Header Ads

Tanaman Serba Guna dan Cara Merawatnya

Sebanyak tiga ratus varietas pisang tinggal di daerah tropis dan subtropis. Buah tropis asli Pasifik Barat Daya ini menjadi salah satu tanaman tertua di dunia. Sejak 600 sebelum masehi, buah pisang telah tersebar di India. Lalu menyebar ke seluruh daerah tropis, hingga akhirnya ke Kepulauan Pasifik dan Pantai Barat Afrika.

Di beberapa negara, Pisang memiliki ragam bahasa. Seperti bahasa "Pisang" sering digunakan di Indonesia dan Malaysia. Di Filipina pisang dinamakan "Saging", Thailand dinamai "Kluai", Vietnam disebut "Choui", China dikatakan "Chiao".

 

Manfaat Tanaman Pisang

Pohon ini sering kali disebut juga sebagai pohon serba guna yang memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui. Berikut ini adalah rangkaian kegunaan pohon untuk berbagai hal yang perlu Anda ketahui lebih dalam.

  1. Akar Pohon

Akar pohon pisang ini umumnya bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal, salah satunya untuk dibuatkan obat tradisional. Akar dari pohon ini mampu meredakan sakit yang disebabkan oleh radang dan juga sebagai penawar untuk racun. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai olahan kuliner seperti keripik bonggol yang dibuat dengan cara yang sederhana.

Untuk bidang pertanian akar ini juga sangat berguna yaitu berfungsi sebagai perangsang (ZPT) alami dan juga MOL untuk tanaman. Bagi Anda yang ingin menggunakan perawatan rambut dari akar pisang juga bisa memanfaatkan cairan dari akar ini. Bonggol ini dapat berfungsi untuk merawat dan menyehatkan rambut agar tidak mudah rusak.

  1. Batang Pohon Pisang

Batang pohon pisang memiliki banyak sekali kegunaan dalam hal untuk mengatasi beberapa penyakit, sehingga tidak heran jika sering dijadikan sebagai obat tradisional. Anda juga bisa mengolahnya menjadi sayur atau jus batang pisang yang memiliki khasiat sebagai sarana untuk mengobati sakit diabetes.

Biasanya batang ini juga akan diolah menjadi makanan yang lezat dan sehat karena batang pisang memiliki kandungan yang kaya akan serat. Tidak perlu takut untuk mengonsumsinya karena sudah terbukti memiliki banyak khasiat yang bisa Anda dapatkan setelah memakannya. Bahkan penderita diabetes bisa sembuh hanya dengan rutin minum jus dari batang ini.

  1. Buah Pisang

Buah pisang mempunyai nutrisi baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin C, vitamin A, dan juga vitamin B. Terdapat juga kandungan lainnya seperti potasium, karbohidrat, serat, protein, mangan, magnesium dan lainnya. Buah pisang ini sendiri memiliki tekstur yang lembut namun memiliki gizi yang banyak dan padat sehingga baik untuk dikonsumsi.

Berbagai olahan pisang bisa Anda dapatkan di mana saja, mulai dari keripik pisang, kolak. Es pisang, kue dan jenis kuliner lainnya. Saat ini sudah dapat Anda temukan tepung pisang yang dipercaya tanpa campuran gluten, bisa untuk dijadikan sebagai alternatif. Pisang juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, dan masih banyak lagi.

  1. Kulit Pisang

Selain buah dan akar, kulit dari pisang ini juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat yang banyak nutrisi untuk tubuh Anda. Keripik kulit pisang merupakan salah satu makanan yang banyak digemari, karena rasanya yang tidak kalah dengan akar dan buahnya. Anda juga bisa memberikan pakan sapi dengan kulit ini, banyaknya gizi yang dimilikinya dapat membuat sapi menjadi sehat.

Tidak hanya itu, kulit ini juga bisa dijadikan sebagai pupuk alami yang berguna untuk tanaman lain yang Anda miliki. Kandungan nutrisinya akan membuat kebun menjadi lebih subur, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Banyaknya kegunaan dari kulit buah ini membuatnya banyak dijadikan sebagai tambahan racikan untuk suatu obat.

  1. Jantung Pisang

Jantung pada pisang memiliki warna yang merah keunguan, dengan fungsi yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Umumnya jantung ini sudah digunakan sebagai olahan dalam menu makanan, namun tahukah Anda bahwa kandungan yang di dalamnya sangat baik. Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai lalapan saat makan.

Jantung dari pisang ini dipercaya sebagai antioksidan yang kaya akan serat, dan terdapat kandungan lainnya yang berguna untuk kesehatan. Hal ini karena fungsinya yang berguna sebagai anti radikal bebas, dan meminimalisir datangnya penyakit lain. Bahkan dipercaya sebagai anti kanker, sakit jantung, dan juga penyakit demensia.

