Header Ads

Dampak bioteknologi terhadap lingkungan dan manfaatnya

Dampak bioteknologi terhadap lingkungan dan manfaatnya

Apa itu bioteknologi ?

Bioteknologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tenatng pemahaman makhluk hidup seperti virus , kuman, bakteri, jamur kulit dan lain lain atau dari mahkluk hidup yang berupa jenis jenis enzim, alkohol, vitamin dalam prosesnya yang kemudian menghasilkan sebuah benda benda yang bermanfaaat daan jasaa yang menguntungkan banyak orang. 

Secara etimologi bioteknologi berasal dari tiga kata, yaitu bio yang berarti hidup, teknos yang berarti teknologi atau penerapan, dan logos yang berarti ilmu. Dengan begitu bioteknologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip atau aturan dalam biologi.

Secara sederhana, bioteknologi dapat diartikan sebagai pemanfaatan prinsip-prinsip serta rekayasa terhadap organisme, sistem, ataupun proses biologis untuk meningkatkan atau menghasilkan potensi suatu organisme serta untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Dampak adanya bioteknologi dapat di bagi menjadi 2 bagian, dampak yang bermanfaat dan dampak yang merugikan lingkungan. 

Istilah bioteknologi bukan hal baru dan sudah tentu lazim kita dengar. Penerapan cabang ilmu ini sangatlah dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia, karena bioteknologi dirancang dan dikembangkan untuk membantu serta mempermudah kehidupan manusia.

Macam-macam Jenis Bioteknologi 

·         Bioteknologi merah – Yaitu cabang ilmu yang mempelajari dan meneliti tentang aplikasi pada bidang medis, yaitu berupa pengobatan pada manusia. Misalnya Memanfaatkan organisme yang dapat menghasilkan obat serta vaksin yang didalamnnya telah digabungkan dengan sel induk untuk pengobatan regeneratif dan terapi gen untuk penderita penyakit keturunan dengan cara melenyapkan gen abnormal lalu segera menggantikannya dengan sel ge yang baik dan sehat.

 

·         Bioteknologi Biru – Yaitu cabang ilmu yang mempelajari akuatik atau cara mengendalikan proses yang terjadi padaa lingkungaan akuatik. misalnnya menjadikan ikan menjadi mempunyai sirip yang unik, membuat kondisi kerang dan cumi cumi menajdi selalu sehat dan kondisinya selaalu terkontrol dengan baik sebagai sumber panen dan sumber makanan yang tidak pernah habis. semua ini adalah karena kebaikan dari penggunaaan rekayasa genetika yang dapat membuat hewaan ternak menjadi lebih kuat terhadap serangan virus dan penyakit tertentu.

 

·         Bioteknologi Hijau – Yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang aplikasi pada sektor pertanian daan peternakan , contohnya: sektor pertanian keuntungaan yang dapat diambil adalah dapat menghasilkan tanaman yang tahan hama , kondisi nutrisi yang ada didalamnya semakin meningkat, dan mamapu memproduksi berbagai obat serta senyawa  yang berguna bagi hajat hidup orang banyak, Sektor peternakan keuntungan yang dapat diambil adalah hewan hewan ternak seperti sapi, kambing, ikan, ayam, burung, kelinci, babi dan lain lain yang dimanfaatkan sebagai bioteknologi dapat menghasilkan produksi yang lebih baik yang nantinya dapat digunakan manusia sebagai anti body-protein protektif yang sudah bisa dipastikan mampu membangun sel pada jaringan tubuh manusia menjadi lebih baik dan memnpunyai kemampuan mengenali sel sel kanker yang memasuki jaringan tubuh dan mampu melawannya.

 

·         Bioteknologi putih dan abu abu – Yaitu cabang ilmu yang mempelajari dan meneliti tentang aplikasi dalam pengolahan produksi benda pada sebuah industri. contohnya dipakai untuk memproduksi senyawa baru untuk pembuatan dan pengolahan sumber energi yang terbarukan (yang baru) yaitu dengan sedikit memanipulasi microorganisme seperti bakteri dan alkohol yang ada pada ragi untuk  pengolahan limbah industri.


 

Jenis Bioteknologi

bioteknologi dapat dibagi berdasarkan kompleksitasnya menjadi dua jenis, yaitu bioteknologi tradisional atau konvensional dan bioteknologi modern sebagai berikut:

1.      Bioteknologi Konvensional (Tradisional)

Pengertian bioteknologi konvensional atau bioteknologi tradisional yaitu suatu penerapan bioteknologi yang sudah digunakan sejak ilmu pengetahuan belum berkembang pesat, bioteknologi konvensional terbatas pada peran organisme melalui fermentasi dalam skala kecil dan proses pembuatannya masih sangat sederhana.

