Header Ads

Manfaat Hewan Bagi Kesehatan Manusia



Tidak hanya tumbuhan saja yang memiliki banyak fungsi untuk kesehatan. Beberapa hewan juga dibutuhkan dalam bidang kesehatan. Pengetahuan pemanfaatan hewan untuk kesehatan merupakan warisan nenek moyang. Masyarakat zamah dahulu telah memanfaatkan hewan untuk mengatasi penyakit dan meningkatkan kesehatan sebelum adanya pengobatan medis. Beberapa hewan dipercaya dapat digunakan dalam obat-obatan tradisional. Walaupun menggelikan, hewan-hewan ini dibutuhkan dan sangat dicari karena memberikan khasiat. Obat tradisional perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hewan yang berkasiat obat harus dikembangkan agar semaksimal mungkin dapat dimanfaatkan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan manusia.

Berikut ini adalah beberapa hewan beserta manfaatnya untuk kesehatan manusia:

  1. Tokek

 

Tokek Rumah, Menginspirasi Para Ilmuwan - Greeners.Co

Tokek dipercaya dapat mengobati asma, penyakit kulit dan menambah stamina. Bahkan tokek sering dipakai dalam pengobatan tradisional china (Traditional Chinese Medicine/TCM). Uji ilmiah tentang kandungan zat dalam tubuh tokek pernah dilakukan oleh tim yang diketuai Profesor Wang dari Universitas Henan, China, daging tokek juga dapat menambah kekebalan tubuh yang juga membantu menghancurkan sel-sel tumor maupun kanker.

 

Biasanya daging binatang ini dikemas dalam bentuk pil, atau digoreng. Bahkan karena khasiatnya yang sangat penting, harga tokek dijual sampai miliaran.

 

  1. Cacing Tanah

 

Dianggap Menjijikkan, Ini Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan | Intens

Cacing tanah memiliki sekitar 76% protein serta nutrisi. Dari sekian banyak jenis cacing tanah, yang paling efektif digunakan untuk ramuan obat adalah rubellus. Cacing ini dikenal pula sebagai cacing Eropa . manfaat cacing tanah sangat banyak, diantaranya:

  1. Manfaat cacing tanah untuk menyembuhkan tipes
  2. Efektif mengatasi masalah diare
  3. Manfaat Cacing Tanah untuk Melancarkan Sirkulasi Darah
  4. Membantu Mengatasi Peradangan

Cara mengonsumsinya bisa di rebus dahulu lalu di buat bubuk cacing tanah dan di minum.

 

  1. Hiu

 

4 Alasan Luar Biasa Kenapa Hiu Sangat Penting bagi Kehidupan Kita

Senyawa kondroitin yang ditemukan di dalam tubuh hewan laut ini bisa merangsang pembentukan tulang rawan sekaligus mengatasi nyeri dan radang sendi. Dalam bentuk suplemen, senyawa ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk mencegah osteoarthritis.

 

  1. Undur-Undur

 

Undur-Undur, “Serangga Singa” Penyantap Semut - Greeners.Co

Menurut penelitian yang dilakukan beberapa ahli di Indonesia, undur-undur mempunyai kandungan zat yang berupa Sulfonylurea. Zat sulfonylurea bermanfaat untuk melancarkan sistem kerja pankreas dan memproduksi zat insulin, zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kekebalan.

 

Selain itu, undur-undur juga berkhasiat menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes, hipertensi, asma, asam urat.

 

  1. Paus

 

5 Fakta Mengejutkan Paus Pembunuh, Ternyata Gak Segarang Namanya!

Ikan paus memiliki minyak yang kaya akan manfaat bagi kesehatan diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Meningkatkan kepadatan tulang
  3. Menjaga otak berada pada kondisi sempurna
  4. Meningkatkan pembakaran lemak dari dalam tubuh
  5. Melindungi tubuh dari radikal bebas.

 

  1. Tarantula

 

Bisa Tarantula Sembuhkan Lemah Otot?

Protein yang ada pada bisa tarantula spesies Chilian rose berpotensi untuk mengatasi penyakit distrofi otot. Pada penderita penyakit ini, serabut ototnya mengalami kerusakan sehingga fungsi ototnya terganggu dan melemah secara progresif. Namun, secara spesifik protein dari tarantula ini akan membantu memperlambat proses pelemahan sel-sel ototnya.

 

Manfaat bisa tarantula ini ditemukan ilmuwan asal University of Buffalo, Frederick Sachs, PhD.

 

Itulah beberapa hewan dan manfaatnya bagi kesehatan manusia, semoga bermanfaat J

 

FIDA NUR AFIFAH

X PB 1

No comments

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.