Header Ads

Artikel Tentang Makanan dan Minuman Berbahaya

Nama Anggota :

·                     Indriyani

·                     Muhammad Erviansyah

·                     Oktah Nadiyatul Khoir

·                     Octaviani

·                     Putri Maharani

·                     Tantianalie

Kelas : X AK 1

 

Artikel Tentang Makanan dan Minuman Berbahaya

 

Sekarang ini kita hidup dimana segala sesuatu serba instan salah satunya adalah makanan. Makanan adalah sebuah kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia untuk menunjang kelangsungan hidup. Tapi jika kita melihat fenomena seperti saat ini, banyaknya orang yang mengonsumi makanan serba instan seperti junk food membuat harapan hidup sehat menjadi terpatahkan. Perlu Anda ketahui jenis makanan yang kita santap setiap hari memang memiliki peranan yang beragam bagi kesahatan tubuh, tapi semua itu tergantung dari kesukaan pribadi masing-msaing orang. Lantas apa saja makanan yang beresiko bagi kesehatan tubuh?

 

Manusia memang memiliki komposisi makanan yang amat rumit dan bervariasi. Selain itu manusia senang mengonsumsi semua jenis makanan yang berbau lezat dan enak namun tidak pernah memperhatikan apakah makanan tersebut beresiko bagi kesehatan tubuhnya atau tidak. Menjaga kesehatan bukanlah sesuatu yang mudah, tapi Anda bisa berusaha untuk melakukannya salah satunya dengan cara mengetahui jenis-jenis makanan berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

 

Selain makanan, minuman merupakan kebutuhan penting bagi kesehatan manusia. Minuman mengandung air yang dibutuhkan tubuh agar semua organ berfungsi dengan baik.

Namun Anda pun harus selektif dalam memilih minuman karena kandungan di dalamnya ada yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah minuman yang sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu sering 

 

Berikut Makanan dan Minuman Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia

 

Daging Babi

 

Makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah daging babi. Hal ini dikarenakan daging babi mengandung nitrat dan nitrit. Dimana kedua kandungan tersebut memang memiliki keterkaitannya dengan kanker dan darah, maka bisa disimpulkan bahwa daging babi memiliki resiko tinggi penyebab penyakit kanker dalam tubuh. Selain itu, daging babi juga memiliki kandungan lemak jenuh dan tak jenuh sebesar kadar kandungan sodium yaitu 150 miligram per iris daging babi.

 

Permen dan Manisan

 

Seperti yang Anda tahu permen atau manisan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disukai oleh masyarakat khususnya bagi anak-anak karena rasanya yang manis dan enak. Tapi yang harus Anda tahu dibalik rasa manis dan enak tersebut menyimpan kandungan kadar gula yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, penyebab obesitas, hingga menyebabkan diabetes. Maka dengan begitu sebaiknya Anda dapat membatasi untuk mengonsumsi permen atau manisan untuk menurunkan resiko penyakit tersebut.

 

Makanan Cepat Saji

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi makanan cepat saji atau makanan instan jenis makanan berbahaya dan beresiko tinggi bagi kesehatan salah satunya adalah dapat menyebabkan obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain itu juga dapat menyebabkan luka pada dinding lambung dalam saluran pencernaan. Adapun jenis makanan cepat saji atau makanan instan adalah junk foods, mie instan, dan lain-lain.

 

Minuman Bersoda

 

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard yang mengadakan eksperimen bahwa orang yang sering mengonsumsi minuman bersoda akan meningkatkan dua kali lipat dalam menurunkan fungsi ginjal. Selain itu minuman bersoda juga dapat meningkatkan lemak perut dan kolesterol hingga menyebabkan resiko gagal jantung.

 

Minuman berperasa

Minuman ini memang menarik dari segi warna dan rasa. Apalagi apabila minuman ini disajikan dalam keadaan dingin. Namun kandungan pewarna dan pemanis buatan di dalamnya dapat menimbulkan gangguan kesehatan apabila dikonsumsi terlalu sering.

Kopi dengan krim kocok

Kopi jenis ini banyak disajikan dalam bentuk frappe atau dingin. Namun tahukah Anda bahwa dalam setiap sajian kopi jenis ini mengandung 800 kalori dan 170 gram gula yang tentu saja akan memicu kegemukan.

Soda diet

Minuman ini terkadang dijadikan alternatif bagi mereka yang sedang berdiet namun tetap ingin meneguk minuman bersoda. Soda diet mungkin saja bebas kalori namun juga tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya.

Minuman berenergi

Minuman ini sering dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan tambahan energi dalam menjalankan aktivitas. Kandungan kafein di dalamnya dapat membuat hormon adrenal Anda bereaksi sehingga Anda menjadi bersemangat. Namun tahukah Anda bahwa minuman berenergi mengandung kafein yang lebih banyak daripada yang diperbolehkan dikonsumsi untuk tubuh?

Minuman beralkohol

Sekitar 1-2 gelas minuman beralkohol terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, meningkatkan aliran darah, dan juga meningkatkan metabolisme gula di dalam tubuh. Namun manfaat ini akan berhenti apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat meningkat resiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.

Soft drinks

Soft drinks atau minuman ringan penuh dengan kandungan gula dan hampir tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya. Minuman ini dapat meningkatkan resiko obesitas dalam tubuh Anda jika Anda mengonsumsinya secara terus-menerus.

Saat ini ada begitu banyak makanan dan minuman dengan jenis seperti di atas yang beredar di pasaran. Oleh karena itu bijaklah dalam memilih makanan dan minuman yang tidak berpotensi membahayakan kesehatan Anda. Sekian Artikel dari kami.

 

 

1 comment:

  1. Good post, well written. Many thanks. I will be back soon to check out for updates. Cheers.

    poker online

    dewa poker

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.