Header Ads

Sumber Daya Alam Biotik Yan Dapat Dimanfaatkan Untuk Kelangsungan Hidup Manusia.




Anggita Aulia Fatmawati
X AKL 2

SUMBER DAYA ALAM BIOTIK YANG DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA
Sumber daya alam atau yang sering disingkat SDA adalah kumpulan beberapa komponen yang terdapat di bumi, dimana keberadaannya banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan dan mempertahankan kelangsungan hidup. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semua yang berespirasi, butuh makan dan minum disebut dengan makhluk hidup. Jadi, yang termasuk dalam sumber daya alam biotik adalah hewan, tumbuhan dan mikroba. Berikut adalah uraian manfaat sumber daya alam biotik
1. Sumber daya hewan
      Sumber Daya alam biotik seperti hewan memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia, terdapat berbagai macam bagian-bagian dari tubuh hewan yang mana manusia bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari diantara manfaat yang bisa diperoleh dari hewan yaitu :
a. Daging hewan seperti sapi, ikan, ayam, kambing bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein manusia, daging ini juga makanan sehari-hari manusia


b. Hewan yang menghasilkan susu juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia, karena susu mengandung banyak kalsium yang berguna bagi pertumbuhan terutama anak- anak. Susu juga merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh setiap orang di segala usia, susu mengandung beragam nutrisi penting yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik, melindungi tubuh dari serangan penyakit, menjaga kesehatan tulang,serta membuat otot dan pembuluh darah berfungsi dengan baik. Untuk menunjang tumbuh kembang, konsumsi susu secara rutin dianjurkan sejak masa kanak-kanak, sementara untuk dewasa, susu dapat membantu menurunkan risiko munculnya penyakit, seperti osteoporosis dan penyakit kardiovaskular.

c. Telur hewan dengan spesies unggas juga sering dikonsumsi karena mengandung cukup protein. Selain sebagai sumber protein, telur juga mempunyai banyak kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng. Karena kandungan gizi yang banyak dimiliki telur jadi telur inilah banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.



Bagian tubuh hewan lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah kulit dan bulu, kulit dan bulu hewan bisa digunakan sebagai bahan pakaian dan aksesoris lainnya seperti tas dan sepatu, hewan yang mempunyai tenaga besar seperti kuda dan kerbau dapat dimanfaatkan sebagai alat transportasi dan membantu dalam pengolahan lahan. Serangga yang menghasilkan madu seperti lebah juga turut memberikan manfaat bagi manusia madu yang dihasilkan lebah dapat dikonsumsi dan juga berfungsi sebagai obat herbal. Manfaat lain dari hewan bagi tumbuhan yakni berupa kotoran hewan yang bisa digunakan sebagai pupuk tanaman.


2. Sumber daya tumbuhan
    Tumbuhan, bagian- bagian tubuh tumbuhan juga tak kalah bermanfaat bagi manusia,hampir semua bagian tubuh tumbuhan bisa dimanfaatkan oleh manusia diantara bagian tubuh tumbuhan yang bisa digunakan manusia untuk menopang kelangsungan hidupnya adalah :
  a. Daun. Tumbuhan yang tergolong sayur- mayur mempunyai daun hijau yang banyak dikonsumsi oleh manusia. Contohnya adalah bayam, kangkung, sawi, daun ketela, daun singkong dan daun kemangi,bahkan daun pepaya yang rasanya pahit juga bisa dikonsumsi dan berfungsi sebagai obat herbal ada juga daun yang digunakan sebagai bumbu atau penyedap dalam memasak makanan, misalnya daun pandan, daun salam dan daun bawang,Daun kelapa yang masih muda maupun yang sudah kering juga bermanfaat, daun yang masih muda bisa digunakan untuk membungkus makanan sedangkan daun yang sudah kering bisa dimanfaatkan sebagai atap rumah.
        