Ada beberapa contoh penerapan bioteknologi konvensional, dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemui dalam pembuatan makanan atau bahan pangan seperti tape, anggur, tauco, oncom, kecap, tempe, dan banyak lainnya.

Bioteknologi konvensional atau tradisional adalah bioteknologi yang memanfaatkan mikroba, proses biokimia, dan juga proses genetik alami baik berupa mutasi atau rekombinasi genetik. Prinsip bioteknologi ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu oleh umat manusia.

Adapun manfaat dari bioteknologi konvensional adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kandungan gizi dari produk pangan baik berupa makanan dan minuman.
  • Membantu proses peningkatan agrobisnis sebagai usaha untuk memproduksi bahan baku.
  • Menambah jumlah lapangan kerja dan meningkatkan penghasilan masyarakat.
  • Menggalakkan produk dari industri rumah tangga.

Penerapan bioteknologi konvesional telah merambah beberapa bidang kehidupan manusia seperti bidang pangan, pertanian, peternakan, dan juga kesehatan serta pengobatan.

2.      Bioteknologi Modern 

Pengertian bioteknologi modern meliputi sejumlah teknik yang melibatkan manipulasi gen, sel, dan jaringan hidup secara sengaja dengan cara yang dapat diprediksi dan dikendalikan. Tujuannya untuk mengubah organisme atau menghasilkan jaringan modern. Contoh bioteknologi modern seperti bayi tabung, produksi hormon pertumbuhan manusia, antibiotik, vaksin malaria, hormon BST, hewan transgenik, tanaman tahan hama, dan kalau Quipperian pernah dengar, yaitu domba Dolly.

Bioteknologi modern mulai mengalami perkembangan signifikan setelah struktur DNA ditemukan pada tahun 1950-an. Bioteknologi modern lebih dikenal sebagai jenis bioteknologi yang didasarkan pada rekayasa DNA atau manipulasi genetik dengan memanfaatkan biokimia dan mikroorganisme.

Rekayasa genetik atau genetic engineering adalah manipulasi gen secara langsung untuk suatu tujuan praktis. Salah satu teknik rekayasa genetik adalah DNA rekombian di mana suatu sel disisipkan gen tertentu dengan memanfaatkan teknik kloning atau juga disebut kultur jaringan.

Sebagai contoh adalah microarry DNA yang ditunjukkan pada titik-titik berwarna diartikan sebagai tingkat ekspresi relatif dari 2.400 gen manusia. Analisis microarry biasa dimanfaatkan untuk membandingkan ekspresi gen pada beberapa sampel yang berbeda seperti sampel jaringan normal dan sampel kanker.

Pengetahuan ini kemudian berkembang dan dimanfaatkan sebagai salah satu teknik untuk melakukan penelitian dalam bidang kanker dan penyakit-penyakit lainnya. Seiring perkembangannya, bioteknologi modern kemudian diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan.

Dampak Bioteknologi

1.      Dampak Positif

Meski memiliki dampak negatif, namun pada kenyataannya bioteknologi menghasilkan berbagai dampak positif bagi kehidupan manusia. Beberapa di antara dampak tersebut tealah disebutkan sebagai manfaat bioteknologi.

Berikut ini merupakan dampak positif dari bioteknologi, antara lain:

  • Menghasilkan produk makanan yang inovatif dengan memanfaatkan bantuan bakteri dan jamur. Proses ini biasanya dikenal sebagai fermentasi.
  • Membantu untuk meciptakan tanaman yang bersifat kebal terhadap hama yang sering menyerang tanaman sejenisnya. Dengan begitu kualitas tanaman yang dihasilkan lebih tinggi.
  • Menghasilkan penemuan baru dalam bidang medis seperti berbagai jenis obat-obatan dan vaksin yang menggunakan bantuan virus yang sudah dinonaktifkan.
  • Membantu proses perkembangbiakan pada makhluk hidup melalui berbagai cara dan biasanya individu yang dihasilkan mempunyai ketahanan yang lebih baik.

·         Membantu penguraian limbah, Contoh bioteknologi dalam penguraian limbah adalah upaya menangani masalah sampah yang ditempuh melalui rekayasa genetika untuk menghasilkan bakteri pendegradasi plastik.

·         Mengatasi penyakit secara alami, Misalnya dengan penggunaan jamur Beauveria bassiana sebagai pengendali serangga hama. Infeksi jamur ini menyebabkan penyakit white muscardine. Dengan sifat ini, jamur  Beauveria bassiana digunakan sebagai agen biologis untuk mengendalikan sejumlah hama seperti rayap, nyamuk, lalat, kutu daun dan kumbang.  

