Header Ads

Eceng Gondok Menggangu Rawa

Dwi Bayu Setiadi

X AKL 2


Apakah di dekat rumah teman-teman ada sungai, danau, atau rawa-rawa? Atau mungkin kamu pernah melihatnya saat mengunjungi suatu tempat?

Jika beruntung, kita bisa melihat bunga teratai cantik mengapung di atasnya. Namun, tidak jarang juga kita justru melihat eceng gondok.

Eceng gondok adalah tanaman yang juga mengapung seperti teratai. Ia juga bisa kita temukan di sungai, danau, atau rawa-rawa.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Eichhornia crassipes ini punya sebutan yang berbeda di masing-masing daerah.

Banyak yang menganggap eceng gondok sebagai gulma yang bisa merusak lahan pertanian. Namun, ternyata tumbuhan ini juga punya manfaat.


Manfaat eceng gondok:

A.Untuk kesehatan

  

  1. Meredakan Sakit Maag

Maag merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar asam lambung yang sangat tinggi.Eceng gondok mengandung senyawa alami yang bisa menurunkan kadar asam lambung yang tinggi.

Untuk mengobati sakit maag, Anda hanya perlu merebus daun eceng gondok dengan air putih secukupnya.Air rebusan daun eceng gondok itulah yang dapat menetralkan asam lambung.


  2.Meredakan Gatal-Gatal

Tanaman ini dapat berperan sebagai anti-pruritus yang efektif meredakan rasa gatal berlebih pada kulit.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil 3-5 lembar daun eceng gondok. Kemudian, tumbuk daunnya hingga benar-benar halus. Jika sudah halus, oleskan daun eceng gondok ke kulit yang terasa gatal.


  3. Mengobati Sakit Gigi

Eceng gondok mengandung kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi. Tumbuhan ini juga mengandung sifat anti radang, antibakteri, dan anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit gigi akibat infeksi bakteri.Untuk mengobati sakit gigi, Anda bisa menggunakan air rebusan eceng gondok untuk berkumur dalam keadaan hangat.


  4. Membantu Menurunkan Berat Badan

eceng gondok dapat menjaga berat badan tetap ideal. Tumbuhan ini juga mengandung serat cukup tinggi.Air rebusan eceng gondok memiliki kemampuan melancarkan sistem pencernaan.Eceng gondok juga memiliki kandungan yang bersifat hipokolesterolemia yang mampu mengontrol kolesterol dalam darah.


  5. Mengatasi Jerawat dan Bisul

Daun eceng gondok dipercaya mampu mengatasi jerawat lantaran memiliki senyawa yang bersifat anti-radang.Caranya, Anda bisa menumbuk daun eceng gondok ke kulit yang terdapat jerawat atau bisul.


B.Untuk Lingkungan

  1.Mengatasi Polusi Air

Enceng gongok merupakan tumbuhan air yang tahan terhadap polutan-polutan penyebab polusi air, seperti timbal, merkuri, stronsium-90 dan beberapa unsur kimia yang mengandung karsinogenik. Sifat anti kimia yang ada di akar eceng gondok ini dapat dimanfaatkan untuk membersihkan air dari berbagai macam polutan.


C.Untuk Ekonomi

  1.Diolah Menjadi Makanan

Oleh msyarakat Jawa, enceng gondok juga dimanfaatkan daunnya untuk dimasak. Dalam bidang pengobatan, enceng gondok dapat menyembuhkan penyakit kulit karena mencegah peradangan.


  2.Kerajinan dari Eceng Gondok

Batang eceng gondok yang telah dikeringkan dapat diolah menjadi produk-produk kerajinan yang memiliki nilai jual, yaitu berupa tas, perabotan ruamh tangga, serta tali.


D.Untuk Pertanian

  1.Herbisida

Ekstrak dari daun eceng gondok juga dapat digunakan untuk herbisida alami dalam membasmi Mimosa pigra atau tumbuhan putri malu.


E.Untuk Solusi Sumber daya biogas


  1. Bioenergi

Enceng gondok dapat diolah menjadi bioenergi dalam bentuk biogas, yakni tiap hektar enceng gondok dapat menghasilkan 70.000 m3 biogas.

Beberapa peneliti menyatakan bahwa bioenergi hasil pengolahan eceng gondok memiliki unsur kimiawi yang sama dengan bahan bakar pada umumnya, bahkan hasilnya hampir menandingi metana murni.


Sekian mungkin penjelasan singkat,padat dan belum tentu jelas tentang eceng gondok.terima kasih telah membaca.




Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

1 comment:

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.