Header Ads

BUNGA SAKURA DAN MANFAATNYA UNTUK KECANTIKAN

 


 

PENGERTIAN

Sakura (, ) bersama dengan bunga seruni adalah bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar akhir Maret hingga akhir Juni.

Sakura dapat terlihat di mana-mana di Jepang, diperlihatkan dalam beraneka ragam barang-barang konsumen, termasuk kimono, alat-alat tulis, dan peralatan dapur. Bagi orang Jepang, sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sakura juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal

 

 

 

 

 

 

CIRI CIRI FISIK BUNGA SAKURA


Mahkota

Pada umumnya, bunga sakura memiliki 5 helai mahkota per bunga. Namun, ada beberapa spesies yang helai mahkotanya lebih dari lima. Dan uniknya, penyebutan bunga tersebut pun ikut berubah tergantung berapa helai yang dimiliki.Untuk bunga yang memiliki 5 helai, masyarakat Jepang menyebutnya hitoe. Untuk spesies yang memiliki antara 6-10 helai mahkota disebut hanyae. Jika dalam satu bunga terdapat lebih dari 10 helai, maka ia disebut yae.

Sekilas, cherry blossom ini bentuknya mirip sekali dengan bunga prem. Namun yang membedakan mereka adalah kerekatan dari helai kelopaknya. Helai tersebut terpisah satu sama lain. Sedangkan bunga prem tidak.

 

Warna Bunga

Bila melihat foto atau wallpaper bunga sakura, kebanyakan menampilkan bunga sakura dengan warna pink. Hal tersebut membuat orang berpikir bahwa itulah ciri khasnya.

Padahal, tumbuhan ini memiliki rangkaian warna yang sangat beragam, seperti putih, pink cerah, pink gelap, hijau, dan kuning. Karena kebanyakan jenis cherry blossom berwarna pink, jadi banyak yang mengira tumbuhan ini hanya punya satu warna saja.

Berbicara soal warna, ada yang menarik dari tumbuhan yang masuk dalam kingdom plantae ini. Tak seperti jenis bunga lain yang warnanya ajeg dari awal sampai akhir, bunga sakura bisa berubah seiring mekarnya si mahkota bunga.

Semisal, kuncup cherry blossom berwarna putih bisa berubah menjadi pink gelap saat dia mekar. Begitu pun sebaliknya.

 

Daun

Lho, memang bunga cantik ini memiliki daun? Pertanyaan tersebut mungkin muncul di benak sebagian orang yang belum pernah melihatnya secara langsung.Tak heran, sebab di gambar-gambar yang memamerkan keindahan tanaman ini, kelihatannya pohon sakura hanya berisi bunga saja. Padahal aslinya ia juga memiliki daun.

Daun bunga sakura berwarna hijau, coklat tembaga, dan gabungan antara keduanya. Bentuknya terbilang cukup besar dengan ukuran yang melebihi bunganya.

Kemunculan daun di sebuah pohon sakura tergantung dari jenis pohon tersebut. Bila ia termasuk dalam jenis yang tumbuh di awal musim berseminya bunga sakura (sekitar Januari-Maret), maka daunnya takkan muncul sebelum semua mahkota dalam satu pohon mekar.

Hal tersebut menjadikan pohon tersebut terlihat seperti tak berdaun. Ia menjadi menarik karena terlihat homogen, dalam arti dalam satu pohon yang terlihat hanya bunga saja.

Sebaliknya, pada jenis yang tumbuh di akhir musim berseminya cherry blossom, daun-daunnya sudah muncul sebelum bunga-bunga pada pohon tersebut mekar sempurna. Sehingga pohon tersebut nampak heterogen.

 

Pohon

Sama seperti warna mahkotanya yang beraneka ragam, bentuk pohon cherry blossom pun bermacam-macam. Ada yang berbentuk triangular (segitiga), kolumnar (bunganya tumbuh menggerombol dan membentuk kolom), berbentuk huruf V, flat topped (bagian atas rata), dan weeping (merunduk).

 

Buah

Karena terlalu terpesona dengan keindahan bunganya, banyak yang tidak tahu nama dari buah phon sakura. Padahal nama buahnya sangat familiar, lho. Coba apa tebak?

