Header Ads

Manfaat Tanaman Janda Bolong dan Fakta Unik Menarik Lainnya

Manfaat tanaman janda bolong tak hanya memiliki nilai ekonomis yang harganya terbilang mahal. Namun tumbuhan dengan bentuk daun berlubang ini juga memiliki sejumlah khasiat yang sebaiknya Anda tahu. Nama tumbuhan yang konotatif ini belakangan menjadi viral dan banyak menjadi buruan masyarakat. Tak hanya penggemar tanaman hias saja yang menyukainya, namun tak sedikit juga masyarakat awam yang mencarinya.

Popularitas janda bolong mengingatkan kita dengan gelombang cinta yang pernah begitu terkenal beberapa tahun sebelumnya. Bedanya, harga tanaman janda bolong bisa tembus hingga ratusan juta rupiah. Janda bolong merupakan jenis tanaman hias yang masuk dalam marga Monstera. Menurut Wikipedia, terdapat sekitar 45 spesies monstera yang termasuk dalam keluarga Araceae. Tumbuhan ini bukanlah asli Nusantara melainkan dari kawasan tropis Amerika.

Nama monstera mengacu pada bentuk daunnya yang abnormal alias tidak lumrah. Selain ukurannya yang besar, juga terdapat lubang alami yang tidak ada pada daun hijau lainnya. Jenis monstera yang sedang populer adalah Monstera adansonii variegated dan Monstera deliciosa. Tanaman ini juga terkenal dengan sebutan Swiss cheese plant atau five holes plant. Tak jelas kenapa tumbuhan ini kemudian lebih populer dengan sebutan janda bolong.

 

 

 

 

Manfaat Tanaman Janda Bolong yang Unik

Janda bolong termasuk jenis tanaman hias dengan tampilan bunga yang menarik. Tumbuhan ini juga merambat dengan ketinggian bisa mencapai 20 meter (66 kaki). Daunnya lebar dengan permukaan hijau mengkilap dan berlubang. Umumnya jenis tanaman hias lainnya kurang memberikan manfaat layaknya herbal. Apalagi penelitian tentang kandungan kimia dalam tanaman ini sulit ditemukan. Namun ada beberapa spesies monstera yang kabarnya beracun. Ada banyak keistimewaan yang terdapat pada tanaman hias ini. Berikut ini berbagai manfaat tanaman janda bolong maupun fakta uniknya lainnya.

 

1.   Meredakan Stres

Aktivis bercocok tanam maupun merawat tanaman bukan hanya untuk menyalurkan hobi. Aktivitas ini juga bisa untuk meredakan stres. Terlebih jika Anda harus lebih sering berada di rumah akibat pandemi Corona. Inilah manfaat tanaman janda bolong yang bisa Anda dapatkan. Apalagi memelihara tanaman, khususnya tanaman hias membutuhkan ketekunan dan ketelatenan. Keasyikan inilah yang bisa meredakan ketegangan otak. Sambil menyalurkan hobi, Anda juga bisa menikmati keindahan daunnya yang unik. Bahkan tak sedikit penghobi tanaman ini yang melakukan menyilangan untuk mendapatkan pola variegasi tertentu.

2.    Pola Variegasi

Keunikan tanaman ini bukan hanya pada lubang yang terdapat pada daunnya, namun juga pada bercak warnanya. Janda bolong akan semakin mahal karena adanya variegasi atau bercak atau zona warna putih atau kuning pada daunnya. Variegasi akan semakin eksotik jika semburat warna putih atau kuning pada daunnya membentuk pola tertentu. Di luar negeri, harga tanaman dengan pola variegasi tertentu bisa mencapai ribuan dolar.

 

3.   Menyegarkan Udara

Umumnya tanaman akan mengeluarkan oksigen saat pagi hari. Namun berbeda dengan tumbuhan berlubang ini. Bahkan manfaat tanaman janda bolong mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas udara sekitarnya. Selain menyerap udara kotor dari polusi, tumbuhan tanaman unik ini juga mampu menyerap udara yang mengandung zat kimia berbahaya. Adanya tanaman ini akan membuat udara sekitar menjadi lebih bersih dan segar. Karena itu sangat baik tanaman ini menjadi penghias pada kawasan yang kotor udaranya. Seperti rumah yang dekat jalan raya, hunian sekitar pabrik, maupun untuk tanaman hias pada kawasan hijau perkotaan.

 

4.   Peneduh Alami

Tanaman hias monstera, baik jenis Monstera adansonii maupun deliciosa, merupakan jenis tanaman yang merambat. Pada habitat aslinya, kita perlu membuat tanaman lain, bambu, atau rangka agar janda bolong bisa merambat. Dengan bentuk daunnya yang lebar dan pertumbuhannya yang merambat, manfaat tanaman janda bolong juga bisa sebagai peneduh alami. Namun sebaiknya hindarkan paparan sinar matahari langsung pada tumbuhan ini agar perkembangannya optimal.

 

5.   Popularitasnya Universal

Saat tanaman gelombang cinta populer dan menjadi buruan banyak orang, harga jualnya bisa mencapai belasan atau puluhan juta rupiah. Namun tanaman itu populer hanya di Indonesia dan tidak pada negara lain. Hal ini berbeda dengan tanaman monstera. Mahalnya harga tanaman janda bolong tak hanya di Indonesia namun juga pada banyak negara lainnya. Keunikan monstera di luar negeri bisa berharga hingga ribuan dolar, tergantung pola variegasi-nya

 

6.   Mudah Perawatannya

Mahalnya harga sebuah tanaman biasanya karena kelangkaan maupun sulitnya dalam memelihara. Namun hal itu ternyata tidak kita temukan pada tumbuhan Monstera ini. Lantas apa yang membuat harga tanaman ini begitu selangit? Inilah manfaat tanaman janda bolong karena perawatannya yang tidak sulit. Yang penting hindarkan tanaman ini dari paparan langsung sinar matahari. Jika monstera terlalu banyak terkena matahari, maka daunnya akan segera menguning. Selain itu dalam merawat tanaman ini kita tak harus selalu menyiramnya. Sebab, janda bolong tidak membutuhkan banyak air. Menyiram hanya perlu saat tanah dalam pot terlihat kering. Tumbuhan ini juga tidak gampang layu, bahkan cukup tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Tanaman hias ini juga cocok dengan iklim tropis seperti Indonesia sehingga tidak merepotkan dalam perawatannya.

 

 

Sent from Mail for Windows 10

 

No comments

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.