·         Menyediakan sumber energi  alternatif yang ramah lingkungan, Sumber energi  alternatif  dihasilkan bioteknologi antara lain adalah Bioetanol yang dibuat dari fermentasi karbohidrat yang dihasilkan oleh tanaman. Bahan baku bioetanol misalnya adalah tanaman tebu dan jangung.

 

2.      Dampak Negatif

Bioteknologi juga mempunyai dampak negatif bagi kehidupan. Hal ini sebenarnya wajar, khususnya pada beberapa jenis produk hasil penerapan bioteknologi.

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari bioteknologi, yaitu:

  • Memicu hilangnya plasma nutfah dalam hal ini makhluk hidup 'normal', karena yang diproduksi dan dibudidayakan hanya makhluk hidup unggul saja.
  • Menyebabkan alergi terhadap tubuh. Gen asing yang digunakan sebagai bahan untuk membuah makanan dan minuman, serta obat-obatan biasanya ada yang tidak bisa diterima oleh tubuh.
  • Mengakibatkan kerusakan pada ekosistem, karena kondisi normal lingkungan mengalami perubahan seperti keberadaan kapas Bt yang mengurangi populasi ulat dan kupu-kupu.
  • Mencemari lingkungan, karena air sisa produksi makanan bioteknologi seringkali dibiarkan tergenang begitu sajadalam waktu yang cukup lama.
  • Mengganggu aktivitas otak khususnya produk minuman yang mengandung alkohol seperti anggur, bir, air tape, dan wiski.

·         Berkurangnya keanekaragaman hayati. Meski bermanfaat, ada beberapa resiko bioteknologi ini, antara lain adalah resiko terjadinya kontaminasi gen yang berakibat berkurangnya keanekaragaman hayati. Gen dari tanaman atau hewan yang mengalami rekayasa genetika dapat masuk ke tanaman atau hewan di alam, melalui perkembangbiakan seksual, misalnya penyerbukan pada tanaman. Misalnya, kedelai yang dimodifikasi agar tahan pestisida (Roundup Ready soy) memiliki resiko melakukan perkawinan silang dengan kedelai alami. Ini akan berakibat pada hilangnya varietas alami akibat perkawinan silang. Padahal varietas alami memiliki keunggulan, meski tidak tahan pestisida, seperti rasa yang lebih enak atau lebih besar bijinya.

·         Menimbulkan pencemaran lingkungan, Penggunann bioteknologi yang tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan pencemaran, misalnya pembuangan limbah kecap dan tempe, yang langsung ke saluran air tanpa dikelola dengan baik.


 


Manfaat bioteknologi

bioteknologi adalah ilmu yang dirancang untuk menghasilkan banyak manfaat bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya bioteknologi, yaitu:

  • Menghasilkan antibiotik dengan memanfaatkan jamur melalui serangkaian proses.
  • Meningkatkan hasil produksi dalam bidang perkebunan, pertanian, serta perikanan khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan pangan.
  • Mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan mikroorganisme, misalnya bakteri dalam kegiatan daur ulang.
  • Menghasilkan vaksin dengan menggunakan bantuan virus.
  • Membuat pupuk yang terbuat dari bahan-bahan hayati dengan memanfaatkan mikroba untuk membantu proses penyerapan unsur hara.
  • Meningkatkan jumlah spesies dari tumbuhan melalui penerapan proses kultur jaringan.
  • Menghasilkan obat-obatan yang lebih efektif dan murah. Salah satu contohnya pembuatan hormon insulin dari isolasi gen Bekteri E. coli.
  • Menghasilkan antibiotik untuk membunuh penyakit yang berbahaya.
  • Mengurangi pencemaran lingkungan, beberapa bakteri yang dapat membantu daur ulang
  • Meningkatkan hasil produksi pertanian dari tanaman transgenik karena tanaman ini memiliki daya tahan tinggi terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim dan tidak mudah diserang oleh hama.
  • Kelebihan dan Kekurangan Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern
  • Kelebihan dan Kekurangan Bioteknologi Konvensional
  • Kelebihan/Manfaat Bioteknologi Konvensional
  • Meningkatkan nilai gizi dari produk makanan dan minuman.
  • Menciptakan sumber makanan baru, misalnya air kelapa menjadi nata de coco.
  • Dapat membuat makanan lebih tahan lama, misalnya asinan.
  • Biaya yang diperlukan lebih murah

 

Penanggulangan Bioteknologi

Adanya dampak negatif yang ditimbulkan oleh bioteknologi membuat manusia terus berusaha untuk melakukan berbagai cara mengatasi kondisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa diterapkan untuk mengatasi dampak buruk bioteknologi, yakni:

