zinc, fosfor dan vitamin B kompleksnya.

14. Membasmi masalah tidur

Manfaat kentang selanjutnya datang dari kandungan tryptophan. Senyawa alami ini dipercaya dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, kandungan kalium yang dimiliki oleh kentang juga bersifat menenangkan bagi otot, sehingga Anda dapat tidur lebih tenang dan berkualitas.

*Bagaimana Cara Mengolah Kentang yang Sehat?*

Meski kentang mengandung banyak gizi penting, cara mengolah kentang yang tidak tepat dapat menghilangkan manfaat gizi kentang itu sendiri. Merebus, mengukus, dan memanggang merupakan cara terbaik untuk menjaga nutrisi pada kentang.

Sementara itu, menggoreng kentang untuk dijadikan keripik atau kentang goreng, dapat membuat kentang mengandung kalori yang berlebih. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan kenaikan berat badan. 

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya agar bisa mendapatkan kandungan gizi kentang yang maksimal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, serat, vitamin, dan mineral justru lebih banyak terdapat pada kulit kentang.

Meski begitu, Anda perlu hati-hari dalam mengolah kentang. Jika kentang berwarna kehijauan atau tampak terdapat tunas yang baru tumbuh, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kentang tersebut. Kentang yang bertunas atau berwarna kehijauan mengandung racun yang dapat berbahaya bagi tubuh. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait cara mengolah kentang yang baik sehingga kandungan gizi kentang tidak berkurang dan jenis olahan kentang yang cocok untuk kondisi kesehatan Anda.

*Apakah ada efek samping dari makan kentang?*

Meskipun jarang terdengar, tetapi di balik manfaat kentang bagi kesehatan terdapat efek samping yang bisa mengganggu kesehatan. Kentang mengandung potasium sehingga perlu dihindari oleh penderita penyakit ginjal yang memiliki kesulitan menyaring potasium dalam tubuh.

Selain itu, jangan memasak kentang hingga lebih dari 120 derajat celcius, karena pada suhu demikian, kentang akan menghasilkan senyawa acrylamide yang berpotensi meningkatkan risiko terkena kanker, masalah reproduksi, dan saraf.

Tidak hanya dari cara memasak, Anda juga harus menghindari mengonsumsi kentang yang sudah bertunas atau yang berwarna kehijauan. Dalam kondisi tersebut, kentang mengandung senyawa solanine yang mampu menimbulkan gangguan peredarah darah dan pernapasan, diare, sakit kepala, dan kram otot.

Apabila Anda mengonsumsi obat penyakit jantung berupa penghalang beta atau beta-blocker, maka Anda perlu membatasi konsumsi kentang, karena obat beta-blocker dapat meningkatkan kadar potasium dalam darah.

Nah, itu dia beragam manfaat kentang beserta risikonya. Nikmati kentang dengan cara yang benar dan dapatkan manfaatnya.

Muhammad Galih Broto Santosa
X OTKP 1

108 comments:

  1. Menambah wawasan dan mudah dimengerti

    ReplyDelete
  2. waahh cocok nihh buat menu diet

    ReplyDelete
  3. kerenn bgtt omgg galihhh

    ReplyDelete
  4. bermanfaat bgt👍🏻

    ReplyDelete
  5. bermanfaat banget niih

    ReplyDelete
  6. Jelas informasi nyaa, bagus gal

    ReplyDelete
  7. kereenn, artikelnya bermanfaat bangeet

    ReplyDelete
  8. ihh keren bangett, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  9. Wiii, berfaedah sekali

    ReplyDelete
  10. Bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  11. Bagus dan menarik nih informasinya

    ReplyDelete
  12. Bermanfaat bangett, makasiii

    ReplyDelete
  13. Baguuss bangeett nih, jadi tau manfaat kentang tuh ternyata banyaakk 😍

    ReplyDelete
  14. keren lengkap banget

    ReplyDelete
  15. Wahhhhh tengkyu infonyaaaa

    ReplyDelete
  16. waaaahhh terimakasi infonya sangat membantuu👍🏿👍🏿

    ReplyDelete
  17. Asli bermanfaat bgt👍🏻

    ReplyDelete
  18. Informasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  19. Informasi nya bermanfaat banget, terimakasih 👍

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  21. Keren banget......👍

    ReplyDelete
  22. Makin banyak pengetahuannya nih setelah membaca artikel ini..., semoga ilmu nya bisa bermanfaat

    ReplyDelete
  23. Wahh, artikelnya bermanfaat sekalii

    ReplyDelete
  24. Tampilan atau background dari web nya, perbarui lagi. Kemudian isi dari manfaatnya lebih dipercaya orang jika menambahkan studi kasus dengan daya dan fakta. Misal orang A memiliki penyakit tertentu sembuh dengan rajin mengkonsumsi kentang.