Yap, jawabannya adalah buah ceri. Tapi, tak semua buah ceri dihasilkan oleh pohon sakura, lho. Jadi, seperti nama Inggrisnya yaitu cherry blossom, tanaman ini memang menghasilkan buah yang disebut dengan buah ceri. Tapi ceri dari sakura tidak enak dimakan.

Kondisi buahnya pun bisa dibilang tidak mengundang selera karena ukurannya kecil. Itupun tak semua jenis menghasilkan buah. Pohon-pohon cherry blossom yang ditanam di area publik rata-rata tidak memiliki buah.

 

MAANFAAT

Berikut manfaat bunga sakura untuk kecantikan:

1.       Antiinflamasi

Sebuah penelitian di Ghuangzhou yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science menyatakan bahwa ekstrak bunga sakura bersifat antiinflamasi atau antiperadangan.

 

2.       Mengurangi kemerahan pada kulit

Penelitian pada 40 relawan di pulau Jeju, Korea Selatan menghasilkan bahwa penggunaan produk yang memiliki kandungan bunga sakura sebanyak 2% mampu mengurangi kulit yang iritasi dan kemerahan. Bahkan kemerahan berkurang dalam waktu 24 jam dan ruam-ruam kulit akan benar-benar hilang dalam waktu 9 hari pemakaian.

3.       Mengurangi proses oksidasi pada kulit

Menurut penelitian yang dimuat Journal of Agriculture and food chemistry, ekstrak bunga sakura kaya akan caffeic acid dapat menghambat proses oksidasi kulit yaitu proses munculnya noda hitam di kulit

4.       Mengecilkan pori-pori

Menurut penelitian dari Oryza Fat Oil & Chemical Co.Ltd, ekstrak bunga sakura memiliki unsur antiglikasi yang bermanfaat merapatkan pori-pori kulit. Sehingga penggunaan rutin dapat menghasilkan pori-pori yang lebih halus dan tekstur kulit yang lebih kenyal.

5.       Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat bunga sakura untuk wajah yang pertama adalah dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Dilansir dari laman Formula Botanica, ekstrak bunga sakura rupanya mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bunga sakura memiliki kandungan caffeic acid yang ampuh mencegah oksidasi kulit berlebihan.

6.       Mencerahkan kulit

Antioksidan dalam bunga sakura mampu untuk membantu mencegah munculnya noda hitam di wajah. Selain itu, bunga sakura juga tentunya dapat mencegah timbulnya penuaan dini, karena radikal bebas merupakan salah satu faktor utama penyebab penuaan.

7.       Menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit

Manfaat bunga sakura yang kedua adalah menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit. Tak hanya mengandung antioksidan yang tinggi saja, ekstrak bunga sakura juga dilengkapi dengan fatty acid atau asam lemak. Berkat kandungan ini, bunga sakura dapat membantu memicu produksi kolagen pada kulit

8.       Mengatasi sun burn

Matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk kulit. Sinar UV pada matahari juga memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Sayangnya, paparan matahari yang berlebihan juga dapat berbahaya bagi kulit seperti menyebabkan sunburn atau bahkan dapat memicu kanker kulit.

Manfaat bunga sakura selanjutnya adalah dapat mengatasi sunburn. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi memerah dan iritasi. Ekstrak bunga sakura yang memiliki efek antiinflamasi dan juga dapat menenangkan kulit dapat membantu mengatasi sunburn.

 

JENIS DAN KLASIFIKASI BUNGA SAKURA

 


Beberapa jenis sakura:

 

1.       Edohigan

Edohigan adalah sakura yang mekar pada Hari Ekuinoks Musim Semi dan bunganya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serupa dengan edohigan adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk pohon sakura yang dilindungi. Miharutakizakura adalah salah satu jenis edohigan yang rantingnya menjuntai-juntai, sedangkan yaebenishidare dikenal daun bunganya yang banyak dan warnanya yang cerah.