  1. Daun Pisang

Banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan daun dari pohon pisang untuk dijadikan sebagai piring alami untuk menyajikan hidangan. Bahkan masih banyak rumah makan yang menggunakannya sebagai alas makanan, sebagai kesan tradisional. Selain dijadikan piring, daun ini juga bisa digunakan sebagai pembungkus makanan seperti lontong, pepes, kue, dan lainnya.

 

Cara merawat Tanaman Pisang

Pisang merupakan tumbuhan yang dapat hidup subur di dataran tinggi maupun dataran rendah, sehingga tidak ada kesulitan dalam perawatannya. Namun, dalam menanam pohon ini perlu diperhatikan beberapa hal lainnya untuk kesuburan pohon. Anda dapat menerapkan cara perawatan berikut ini untuk mendapatkan hasil yang baik.

  1. Wilayah Penanaman

Walaupun terbilang sangat mudah merawatnya, Anda harus memilih daerah yang tepat untuk menanamnya, yaitu pada wilayah yang memiliki iklim tropis. Adapun ketinggian dari daerah yang akan ditanam baik pada dataran rendah atau tinggi yaitu 2000 meter dari permukaan laut. Hal ini tentu berguna untuk mendapatkan cahaya matahari.

  1. Media Tanam

Dalam proses penanaman pohon ini bisa dilakukan di mana saja termasuk pada media tanah yang kurang subur, namun sebaiknya gunakan tanah yang lempung dengan sedikit kerikil. Jangan menggunakan tanah yang terlalu becek atau tergenang air, karena dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon tersebut.

  1. Pemberian Bibit dan pencahayaan.

Untuk mendapatkan bibit yang baik Anda dapat menerapkan dua cara untuk menanam bibit tersebut. Hal pertama yang bisa digunakan yaitu pengambilan bibit dari tunas yang berada di sekitar bonggol pisang. Pada proses penanamannya juga harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup sehingga bisa berkembang dengan baik.

 

Eva Hasanah

X AKL 2

112 comments:

  1. thank you artikelnya sangat bagus

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus banget🤩

    ReplyDelete
  3. Bermanfaatt banget

    ReplyDelete
  4. bagus artikelnya menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  5. Woahh isi materinya sungguh lengkap, terimakasih ini sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas informasinya. Sangat membantu dan menambah wawasan saya.

    ReplyDelete
  7. bahasanya mudah untuk dipahami isinya juga bagus, terimakasih

    ReplyDelete
  8. bagus banget! mudah dimengerti

    ReplyDelete
  9. wow informasinyaa bermanfaat bangettt

    ReplyDelete
  10. Wahh bermanfaat banget artikel nya🤩🤩 semangat vaa!

    ReplyDelete
  11. Bahasanya ringan Dan mudah dipahami👍👍

    ReplyDelete
  12. Semangat terus evaa, ditunggu artikel berikutnya😻

    ReplyDelete
  13. Waw keren banget👍 materinya lengkap sangat mudah untuk memahaminya dengan bahasa yang bagus semoga mempermudah teman-teman yang lain dalam membaca dan memahaminya, sangat bagi saya yang membacanya☺sukses selalu semoga selalu semangat dalam belajar serta terus bisa dengan mudah dalam belajar serta terus bisa dengan mudah dalam menambah ilmu pengetahuan keren banget anak SMK sudah bisa menghasilkan tugas sebagus ini hehe👍

    ReplyDelete
  14. wah bermanfaat bgt👍🏻

    ReplyDelete
  15. Bermanfaat banget artikel nya.. Sukses terus vaa

    ReplyDelete
  16. kereen-! bermanfaat banget dan lengkap semangat-!

    ReplyDelete
  17. Sangat bermanfaat , semoga sukses kedepannya ya va..

    ReplyDelete
  18. pas banget lagi nyari materi iniii

    ReplyDelete
  19. Wah bagus banget artikelnya,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  20. widihhh mantep vaa, semangat yaaa

    ReplyDelete
  21. Good information👍👍

    ReplyDelete
  22. Bagus Dan bermanfaat 👍

    ReplyDelete
  23. Sangat bermanfaat terimakasih artikelnya

    ReplyDelete
  24. Masya allah keren tugas sekolah nya sangat mudah di pahami untuk pemilihan kosa kata dalam artikel nya,penulisan sangat rapih, dan sangat menarik sekali artikel ny, sukses selalu,sangat bermanfaat banget bagi pembaca, terimakasih

