Header Ads

FAKTA - FAKTA MENARIK TENTANG JAHE DAN CARA MEMBUDIDAYAKANYA

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun, ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.Di Indonesia jahe memiliki berbagai nama daerah. Di Sumatra disebut halia (Aceh), beuing (Gayo), bahing (Karo), pege (Toba), sipode (Mandailing), lahia (Nias), sipodeh (Minangkabau), page (Lubu), dan jahi (Lampung). Di Jawa, jahe dikenal dengan jahe (Sunda), jae (Jawa), jhai (Madura), dan jae (Kangean) dll.

nama daerah jahe di berbagai wilayah di Indonesia menunjukkan penyebaran jahe meliputi seluruh wilayah Indonesia.Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperti Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia. Dalam sistematika tumbuhan, tanaman jahe termasuk dalam kingdom Plantae, Subkingdom Tracheobionta, Superdivisi: Spermatophyta, Divisi: Magnoliophyta/Pteridophyyta, Subdivisi: Angiospermae, Kelas: Liliopsida-Monocotyledoneae, Subkelass: Zingiberidae, Ordo: Zingiberales, Suku/Famili: Zingiberaceae, Genus: Zingiber P. Mill. Species: Zingiber officinale.

CARA MEMBUDIDAYAKAN ATAU MENANAM JAHE   

Cara menanam jahe  adalah memasukkan bibit yang telah bertunas ke media tanam. Jangan lupa agar tanah dan pupuk kandang telah dibiarkan seminggu. Masukkan bibit jahe ke setiap lubang tanam atau polybag, lalu tutup dengan tanah.Tanam setiap potongan jahe sedalam 5 hingga 10 cm di tanah yang gembur, dengan mata tunas berada di atas. Apabila ditanam secara berderet, berilah jarak di setiap potongan sejauh 20 sentimeter. Jika menggunakan pot, tanam setiap potongan dalam satu pot besar (dengan diameter sekitar 35 cm).Jangan tutup bibit terlalu rapat di bagian tunas agar bisa tumbuh dengan leluasa. Tunas akan tumbuh dalam waktu kurang lebih 2 minggu.Kemudian taburkan anti jamur (furadan) untuk mencegah tumbuhnya jamur pada tanaman.Siram juga dengan air, lalu pantau pertumbuhannya. Jika tunas tidak tumbuh ke permukaan tanah, kemungkinan terjadi pembusukan sehingga bibit harus diganti. Sebaiknya jahe ditanam setelah musim hujan dan memasuki musim kemarau. Sebab bibit jahe merah rentan busuk jika curah air tinggi.
         

KANDUNGAN DAN MANFAAT JAHE
        
Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

MANFAAT JAHE BAGI KESEHATAN:

1.Meringankan Nyeri Otot.
2.Meringankan Kram Saat Haid. 
3.Membantu Meringankan Rasa Sakit. 
4.Menenangkan Sistem Pencernaan. 
5.Mengurangi Mual Ringan. 
6.Mengatasi Peradangan. 
7.Menurunkan Gula Darah.
Dll

Maeza adi putra
X OTKP 1

28 comments:

  1. Bagus bngetttttt asliii

    ReplyDelete
  2. artikel yg baguss dan mudah di pahami

    ReplyDelete
  3. Penjelasanya mudah di mengerti

    ReplyDelete
  4. Mudah banget di pahami

    ReplyDelete
  5. Sangat mudah di pahami

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  7. Simpel n mudah d pahami.

    ReplyDelete
  8. mantap ejaaa artikelny singkat bermanfaat dan mudah di pahami,lanjutkan.

    ReplyDelete
  9. artikelnya sangat bermanfaat dan bahasanya mudah di pahami

    ReplyDelete
  10. Bagus sekali penjelasan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Bermanfaat, terimakasih artikelnya

    ReplyDelete
  12. Menarik , jadi ingin mencoba membudidayakannya

    ReplyDelete
  13. Abis baca artikel ini ,
    jadi pengen medang jahe,
    Tanggung jawab euyy
    bikinin medangnya.

    ReplyDelete
  14. Bermanfaat bgt dikasih info, terimakasih

    ReplyDelete
  15. Artikel yg bagus mantap

    ReplyDelete
  16. Makasih, bermanfaat artikel nya

    ReplyDelete
  17. artikel nya baguss, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.