Header Ads

Pohon kelapa

POHON KELAPA

Pohon kelapa merupakan pohon yang menghasilkan buah berbentuk bulat dan terdapat semacam cairan dan daging buah di dalamnya yang membuat buah kelapa sering dikonsumsi oleh kita, entah itu sebagai bumbu masak ataupun pembuatan minuman es kelapa yang segar. Namun perlu diketahui bahwa satu pohon kelapa memiliki "seribu" manfaat di dalamnya, maka dari itu Anda jangan hanya memanfaatkan bagian buahnya saja, masih ada bagian lain yang berguna dari pohon ini.
Sederet Manfaat Pohon Kelapa

1.) Sebagai Bahan Bangunan
Akar dan batang pohon kelapa ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan material. Teknsturnya yang kokoh dan tahan lama mampu menggantikan peran kayu untuk bahan bangunan. Selain dijadikan bahan bangunan, batang pohon kelapa juga dimanfaatkan sebagai desain interior rumah seperti : lantai, dinding, langit-langit, pintu, jendela, meja dan lain-lain.

2.) Meredakan Gejala Demam
Akar pohon kelapa mengandung senyawa yang mampu menurunkan suhu tinggi bagi penderita demam. Kalian bisa membuat obat herbal dengan cara menumbuk beberapa pohon kelapa kering, lalu direbus menggunakan air panas. Air itulah yang nantinya akan diminum bagi penderita demam.

3.) Mengobati Penyakit Wasir dan Penyakit Pencernaan Lainnya
Selain dapat meredakan demam, akar pohon kelapa juga mengandung senyawa yang mampu meredakan gejala wasir/ambeien. Sementara itu, pada bagian daging buah kelapa terkandung senyawa yang bermanfaat menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare, disentri, maag, typus atau konstipasi.

4.) Menghasilkan Berbagai Kerajinan Tangan
Manfaat akar pohon kelapa tak sampai di situ saja, di tangan orang-orang kreatif sesuatu yang kurang dihargai bisa dirubah menjadi sebuah karya yang memiliki harga jual tinggi. Seperti halnya dengan kerajinan tangan yang dibuat dari akar contohnya sabut dan tempurung kelapa. Walaupun bagian tersebut dihargai dengan harga murah, namun setelah dirubah menjadi kerajinan, harganya bisa berkali lipat. Biasanya kerajinan yang dihasilkan seperti : gelang, kalung, boneka, kasur, keset, alat pencuci piring, tali, tas, dompet, sendok sayur, aneka souvenir, topi dan berbagai kerajinan rumah tangga lainnya. Dengan pemanfaatan pohon kelapa mampu meningkatkan sisi perekonomian masyarakat.

5.) Bahan Pembuatan Kulit Ketupat
Ketika merayakan hari-hari besar seperti hari Raya Idul Fitri, Idul Adha hingga hari perayaan agama lainnya, ketupat menjadi makanan utama di dalamnya. Namun perlu kalian ketahui bahwa daun ketupat tersebut dibuat dari susunan daun pohon kelapa muda yang masih berwarna hijau atau kuning. Penggunaan daun kelapa dinilai lebih awet dan memberikan aroma lebih kuat daripada daun pisang atau yang sejenisnya.

6.) Mengatasi Gejala Dehidrasi
Dehidrasi merupakan kondisi seseorang mengalami kekurangan cairan dalam tubuh dikarenakan asupan cairan yang keluar terlalu banyak dibandingkan dengan asupan cairan yang masuk. Walaupun terkesan sepele, namun penyakit ini termasuk penyakit berbahaya di dunia karena sudah merenggut sekitar 700.000 anak setiap tahunnya. Untuk itu penuhi asupan cairan dan bila perlu konsumsi air yang terdapat pada buah kelapa. Air pada buah kelapa mengandung ion dan elektrolit yang mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sehingga tubuh akan terhindar dari dehidrasi.

7.) Sebagai Bumbu Masakan (Penyedap Masakan)
Apa yang terjadi jika makanan tidak menggunakan tambahan santan di dalamnya ?? Pasti rasanya kurang sedap bukan ?? Oleh karena itu, bagian daging buah kelapa sering dimanfaatkan untuk membuat bumbu masakan seperti santan. Masakan yang menggunakan santan seperti : rendang, opor, kolak, pindang, soto ayam, kikil santan dan masakan lainnya selalu ditambahkan santan di dalamnya untuk menciptakan cita rasa berbeda.