  • Menyediakan bak khusus sebagai penampungan dan penyaring untuk limbah dan air limbahnya, khususnya sisa dari proses pembuatan tempe. Bak tersebut juga dibiarkan tertutup agar baunya tidak tersebar kemana-mana.
  • Menyediakan bak pengumpul sebagai media untuk menampung air limbah yang sudah disaring pada bak penampungan sebelumnya.
  • Memproduksi bahan pangan tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Safira Azka Djalulia

X PB 2

 

100 comments:

  1. Waw bermanfaat sekali kak

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak udah sharing pengetahuan nya, semoga bermanfaat untuk kedepannya

    ReplyDelete
  3. Materinya mudah dipahami semangat terus

    ReplyDelete
  4. Ih keren ada gambarnya

    ReplyDelete
  5. mantep nihh artikelnya, bermanfaat banget, semoga ilmu nya juga bermanfaat yaa, semangat trus iraa

    ReplyDelete
  6. bermanfaat sekali artikel nya

    ReplyDelete
  7. Ih keren banget smp nangis gw liat nya saking bagus nya👍

    ReplyDelete
  8. Artikelnya menjelaskan dengan detail

    ReplyDelete
  9. waw sangat bermanfaat dunia akhirat

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat sekali artikel nya👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
  11. Nurul dari bojong gedeNovember 23, 2020 at 6:48 PM

    KEREN BANGET

    ReplyDelete
  12. Woah Membantu banget😉

    ReplyDelete
  13. bermanfaat bgt artikelnyaa

    ReplyDelete
  14. Bagus artikel nya 👏. Mantap!

    ReplyDelete
  15. 🙏🏼🙏🏼🙏🏼🙏🏼🙏🏼

    ReplyDelete
  16. 👏👏👏👏👏

    ReplyDelete
  17. Terimakasih tambahan ilmunya,artikelnya sangat membantu..

    ReplyDelete
  18. bagus bgt walaupun saya tidak paham

    ReplyDelete
  19. semangat terus iraa

    ReplyDelete
  20. luakwait kopi pw nya?November 24, 2020 at 10:52 AM

    artikel nya keren banget saya jadi terhura

    ReplyDelete
  21. sangat membantu materi tugas²nya👍🏽😁

    ReplyDelete
  22. ������������������������

    ReplyDelete
  23. Di bagian manfaat ada yg salah ya?
    Tapi bagus ko nambah pengetahuan tentang bioteknologi , terimakasih..

    ReplyDelete
  24. Artikelnya jelas&padat makasih tambahan ilmunya..

    ReplyDelete
  25. Mantap ka, lanjutkan

    ReplyDelete
  26. Singkat,jelas,padat dan mudah di mengerti( ͡° ͜ʖ ͡°)

    ReplyDelete
  27. WAHH SANGAD BERMANFAAT

    ReplyDelete
  28. Sangatt bermanfaat 👌

    ReplyDelete
  29. Ilmunya bermanfaat banget, terimakasih yaa

    ReplyDelete
  30. Artikelnya bagus dan informasi yang disampaikan bermanfaat

    ReplyDelete
  31. artikelnya bagus nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  32. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  33. Terimakasih ilmunya

    ReplyDelete
  34. Jadi tambah pinter nih

    ReplyDelete
  35. Thanks artikelnya bagus ra

    ReplyDelete
  36. Keren ra artikelnya, buat lagi dong

    ReplyDelete
  37. artikel yg bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  38. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat banget

    ReplyDelete
  39. penjabaran materinya cukup baik

    ReplyDelete
  40. Penjelasan yang dapat menambah pengetahuan

    ReplyDelete

  41. Thankyou sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  42. makasih atas info dan ilmunyaaaaaa

    ReplyDelete
  43. ta-ta-ti-tata-tidaaaaa🎶

    ReplyDelete
  44. cukup bagus siii artikelnya~

    ReplyDelete
  45. ⅞nicee����

    ReplyDelete
  46. Terimakasih artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  47. cara pembahasan materinya bagus🤩

    ReplyDelete
  48. ira syubuya freh milk dari tdc indonesiaaaaa🌈

    ReplyDelete
  49. Terimakasih artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  50. Thanks for the information

    ReplyDelete
  51. aseeekk calon anak SMA🦕

    ReplyDelete
  52. Keren artikelnya ya bund

    ReplyDelete
  53. Artikelnya bagus ra

    ReplyDelete
  54. PAK ARIEF KASIHH SAFIRA NILAI 100 YAAA......GANGAN LUPAAA

    ReplyDelete
  55. Sangat bermanfaat dan mudah di mengerti

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.