Header Ads

BAHAYAKAH JUNK FOOD X FAST FOOD ??



JUNK FOOD X FAST FOOD
By X PM 2 
 
§  Tyas Adhiningsih
§  Nazella Aulia Rosa
§  Robil niswanto
§  Maulvi Nazir Ahmad
§  M. Raafi
§  Saiful Bahari
 
PENGERTIAN JUNK FOOD
       Junk Food Distilahkan dengan makanan sampah adalah makanan yang tidak sehat, yang memiliki hanya sedikit kandungan nutrisi (NIR NUTRISI), rendah serat, vitamin dan mineral tetapi memiliki kandungan gula, kalori, lemak, garam dan zat aditif yang tinggi. Makanan nirnutrisi mengandung jumlah lemak yang besar. Makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng dari McDonald's, KFC dan Pizza Hut sering dianggap sebagai makanan nirnutrisi. Bagi yang sedang menderita pirai atau memiliki kadar asam urat yang tinggi, disarankan untuk menghindari jenis-jenis makanan tersebut karena penyebab asam urat yang utama berasal dari makanan rendah nutrisi.
 
 
DAMPAK JUNK FOOD
            Meningkatkan Resiko Serangan Jantung
            Menyebabkan IQ anak rendah
            Menyebabkan Darah Tinggi
            Resiko Diabetes dan Obesitas
            Tubuh menjadi mudah terserang penyakit
 
CARA MENGURANGI JUNK FOOD

              Memilih Menu Nasi atau makan pokok yang bergizi
              Minumlah Air Putih atau Jus Buah
              Jangan Mengkonsumsi Kulit Ayam dan gorengan  ( makanan yang digoreng )
              Mintalah Tambahan Asupan Sayuran
              Pindahlah ke makanan yang dibakar atau di rebus
 
PENGERTIAN FAST FOOD
 
Fast Food atau dalam bahasa Indonesia diistilahkan dengan makanan cepat saji adalah makanan yang dapat disiapkan atau disajikan dengan cepat.Fast Food bukan dikategorikan makanan, namun merupakan teknik penyajian makanan. Makanan jenis apapun yang dapat disajikan/dilayankan dengan cepat dan praktis dapat disebut Fast Food (makanan siap saji). Tidak semua Fast Food adalah Junk Food, oleh karena itu tidak semua Fast Food buruk untuk kesehatan.
     
- contoh Fast Food : lotek, pecel, gado-gado
 
 
ZAT-ZAT YANG TERKANDUNG DALAM FAST FOOD
 
1) Mengandung Gula
        Kandungan gula bersembunyi di hampir setiap jenis makanan cepat saji, bahkan yang gurih sekalipun. Makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes dan obesitas, dan, lebih dari itu, jenis gula yang muncul paling sering di makanan cepat saji dan makanan olahan lainnya adalah fruktosa, yang dimetabolisme oleh hati langsung menjadi lemak, seperti alkohol.
 
2) Tidak Mengandung Bahan Real Food
        Ada puluhan bahan kimia dalam setiap item makanan cepat saji, dari bahan pengawet hingga bahan penambah rasa, tekstur, dan warna. Meski berbentuk makanan, namun karena kandungan-kandungan tersebut membuat tidak satupun dari mereka adalah makanan, sehingga mereka tidak menambahkan manfaat gizi apapun bagi tubuh kita, bahkan dapat memicu timbulnya kanker.
 
3) Mengandung Karbohidrat Sederhana
        Karbohidrat sederhana yang terkandung dalam roti, ayam goreng, dan jenis makanan cepat saji lainnya memiliki sifat yang cepat terurai menjadi gula, yang mengarah ke lonjakan cepat dalam gula darah dan insulin. Di sisi lain, biji-bijian dapat mencerna lebih lambat dan menyediakan energi berkelanjutan.
 
 
CARA MENGURANGI KONSUMSI FAST FOOD
 
1) Ketahui dampak buruk dan resiko penyakit  yang bisa ditimbulkan dari makanan fast food
2) Ketahui Kandungan Gizi yang Anda Makan
3) Bulatkan tekad untuk berhenti mengkonsumsi  fast food
4) Beralih ke makanan sehat dan bergizi
  
·      Perbedaan JUNK FOOD DAN FAST FOOD
 
Junk Food
Junk Food atau kadang di istilahkan dengan makanan sampah adalah makanan yang tidak sehat, yang memiliki hanya sedikit kandungan nutrisi, rendah serat, vitamin dan mineral tetapi memiliki kandungan gula, kalori, lemak dan garam yang tinggi.
 
Fast Food
 Fast Food bukanlah makanan tapi merupakan teknik penyajian suatu makanan kepada pelanggan, apakah cepat atau tidak, fast food ini sering kita jumpai di restoran-restoran, jadi belum tentu semua fast food itu tidak sehat seperti junk food. 

No comments

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.