8.) Menyehatkan Organ Jantung Dan Menghindarkan Diri Dari Penyakit Kardiovaskuler
Penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung dan stroke disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol jahat (lemaktak jenuh). Sementara pada minyak kelapa mengandung kolesterol baik (lemak jenuh) yang mampu membersihkan kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga resiko terkena penyakit jantung bisa dicegah sedini mungkin dengan rutin menggunakan minyak kelapa di setiap masakan.

 9.) Sebagai Pembuatan Arang
Di zaman sekarang orang-orang sudah banyak yang menggunakan kompor gas, tetapi kalian bisa meenemukan orang yang masih menggunaan kompor tungku bisa di lihat dari beberapa toko makanan. Mereka menganggap jika memasak di kompor tungku lebih menambah cita rasa daripada menggunakan kompor gas. Kompor tungku merupakan kompor tradisional yang memerlukan bahan seperti kayu dan arang untuk menciptakan api yang tahan lama. Ternyata bagian tempurung kelapa bisa dijadikan arang untuk memasak di kompor tungku. Tak hanya itu, tempurung kelapa dinilai lebih awet dan memberikan aroma sedap pada makanan darpada kayu bakar pada umumnya.
Kandungan Nutrisi Dalam Buah Kelapa Muda

Buah kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera. Secara umum, air buah ini mengandung 16 kalori dan 4,1 gram gula. Sedangkan daging yang terkandung di dalamnya mengandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 3.6 gram lemak, 10 gram gula, 257 gram kalium, dan 6 miligram vitamin C.
daging buah yang muda umumnya jauh lebih sedikit, teksturnya lebih halus dan lembut, dan rasanya pun tidak sekuat daging buah yang sudah tua. Jika kalian ingin memenuhi kebutuhan cairan, konsumsilah Cocos nucifera yang muda. Pasalnya, air yang terkandung pada kelapa muda jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang tua. Sayangnya, kandungan daging buah yang muda lebih sedikit dibanding yang tua. Hal ini karena lebih dari 95 persen isi kelapa muda adalah air.
Kandungan Nutrisi Dalam Buah Kelapa Tua

kandungan nutrisi dari air maupun daging buah yang sudah tua secara umum lebih tinggi dibanding dengan yang muda. Sebab, seiring berjalannya waktu di atas pohon, Cocos nucifera akan secara terus menerus mengalami kenaikan berat dan ukuran. Nah semakin tua umur buah, maka jumlah kandungan air dan dagingnya akan semakin lengkap dan maksimal.
Biasanya daging buah Cocos nucifera yang tua lebih tebal, bertekstur kasar karena mengandung banyak serat, serta memiki rasa yang lebih gurih. Daging buah yang tua juga mengandung 30% minyak nabati lebih banyak ketimbang yang muda. Jika kebutuhan Anda adalah untuk membuat santan, ada baiknya Anda menggunakan buah yang sudah tua karena biasanya daging buahnya sudah berlimpah.
Manfaat Kelapa Muda Dan Kelapa Tua Bagi Kesehatan
manfaat kesehatan yang terkandung di dalam buah ini tergantung pada jenis kebutuhan dan metabolisme tubuh. Itu sebabnya, penting untuk memahami kebutuhan tubuh terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi buah ini.

1. Memenuhi asupan cairan tubuh
Tak hanya enak dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas atau sedang berkeringat, air buah ini juga bisa dikonsumsi saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare. Manfaat kelapa yang ini bisa jadi alternatif menghidrasi tubuh selain dari air putih. 
Air Cocos nucifera juga bisa dijadikan sebagai minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi. Kandungan elektrolit dalam air buah dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, harus minum air buah ini yang masih muda dan minumlah dalam jumlah banyak.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa air buah kelapa dapat melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi, yang pada akhirnya membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium tinggi dan natrium rendah dalam airnya yang berperan penting untuk menciptakan manfaat satu ini.  Air buah ini juga dapat membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan penyerapan gula darah dalam tubuh. 