2.       Hikanzakura

Hikanzakura atau disebut juga kanhizakura adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Kanhizakura banyak ditemukan tumbuh liar di Prefektur Okinawa. Bagi orang Okinawa, kata "sakura" sering berarti hikansakura. Pengumuman mekarnya bunga sakura di Okinawa biasanya berarti mekarnya hikanzakura. Di Okinawa, kuncup bunga hikanzakura mulai terbuka sekitar bulan Januari atau Februari. Di Pulau Honshu, hikanzakura banyak ditanam mulai dari wilayah Kanto sampai ke Kyushu dan biasanya mulai mekar sekitar bulan Februari atau Maret.

3.       Shidarezakura

4.       Fuyuzakura

Fuyuzakura (sakura musim dingin) adalah jenis pohon sakura yang bunganya mekar sekitar bulan November sampai akhir bulan Desember. Onishimachi di Prefektur Gunma adalah tempat melihat fuyuzakura yang terkenal.

 

CARA MENGGUNAKAN BUNGA SAKURA UNTUK WAJAH

Bunga yang berasal dari Jepang ini sebenarnya sering dijadikan sebagai bahan makanan. Sakura dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk pudding dan kue. Ada juga yang menjadikannya campuran salad. Selain itu, Anda juga bisa menemukan makanan seperti coklat, ice cream, hingga onigiri dengan rasa bunga sakura.

Bunga sakura masih sangat jarang ditemukan di Indonesia, tapi untuk menemukan berbagai macam produk perawatan wajah yang memiliki kandungan ekstrak sakura, tentunya tidak sulit. Ada banyak sekali merek skin care lokal maupun internasional yang mengeluarkan produk dengan ekstrak.

Jadi cara yang paling praktis untuk mendapatkan manfaat bunga sakura adalah tentu saja dengan menggunakan produk perawatan dengan kandungan ekstrak bunga sakura. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Jangan lupa untuk memastikan keamanan produk dengan cara memeriksa kandungan lainnya dalam produk.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat bunga sakura untuk kulit adalah dengan mengonsumsi teh sakura. Jenis teh yang satu ini memang belum umum di Indonesia, tapi jika berkunjung ke negara asal bunga ini, Jepang, teh sakura ini sudah umum untuk dikonsumsi. Teh sakura memiliki berbeda dengan teh biasa, yaitu memiliki sedikit rasa asin.

 

 TEMPAT- TEMPAT PILIHAN UNTUK MELIHAT SAKURA

Pada tahun 1990, Asosiasi Bunga Sakura Jepang (Japan Cherry Blossom Association) mengeluarkan daftar 100 tempat terpilih untuk melihat keindahan bunga Sakura.

 

·         Daerah Kanto:

Tokyo: Taman Ueno (Taito-ku), Taman Shinjuku-gyoen (Shinjuku-ku), Taman Sumida (Sumida-ku), Taman Koganei (kota Koganei), Taman Inogashira (kota Musashino)

·         Daerah Tokai:

Prefektur Gifu: Taman Usuzumi/Neodani (kota Motosu), Pinggir Sungai Shinsakai (kota Kakamigahara), Kamagatani (kota Ikeda)

·         Daerah Kansai:

Prefektur Osaka: Taman Istana Osaka (Osaka), The Mint Bureau (Osaka), Taman Expo '70 (kota Suita)

Prefektur Hyogo: Taman Istana Himeji (kota Himeji), Taman Akashi (Kota Akashi), Taman Shukugawa (Nishinomiya)

Prefektur Nara: Taman Nara (kota Nara), Pegunungan Yoshino (kota Yoshino), Taman Kooriyamajoshi (Yamato Kooriyama)

 

 

 

KEUNIKAN BUNGA SAKURA

Tanaman sakura berasal dari famili Roseceae dengan genus Prunus, sehingga masih satu jenis dengan tanaman aprikot, prem, dan persik. Dalam bahasa Inggris, sakura disebut sebagai cherry blossoms. Sementara di Jepang penamaannya berasal dari kata "saku" yang berarti "mekar". Akhiran "-ra" di belakangnya menandakan bentuk jamak.

Dilihat dari susunan daun mahkotanya, bunga sakura terbagi menjadi 3, yaitu bunga sakura berbunga tunggal dengan daun mahkota 1 lapis, bunga ganda dengan daun mahkota berlapis, dan bunga semi ganda. Sementara berdasarkan warna, ada bunga sakura yang berwarna putih, merah muda, kuning muda, bahkan hijau muda dan merah menyala. Warnanya berbeda-beda tergantung spesiesnya.