    ReplyDelete
  25. Artikel yang sangat bermanfaat 👍

    ReplyDelete
  26. wihh bermanfaat banget artikelnya va

    ReplyDelete
  27. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat 👍👍👍

    ReplyDelete
  28. Artikelnya sangat bagus bermanfaat juga

    ReplyDelete
  29. gita cantik kek bidadari aamiin HEHENovember 21, 2020 at 8:01 PM

    wah, pas banget artikela sukakkkk, bikin lagi dong mbak

    ReplyDelete
  30. lengkap banget kak artikelnya, thanks ya

    ReplyDelete
  31. Artikel yang di buat sangat bermanfaat. Artikel tersebut memberikan perluasan wawasan kepada pembaca. Sehingga pembaca dapat mengetahui lebih mendalam mengenai pohon buah pisang.

    ReplyDelete
  32. makasih ya sis jadi tau banyak, tenkyuuuuu<3

    ReplyDelete
  33. bagus banget artikelnya^^

    ReplyDelete
  34. Artikel bermanfaat, sukses terus

    ReplyDelete
  35. dari sekian banyak artikel dari blog ini, ini salah satu artikel yang mudah dipahami, terimakasih eva sudah membuat artikel ini🙏

    ReplyDelete
  36. bermanfaat banget kak, good luck ayanK

    ReplyDelete
  37. keren bermanfaat banget!<3

    ReplyDelete
  38. saya suka saya suka, mantap epaaaaaa

    ReplyDelete
  39. dari aku sang mantanNovember 21, 2020 at 8:17 PM

    waw keren, semangat ya!

    ReplyDelete
  40. lengkap banget breh, mantep

    ReplyDelete
  41. Thanks berguna banget hehe

    ReplyDelete
  42. sangat lengkapp artikelnya, bermanfaat bangett!

    ReplyDelete
  43. ditunggu artikel selanjutnya!

    ReplyDelete
  44. mipas nyam nyam nyamNovember 21, 2020 at 8:25 PM

    bagusss! mudah dipahami

    ReplyDelete
  45. teruskan bakatmu nak, sangat bagus artikelnya

    ReplyDelete
  46. semangkooo, gomawoo eva!

    ReplyDelete
  47. mama, tau yg terbaikNovember 21, 2020 at 8:27 PM

    good article!

    ReplyDelete
  48. bagooosss bagoss thankyou ya

    ReplyDelete
  49. terimakasih infonya, sangat membantu

    ReplyDelete
  50. bermanfaat bangetttttt eva

    ReplyDelete
  51. Keren, materinya mudah dipahami, thanks 👍😄

    ReplyDelete
  52. artikel yang bagus dan sangat membantu

    ReplyDelete
  53. waduhhhh sangat berfaedah materi yg diulasss😊

    ReplyDelete
  54. Bagus banget keren deh pokok nya

    ReplyDelete
  55. Bagus banget keren deh pokok nya

    ReplyDelete
  56. Bagus banget keren deh pokok nya

    ReplyDelete
  57. bagus banget brooooooooo

    ReplyDelete
  58. sukak kerennn

    ReplyDelete
  59. aku wulan pacarnya jokoNovember 21, 2020 at 8:48 PM

    km bgs bgt va bikinnya ak suka

    ReplyDelete
  60. mas topan TAPI BOONG HIYAHIYANovember 21, 2020 at 8:49 PM

    the best ini mah

    ReplyDelete
  61. aku dan kau suka dancowNovember 21, 2020 at 8:51 PM

    i like this

    ReplyDelete
  62. Materi nya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan;)

    ReplyDelete
  63. suka dech ama artikelnya

    ReplyDelete
  64. ngga mau mutualan apaNovember 21, 2020 at 8:57 PM

    artikelnya sangat lengkap kak, suka banget sis ilmu aku jadi nambah banyak, terimakasih ya kam

    ReplyDelete
  65. Pembelajaran yg bagus & bermanfaat bngt. Paten aye

    ReplyDelete
  66. artikel nya bagus sekali, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  67. waw bermanfaat sekali artikelnya

    ReplyDelete
  68. artikel yang sangat membantu dan bermaanfat sekali.good job

    ReplyDelete
  69. very nice! and i very easy to understand. thnak you for your information. GOOD LUCK!!!

    ReplyDelete
  70. bermanfaat bgtt ������

    ReplyDelete
  71. Pasti promo bosqu, dan dapat menghubungi kami, akan siap untuk melayani Jika bosku mengalami kesulitan dalam mendaftar atau kurang paham.
    Kami juga mempunyai bonus bosku, segerah meluncur ke website link alternatif bento4d kami bosqu, Menang Berapa Pun Pasti Dibayar Lunas 100%

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.