3. Obat kumur alami
Semua bagian buah ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya dijadikan minyak. Selain digunakan untuk memasak, minyak buah ini juga bisa dijadikan sebagai obat kumur alami. Penggunaan minyak kelapa sebagai obat kumur alami sebenarnya udah dikenal sejak bertahun-tahun lalu.
Studi melaporkan bahwa minyak buah ini hampir sama efektifnya dengan chlorhexidine, larutan antiseptik yang biasa terkandung dalam obat kumur. Tak hanya itu, minyak buah ini juga bisa membantu mengobati dan mencegah radang gusi (gingivitis).

4. Membakar lemak perut
Minyak buah ini juga dapat dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut, sehingga bisa membantu dalan penurunan berat badan. Lemak perut sendiri merupakan lemak paling berbahaya dan sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit kronis.
Dalam sebuah penelitian pada wanita yang mengalami obesitas perut, mengonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa selama 12 minggu diketahui dapat membantu menurunkan BMI dan lingkar pinggang secara drastis. Tak hanya pada wanita, manfaat satu ini juga dirasakan oleh pria.
Selain baik untuk yang sedang menjalani diet, minyak ini juga baik untuk kesehatan. Namun ingat, minyak ini tinggi kalori. Jadi, gunakanlah minyak ini secara bijak.

5. Mencegah batu ginjal
Memastikan tubuh mendapatkan cairan yang cukup setiap hari sangat baik untuk pencegahan batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa air Cocos nucifera mungkin bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk memenuhi asupan cairan sekaligus membantu Anda terhindar dari penyakit batu ginjal (kencing batu).
Dari penelitian diketahui bahwa air Cocos nucifera mampu mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Tak hanya itu, air kelapa juga mampu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.
Perbedaan Kelapa Muda Dan Kelapa Tua
Perbedaan antara kelapa muda dan kelapa tua ada di struktur buahnya. Jika air kelapa muda memiliki lebih banyak air, air kelapa tua cenderung lebih dominan di dagingnya. Air kelapa muda pun terasa lebih manis dibandingkan air kelapa tua yang lebih terasa hambar atau tawar.
Air Kelapa Memang Sehat, Tapi Bahaya Jika Diminum Terlalu Banyak
Memang, sih, air kelapa banyak manfaatnya, tapi kalau minum terlalu banyak justru jadi bumerang dan bahaya bagi kesehatan. Jadi, apa saja efek samping yang bisa timbul jika minum air kelapa terlalu banyak dan sering?
Efek samping minum air kelapa terlalu banyak
Air kelapa terdapat 10 kali lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga pada umumnya. Sebagai gambaran,  236 ml air kelapa bisa disetarakan dengan kalium pada satu buah pisang.
Apabila terlalu banyak minum air kelapa, kemungkinan besar terdapat efek samping yang menunggu, seperti hiperkalemia. Dampak minum air kelapa berlebihan sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengulas sebuah kasus yang berjudul Death by Coconut.
Studi kasus yang telah dipublikasikan di Circulation ini mengungkapkan minum air kelapa terlalu banyak bisa cukup fatal akibatnya. Pada penelitian, terdapat seorang pria sehat berusia 40 tahun diketahui tiba-tiba memiliki kadar kalium yang cukup tinggi setelah bermain badminton dilapangan dan mengonsumsi air kelapa. 
Tingginya kadar kalium tersebut membuat dirinya pingsan dan jantungnya berdetak secara tidak normal. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata setelah berolahraga di bawah teriknya sinar matahari, ia meminum sebanyak 8 gelas air kelapa sepanjang hari itu. Setiap gelas berukuran sekitar 325 mililiter, sehingga ia minum air kelapa saat itu sebanyak 2600 mililiter.
Tak lama ia minum air kelapa dan menyelesaikan olahraganya, ia jatuh pingsan. Ia pun dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya tidak cukup stabil karena badannya hangat, detak jantungnya tidak normal, dan tekanan darahnya pun cukup rendah.
Jumlah air kelapa yang pria itu minum per gelasnya mengandung 690 miligram kalium. Sehingga jika ditotal kalium yang masuk ke dalam tubuhnya pada saat itu adalah sekitar 5.520 miligram.  Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari kebutuhan harian kalium orang dewasa yang hanya perlu sebanyak 4700 mg per hari. Oleh karena itu, terlalu sering minum air kelapa tidaklah baik jika melebihi standar kebutuhan kalium harian.
Dampak jika kadar kalium terlalu banyak di dalam tubuh
Jika minum air kelapa terlalu banyak dan akhirnya memengaruhi kadar kalium dalam tubuh, maka akan mengalami beberapa gejala seperti:
-Sakit perut
-Napas yang terengah-engah
-Keringat dingin
-Merasa pusing tiba-tiba
-Mengalami tekanan dan nyeri pada dada dan lengan
Aturan minum air kelapa yang baik
Saat Paling Tepat Minum Air Kelapa Supaya Semua Manfaatnya Didapatkan, Bisa Menjadi Obat Anti Mabuk Juga
-Pagi hari saat perut kosong. Minum air kelapa hal pertama di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu dalam banyak hal
-Sebelum dan sesudah makan
-Sebelum tidur.