    ReplyDelete
  25. Sangat bermanfaat sekaliii

    ReplyDelete
  26. kerennn, artikelnya sangat bermanfaat 👍🏼

    ReplyDelete
  27. bermanfaat banget galihhh

    ReplyDelete
  28. kereeeeeennnn👍🏼👍🏼👍🏼

    ReplyDelete
  29. Terima kasih, sangat bermanfaat sekali artikelnya

    ReplyDelete
  30. bermanfaat banget ka !!!

    ReplyDelete
  31. Semangat berkarya....
    Keren nihh..

    ReplyDelete
  32. Nice infooo hihi thanks! I love potatoes ♡♡

    ReplyDelete
  33. Sangat membantu dan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  34. Bermanfaat banget 👌

    ReplyDelete
  35. Terima kasih info yang bermanfaat

    ReplyDelete
  36. Bagus banget dan bermanfaat, sukses trus galih

    ReplyDelete
  37. Semangat mas, lancar barokahh

    ReplyDelete
  38. Mantappp...
    Bantu riset saya

    ReplyDelete
  39. sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  40. keren kakk bermanfaat banget nihh terimakasih

    ReplyDelete
  41. Sangat bagus artikel nya

    ReplyDelete
  42. Setelah membaca ini wawasan saya menambah👍👍

    ReplyDelete
  43. artikelnya bagus bermanfaat, terimakasiii ✨

    ReplyDelete
  44. Bermanfaat banget informasinya

    ReplyDelete
  45. makasiii infonyaa😻😻

    ReplyDelete
  46. bermanfaat banget nih artikelnya !! keren banget

    ReplyDelete
  47. thankyouu infonyaa, bermanfaat banget sihh inii!!😍

    ReplyDelete
  48. makasii bgtt nii infonyaa, ini bakal bermanfaat bgtt siii

    ReplyDelete
  49. bermanfaat banget bunn artikelnya

    ReplyDelete
  50. wahh artikel ini sangat bermanfaat
    Dan memiliki sangat banyak informasi,
    Terimakasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  51. Bermanfaat sekali infonya..trima kasih galih

    ReplyDelete
  52. Bermanfaat sekali infonya..trima kasih galih

    ReplyDelete
  53. mantappp makasiii artikelnya bermanfaat bgtt

    ReplyDelete
  54. bagus trus lengkap bgt penjelasannya!!

    ReplyDelete
  55. Penjabaran penjelasannya cukup jelas. Semoga semakin banyak anak muda yang informatif seperti ini. Lanjutkannnnnnn������

    ReplyDelete
  56. keren lengkapp , makasihh

    ReplyDelete
  57. bermanfaattt, terimakasih infonyaa

    ReplyDelete
  58. Wihh that’s sound great banget setelah dikasih info artikel ini. Mantep dehh pokoknya,bisa jadi salah satu pilihan buat menu makanan pokok nihhh. Thanks in advance

    ReplyDelete
  59. waah bermanfaat sekali, thankyouu��

    ReplyDelete
  60. 》Penjelasannya sangat deatail dan lengkap...thanks for the info!《

    ReplyDelete
  61. bagus bgt, bermanfaat sekali. thank you

    ReplyDelete
  62. Wah bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  63. BERGUNA BANGET,GA BERTELE TELE TP JELAS BANGET😊

    ReplyDelete
  64. lengkap bgt makasi ya

    ReplyDelete
  65. amazing!! thank you for the complete information

    ReplyDelete
  66. thanks for the info

    ReplyDelete
  67. Mantap kali kakak top deh

    ReplyDelete
  68. Bagus bgt galih..sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  69. very helpful thank youu

    ReplyDelete
  70. Bagus bgt galih,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  71. Infonya lengkap banget, sangat bermanfaat. terima kasih

    ReplyDelete
  72. wah, terima kasih ya artikelnya! informasi dan penjelasan artikelnya lengkap. setelah membaca artikelnya jadi lebih tau cara mengolah kentang dengan baik dan manfaat kentang lainnya.

    ReplyDelete
  73. Mantep nih artikel, lebih tau banyak tentang kentang dan ternyaya banyak manfaat nyaa, lanjutkan bro

    ReplyDelete
  74. wah terimakasih bermanfaat sekali artikelnya👍

    ReplyDelete
  75. Sangat bermanfaat, terimakasih infonyaaaa

    ReplyDelete
  76. bagus artikelnya, bermanfaat👍

    ReplyDelete
  77. bermanfaat sekali infonya,sukses terus

    ReplyDelete
  78. Terima kasih,sangat berguna sekali💯

    ReplyDelete
  79. Waah bermanfaat sekali infonya terima kasih yaa

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.