Pohon sakura hanya berbunga satu tahun sekali, oleh karena itu setiap tahun ketika sakura bermekaran akan menjadi fenomena yang ditunggu-tunggu di beberapa negara, seperti di Jepang dan Korea. Berwisata ke 2 negara ini di masa sakura mekar akan lebih mahal jika dibandingkan waktu lainnya.

Biasanya bunga sakura akan mekar saat musim semi ketika suhu udara mulai menghangat. Tepatnya sekitar akhir bulan Maret hingga awal bulan April.

Bunga sakura jenis someiyoshino biasanya akan memekarkan bunga-bunganya terlebih dahulu, kemudian daun-daunnya menyusul dan mulai tumbuh. Biasanya di lokasi yang sama akan ditumbuhi puluhan hingga ribuan pohon sakura jenis someiyoshino.

Semuanya akan mekar secara serentak, kemudian rontok perlahan-lahan di waktu yang bersamaan pula. Jenis sakura ini menghasilkan bunga yang hanya bertahan selama 7 sampai 10 hari. Periode ini dihitung dari mulai kuncup bunganya terbuka hingga akhirnya bunga rontok.

 

Nama : Hellen Damayanti

Kelas : X-PB2

60 comments:

  1. IH BAGUSS BANGETT SANGAT BERMANFAATTT

    ReplyDelete
  2. wahh kaa bermanfaat banget artikelnya

    ReplyDelete
  3. artikel nya bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  4. bagus banget artikel nya !!

    ReplyDelete
  5. Bagus banget sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. makasiii sangat bermanfaat !!

    ReplyDelete
  7. Wow bagus dan bermanfaat ..ternyata bunga sakura banyak artinya br tau setelah liat link ini..

    ReplyDelete
  8. wah, artikelnya bagus juga nih

    ReplyDelete
  9. Ternyata bermanfaat jugaaa yaa,good joob myfriend

    ReplyDelete
  10. Terimakasih, artikel ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. terimakasih, artikel yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. wihhh baguss banget makasii

    ReplyDelete
  13. Keren banget sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Keren banget sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. terimakasih, artikel yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Wah makasih ya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  17. this is so good article, thank uuu

    ReplyDelete
  18. Nicee,sangat membantu,penjelasan lengkap,bahasa cukup baik,terimakasih

    ReplyDelete
  19. Artikel nya sangat berfaedah:)

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat berkat artikel ini saya mengetahui manfaat bunga sakura👍

    ReplyDelete
  21. bagus sekali sangat membantu untuk mendapat informasi tentang bunga sakura

    ReplyDelete
  22. Makasii bgt artikelnya bikin menambah wawasan aku

    ReplyDelete
  23. ARTIKEL NYAA BAGUSS,BERMANFAAT BNGET ARTIKEL NYAA

    ReplyDelete
  24. Sangat bermanfaat sekali bund :)
    Thank you

    ReplyDelete
  25. Bagus bgt sangat menambah wawasan

    ReplyDelete
  26. Suka bgt gampang dimengerti dan juga bagus informasnya benar

    ReplyDelete
  27. Artikel yang bagus👍

    ReplyDelete
  28. Aku kira ga ada manfaatnya, ternyata ada, makasih
    Author, bermanfaat bangett nih

    ReplyDelete
  29. Wah bisa mempercantik muka ky

    ReplyDelete
  30. artikel yang menarik!

    ReplyDelete
  31. artikelnya bagus bangett

    ReplyDelete
  32. Keren banget artikelnya

    ReplyDelete
  33. naise kak, bermanfaat banget, thanks infonya kak , :*

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. This is so amazing!I like this❤

    ReplyDelete
  36. Thanks infonya, Sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  37. menambah wawasan, terimakasih

    ReplyDelete
  38. bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  39. ini sangat membantu bangettt, makasih yaa. artikel yang bagus

    ReplyDelete
  40. arikelnya bermafaat banget, keren juga!!

    ReplyDelete
  41. Artikelnya sangat menarik dan bermafaat

    ReplyDelete
  42. Kerennya banget artikelnya dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  43. Sangat berguna dan penyajian penjelasannya yang sangat lengkap.

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.