Header Ads

“ PENELITIAN MAKANAN MENGGUNAKAN ZAT BERBAHAYA FORMALIN DAN LAIN – LAIN “

Nama anggota :
1.TIGRAN ASLAAM TAMPATI
2.ANDIN PUTRI MULYANA
3 AFIFAH AZ-ZAHRA
4.FARRA ANDINI  
5.SYFA MANISHA
6.PITDIANINGSIH
Kelas: X-PB2



MATERI ; " PENELITIAN MAKANAN MENGANDUNG ZAT ZAT BERBAHAYA"

Formalin  adalah senyawa organik yang terbentuk secara alami. Saat ini industri banyak mensintesis formalin dari metanol. Zat ini berupa gas yang berbau menyengat dan tidak berwarna.
A). Manfaat Formalin 
Formalin ini biasanya digunakan untuk mengawetkan bahan agar tidak mudah rusak. Tujuannya digunakan untuk industri seperti pengawetan triplek, kain, karpet, busa, obat pembersi lantai, dan lain-lain. Selain itu juga digunakan untuk mengawetkan mayat dan bangkai agar tidak cepat busuk. Sehingga banyak disalah gunakan. 
B). Bahaya Formalin dan Pengawet Jenis Karsiogenik Bagi Tubuh 
Apabila formalin masuk kedalam tubuh dalam porsi besar misalya termakan atau terminum secara langsung akan berdampak pada kematian. Sifat sifat kasinogenik pada formalin merupakan pemicu sel kanker. Dampak jangka panjang lainnya yaitu membuat DNA melaukan mutasi. 

Penggunaan Formalin Pada Makanan 
Pada makanan biasanya formalin ini isunya paling ramai digunakan untuk mengawetkan makanan berupa ikan, daging, ayam, tahu, mie, dan lain-lain agar tidak mudah busuk. Sehingga kemungkinan kita untuk mengkonsumsi makanan berformalin sangat besar. 
Cara Menghilangkan Kandungan Formalin pada Makanan 
Pertama buat larutan kunyit. 
Kemudian masukan kertas saring / tisu ke dalam larutan kunyit .
Setelah itu keringkan kertas.
Di sisi lain , panaskanlah air dengan potongan makanan yang ingin anda uji.
Setelah itu tetsi kertas sarng yang sudah anda keringkan tadi dengan air rebusan makanan. 


BORAKS – Boraks adalah senyawa kimia yang berbahaya untuk dikonsumsi, yang memiliki sebutan kimia natrium tetrabonat (NaB4O7 10H2O). Bisa ditemukan dalam bentuk padat, dan jika larut dalam air akan menjadi natrium hidroksida dan asam borat (H3BO3). Boraks atau asam borat umumnya digunakan untuk bahan pembuatan deterjen, bersifat antiseptik dan mengurangi kesadahan air. 
Bahaya dan efek samping boraks atau bleng bagi kesehatan 
Pada dosis penggunaan normal yang masih di bawah batas ambang maksimal, efek negatif racun boraks pada manusia masih hanya sebatas pada nafsu makan yang menurun, gangguan pada sistem pencernaan, gangguan sistem pernafasan. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat ringan, seperti mudah bingung, gejala anemia, dan kerontokan rambut. Namun bila dosis toksinboraks sudah melebihi ambang batas maksimal, maka akan dapat mengakibatkan dampak yang fatal bagi kesehatan, mulai dari muntah-muntah, gejala diare, gejala sesak nafas, gejala kram perut dan gejala lain seperti nyeri perut bagian atas (epigastrik), seperti mual, lemas, pendarahan gastroentritis yang disertai muntah darah yang diiringi sakit kepala hebat. Bayi dan anak kecil bisa meninggal dunia hanya dengan dosis toksin boraks dalam tubuh yang telah mencapai lebih dari 5 gramn. Sementara pada orang dewasa, bisa berujug kematian jika toksin boraks telah mencapai 10-20 gram.


Berikut tips mudah, agar kita bisa mengetahui seperti apa yang tidak 
mengandung boraks: 
-Ciri-ciri mie basah mengandung boraks: Teksturnya kenyal, sangat mengkilat, tidak lengket, dan tidak mudah  putus.
-Ciri bakso mengandung boraks: teksturnya sangat kenyal, warna tidak kecokelatan seperti penggunaan daging, dan lebih cenderung berwarna keputihan.
-Ciri-ciri jajanan, misalnya lontong yang mengandung boraks: teksturnya sangat kenyal, rasanya tajam, sangat gurih serta terasa getar dan getir pada lidah.
-Ciri-ciri kerupuk mengandung boraks: teksturnya renyah , juga bisa menimbulkan rasa getir atau getar pada lidah.





HASIL PENELITIAN TENATANG MAKANAN MENGANDUNG FORMALIN
BAHAN YANG DIPERLUKAN;
Bakso 
Kunyit 
Tisu atau kertas saring 
Air Panas 
CARA PENELITIAN ;
Pertama buat larutan kunyit. 
Kemudian masukan kertas saring / tisu ke dalam larutan kunyit .
Setelah itu keringkan kertas.
Di sisi lain , panaskanlah air dengan potongan makanan yang ingin anda uji.
Setelah itu tetEsi kertas sarng yang sudah anda keringkan tadi dengan air rebusan makanan. 










No comments

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.