 


   b. Hampir semua buah dari tanaman bermanfaat untuk manusia, terutama pohon- pohon yang memiliki buah untuk dikonsumsi. Misalnya pohon mangga, jambu, durian, pepaya, jeruk, apel dan lain sebagainya. Buah – buahan ini mengandung banyak air dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh manusia  selain itu buah juga bermanfaat untuk mencegah obesitas dan menjaga berat badan yang ideal.Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah,  menurunkan risiko penyakit, seperti diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, kanker, dan hipertensi, mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Ada juga buah- buahan yang berguna sebagai obat, misalnya jeruk nipis dan mengkudu. Beberapa buah tanaman juga bisa dijadikan minyak dan menjadi komoditi ekspor, misalnya kelapa sawit



  c. Umbi dan Rimpang. Tanaman umbi- umbian yang sering dikonsumsi manusia adalah singkong, ubi dan kentang. Umbi- umbian ini bisa dijadikan alternatif bahan pangan pokok karena mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga bagi tubuh manusia. Sementara tumbuhan yang berakar rimpang juga mempunyai banyak khasiat. Contohnya adalah tanaman Jahe, jahe merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Officinale. Bahan alami yang satu ini dapat menghangatkan tubuh dengan rasa pedasnya selain itu jahe bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, mengatasi mual, mengatasi nyeri pada tubuh dan mencegah penyakit kulit. Kunyit, kunyit merupakan tanaman herbal yang memiliki warna kuning di dalamnya. Tidak hanya sebagai bahan masakan, kunyit memiliki segudang manfaat bagi kesehatan yaitu untuk mengatasi maag, mengatasi perut kembung dan mengatasi peradangan. Lengkuas, kaya akan vitamin C yang dapat berperan dalam peremajaan sel-sel kulit dan menjaga kulit akan tampak lebih muda dari penuaan. Selain itu, lengkuas juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti panu, luka bakar, gatal-gatal, hingga alergi. Tanaman- tanaman memang sering dimanfaatkan sebagai obat- obatan herbal dan bumbu masakan tradisional Indonesia dan masih banyak lagi umbi dan rimpang yang dapat kita manfaatkan.



ada lagi satu manfaat tumbuhan yang sangat penting tumbuhan menghasilkan oksigen yang kita hirup setiap harinya tidak hanya manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya juga butuh oksigen untuk bertahan hidup.Tumbuhan juga menyerap karbondioksida sehingga dapat mengurangi polusi udara, begitu pentingnya tumbuh- tumbuhan bagi manusia dan mahkhluk hidup lainnya, oleh karena itu, tumbuhan dan ekosistem hutan termasuk dalam sumber daya alam biotik yang harus kita lestarikan keberadaannya.
3.Sumber daya Mikroorganisme
   Mikroorganisme. Sumber daya alam biotik yang terakhir adalah mikroorganisme. Organisme yang satu ini memang memiliki tubuh sangat kecil yang sering tidak kita sadari keberadaannya,meski demikian, keberadaan mikroorganisme sangatlah penting karena dibutuhkan oleh semua makhluk di bumi ini. Mikroorganisme pengurai berperan penting dalam menguraikan jasad makhluk hidup yang telah mati, ketika jasad yang mati diuraikan, maka secara tidak langsung akan menjadi tanah tempat kita berpijak tanah yang berasal dari uraian daun yang kering dapat digunakan sebagai kompos yang juga bermanfaat untuk tumbuh kembang tanaman. Contoh mikroorganisme dengan peran lain yakni mikroorganisme yang membantu proses fermentasi. Contohnya adalah jamur tempe dan jamur tape, jenis- jenis mikroorganisme tersebut sangat membantu dalam proses pembuatan bahan makanan, seperti tempe, tape, yogurt, keju dan cuka, pemanfaatan mikroorganisme untuk kebutuhan pangan ini biasa disebut dengan bioteknologi. Bioteknologi ini menempatkan mikroorganisme sebagai agen perubahan zat- zat yang terkandung dalam bahan makanan sehingga terfermentasi. Mikroorganisme terdapat di mana-mana, interaksinya bersama mikroorganisme atau dengan organisme lain dapat berlangsung dengan cara aman dan menguntungkan, maupun merugikan. Mikroorganisme juga sering diasosiasikan dengan penyakit-penyakit infeksi atau pembusukan makanan namun, mayoritas mikroorganisme justru memberikan kontribusi bagi keseimbangan ekosistem lingkungan hidup, khususnya bagi kesejahteraan umat manusia.Sebagian kecil mikroorganisme bersifat patogen. Mikroorganisme alami yang hidup di dalam tubuh manusia disebut mikroorganisme normal atau flora normal meskipun flora normal ini tidak patogen, dalam keadaan tertentu, ia bisa menjadi patogen dan menimbulkan penyakit infeksi.Mikroorganisme hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop.

No comments

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.