Nama : Nabila Cahyani
Kelas : X AKL 2

62 comments:

  1. Terimakasih penjelasannya,sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  2. Wow ini sangat bermanfaat untuk ku

    ReplyDelete
  3. Terimakasih penjelasannya

    ReplyDelete
  4. Menambah ilmu untuk saya👍👍

    ReplyDelete
  5. bagus nabb kelapa emng khasiatny banyakk

    ReplyDelete
  6. Woaah bagus bgt artikelnyaa

    ReplyDelete
  7. Singkat dan sangat berguna

    ReplyDelete
  8. Singkat dan mudah dimengerti

    ReplyDelete
  9. artikelnya beemanfaat

    ReplyDelete
  10. Terima kasih penjelasannya, singkat dan mudah untuk dimengerti

    ReplyDelete
  11. artikel bermanfaat dan mudah di mengerti sangat bagus

    ReplyDelete
  12. Terima kasih, bermanfaat sekali artikelnya

    ReplyDelete
  13. Artikel nya sangat mudah dimengerti dan bermanfaat, terima kasih

    ReplyDelete
  14. Sangat bagus dan bermanfaat sekali. Good job son!!.

    ReplyDelete
  15. wahh penjelasannya yang mudah dimengerti🤩

    ReplyDelete
  16. Artikel nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  19. Bagusdan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  20. Uwow bermanfaat sekali kaka

    ReplyDelete
  21. Penjelasannya menarik dan mudah dipahami.

    ReplyDelete
  22. Bagus penjelasannya

    ReplyDelete
  23. Penjelasanya lengkap...bagusss

    ReplyDelete
  24. bagus bgt dan mudah difahami isinya����

    ReplyDelete
  25. Masya Allah..sangat bermanfaat sekali semua dr bagian pohon klo buat manusia juga hewan

    ReplyDelete
  26. Artikel dan informasi yang menarik dan bermanfaat, thanks

    ReplyDelete
  27. Ini sgt bermanfaat terimakasihh

    ReplyDelete
  28. Bagus, menarik sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  29. Aku jd tahu tentang byk hal ini,makasih

    ReplyDelete
  30. artikelnya sangat bermanfaat dan mudah dimengerti

    ReplyDelete
  31. artikelnya mudah di mengerti haruto, bagusss

    ReplyDelete
  32. terimakasii saya suka artikel ini

    ReplyDelete
  33. bagus sekali penjelasannya

    ReplyDelete
  34. Wahh jadi tau deh apa aja manfaat kelapa.

    ReplyDelete
  35. Ohh ternyata pohon kelapa bisa dimanfaatkan ya semuanya

    ReplyDelete
  36. Lengkap dan sangat berguna

    ReplyDelete
  37. Terima kasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  38. artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  39. bagus dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  40. bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  41. Berguna sekali materi mudah di pahami dan dimengerti sangat bermanfaat sekali
    Terima kasih🥰

    ReplyDelete
  42. Artikelnya bagus, jelas dan padat.

    ReplyDelete
  43. Bagus, menarik sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  44. artikelnya menarik, terimakasih

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.