Header Ads

JENIS DAN MANFAAT BELERANG

Belerang atau sulfur adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S dan nomor atom 16. Belerang merupakan unsur non-logam yang tidak berasa. Belerang, dalam bentuk aslinya, adalah sebuah zat padat kristalin kuning. Di alam, belerang dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral-mineral pada gunung berapisulfida dan sulfat. Belerang adalah unsur penting untuk kehidupan dan ditemukan dalam 2 asam amino. Salah satu contoh penggunaan umum belerang adalah dalam pupuk. Selain itu, belerang juga digunakan dalam bubuk mesiu, korek api, insektisida, dan fungisida.

Sifat Kimia dan Fisika Belerang

Belerang (sulfur) adalah unsur non-logam multivalen, berlimpah, tidak berasa dan tidak berbau,Dalam bentuk alami, belerang berbentuk kristal padat berwarna kuning,Meskipun belerang terkenal karena baunya yang mirip telur busuk, bau ini sebenarnya berasal dari gas hidrogen sulfida (H2S), bukan dari belerang murni,Belerang memiliki kristalografi kompleks. Tergantung pada kondisinya, alotrop belerang membentuk beberapa struktur kristal yang berbeda.Kehidupan di bumi mungkin terjadi karena kehadiran belerang yang berkontribusi pada pembentukan berbagai asam amino yang merupakan pembangun dasar kehidupan.
Belerang terjadi secara alami di dekat gunung berapi. Banyak mineral belerang (sulfida) yang dikenal seperti pirit, markasit, stibnit, galena, cinnabar, kalkopirit, 
bornit, penlandit, milerit, dan molibdenit.

Penggunaan Belerang

Turunan utama belerang adalah asam sulfat (H2SO4), yang merupakan salah satu elemen penting dalam berbagai industri.Belerang juga digunakan dalam baterai, deterjen, fungisida, pupuk, bubuk mesiu, korek api, dan kembang api,Aplikasi lain belerang antara lain digunakan untuk membuat beton tahan korosi yang memiliki kekuatan besar, untuk pelarut, serta digunakan dalam industri kimia dan farmasi.
Efek Kesehatan Belerang
Semua makhluk hidup membutuhkan belerang. Unsur ini terutama penting bagi manusia karena merupakan bagian dari asam amino metionin, sehingga mutlak diperlukan.Asam amino sistein juga mengandung belerang. Rata-rata setiap orang membutuhkan di sekitar 900 mg belerang per hari.Unsur belerang tidak beracun, tapi banyak turunan belerang sederhana, seperti sulfur dioksida (SO2) dan hidrogen sulfida bersifat racun.Belerang umum ditemukan di alam sebagai sulfida. Melalui berbagai proses, belerang bisa berikatan dengan unsur lain sehingga menghasilkan senyawa yang berbahaya bagi manusia dan hewan.Berbagai senyawa berbahaya ini mungkin menimbulkan bau menyengat dan sering beracun.Efek merugikan yang mungkin timbul antara lain memicu iritasi mata dan tenggorokan, kerusakan otak melalui gangguan fungsi hipotalamus, serta kerusakan sistem saraf,Tes juga menunjukkan bahwa bentuk-bentuk tertentu belerang (sulfur) dapat memicu kerusakan janin dan cacat bawaan

Adapun manfaat lainnya yaitu:                                                                                  1.Mengobati jerawat                                                                                                       2.Anti ketombe                                                                                                           3.Mengobati rosaceya                                                                                                 4.Mengatasi masalah pencernaan                                                                     5.Mengatasi alergi                                                                                               6.Penyakit alzheimer                                                                                           7.Pencegahan osteoporosis                                                                                     8.Mengatasi rambut rontok

Dan penjelasannya sebagai berikut:                                                                            

1. Mengobati jerawat
Manfaat belerang yang pertama adalah dapat mengobati jerawat. Cara kerja belerang dalam mengobati jerawat mirip dengan asam salisilat, dan benzoil peroksida yang biasa ditambahkan dalam obat jerawat. Tapi tidak seperti dua bahan tersebut, belerang lebih lembut untuk kulit kamu.Berdasarkan hasil penelitian, belerang ampuh dalam memerangi jerawat sedang, yang meradang dan jenis komedonal. Namun, tidak pada jerawat yang sudah parah atau tipe kistik yang bermasalah. Kamu bisa memilih obat jerawat  yang mengandung belerang dan resorsinol.Selain itu, belerang juga membantu menyerap minyak berlebih (sebum) yang dapat menyebabkan jerawat.
2. Anti ketombe
Belerang telah disetujui oleh organisasi pengawas makanan dan obat-obatan di Amerika sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam produk untuk mengatasi ketombe yang dapat dijual bebas.Penggunaan belerang sebagai anti ketombe kerap dikombinasikan dengan asam salisilat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sampo yang mengandung belerang dan asam salisilat bisa mengurangi ketombe.
3. Mengobati rosacea
Rosacea adalah sebuah gangguan kulit pada wajah yang ditandai kulit kemerahan dan bintik yang mirip seperti jerawat. Kondisi ini menyebabkan lapisan kulit menebal, dan pembuluh darah terlihat dan bengkak.Mengoleskan krim yang mengandung belerang ke wajah sekali selama 8 minggu dapat mengurangi rosacea. Ini juga dijelaskan dalam sebuah penelitian pada 2004, menurut penelitian tersebut, losion atau pembersih yang mengandung sulfur dapat membantu meningkatkan manfaat terapi topikal dan oral lainnya untuk rosacea.
4. Mengatasi masalah pencernaan
Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian, sulfur organik dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan. Sulfur membantu sel-sel dalam lapisan usus beregenerasi dengan cepat.Belerang juga mengurangi peradangan dan pembengkakan di usus dan kerongkongan, menenangkan GERD.
5. Mengatasi alergi
Suplemen MSM dapat membantu meringankan gejala alergi, menurut sebuah studi yang lebih tua yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine pada 2002. Menemukan bahwa mereka yang menggunakan suplemen MSM mengalami peningkatan signifikan dalam gejala alergi yang menyangkut pernapasan.
6. Penyakit alzheimer
Menurut sebuah hasil riset pada pasien dengan penyakit alzheimer awal, mereka sangat kekurangan sulfur, sedangkan pasien dengan stadium penyakit yang lebih lanjut hampir sepenuhnya kekurangan. Dalam laporan juga dijelaskan bahwa suplemen belerang berpotensi tidak hanya mencegah, tetapi juga memulihkan kondisi, asalkan alzheimer tidak berkembang ke tahap di mana telah banyak kerusakan terjadi pada otak.
7. Pencegah osteoporosis
Osteoporosis adalah permasalahan tulang yang sering dialami oleh orang lanjut usia, terutama pada wanita.Mengonsumsi sulfur organik membantu sel-sel dalam darah, tulang, dan sumsum menghasilkan dan meregenerasi jaringan sehat, untuk menghindari kerapuhan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.
8. Mengatasi rambut rontok
Apa kamu punya masalah rambut rontok? Kalau iya, kamu mesti mencoba menggunakan sulfur organik. Sebab sulfur organik adalah salah satu cara terbaik untuk membuat rambut kamu lebih kuat, lebih tebal, lebih berkilau, dan mengatasi rambut rontok. Belerang membantu mengatasi, sel-sel yang tidak sehat mulai memproduksi keratin, kolagen, dan pigmen, tiga hal yang sangat penting untuk kesehatan rambut. Siap-siap deh ucapkan selamat tinggal pada rambut rontokmu.Itulah berbagai manfaat belerang untuk kesehatan. Namun, bukan berarti kamu bisa menggunakan belerang sebagai obat utama, kamu tetap harus berhati-hati karena jika tidak cocok, belerang bisa membuat kamu gatal-gatal.

29 comments:

  1. Ntapss artikel nya kaks dayatss

    ReplyDelete
  2. terimakasih sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Artikel ini sangat membantu untuk kehidupan bermasyarakat. Terimakasih mas Dayat��

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu. Terimakasih Fyi nya

    ReplyDelete
  5. Artikel ini sangat mudah di pahami, bang dayat

    ReplyDelete
  6. Sangat membantu dan simple

    ReplyDelete
  7. Mantap yat terimakasih udah di ksh tau👍

    ReplyDelete
  8. Sangat sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Sangat membantu dan mudah dimengerti

    ReplyDelete
  10. Artikel nya sangat bagus...
    Dan mudah di mengerti

    ReplyDelete
  11. Artikel ini sangat membantu saya dan membiuat saya mengerti apa manfaat belerang

    ReplyDelete
  12. said...
    Artikel ini sangat bagus, sangat membantu pembaca, memberikan banyak manfaat dan dengan artikel ini saya jadi mengerti

    ReplyDelete
  13. Artikelnya bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Terimakasih artikelnya bermanfaat dan sangat membantu

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.