Header Ads

Pendidikan Matematika

Pendidikan Matematika

 

 


 

 

Matematika merupakan salah satu pengetahuan manusia yang paling bermanfaat dalam kehidupan. Hampir setiap bagian dari hidup kita mengandung matematika sehingga anak-anak membutuhkan pengalaman yang tepat untuk bisa menghargai kenyataan bahwa matematika adalah penting untuk masa depan mereka. Oleh karena itu model pembelajaran matematika yang baik harus lah bisa membentuk logika berfikir bukan sekedar pandai berhitung. Karena berhitung dapat dilakukan dengan alat bantu seperti kalkulator, komputer, dll. Namun dalam menyelesaikan masalah perlu logika berfikir dan analisis.

 

Matematika sendiri pada dasarnya mengajarkan logika berfikir berdasarkan akal dan nalar. Namun, sifat umum matematika itu abstrak dan tidak nyata karena terdiri atas simbol-simbol. Sehingga secara natural model pembelajaran matematika yang baik adalah secara nyata dengan melihat, merasakan, dan melakukan dengan tangan para siswa. Atau secara konsep bisa diajarkan dengan cara dilihat, dipegang dan dimainkan, digambar, diucapkan, lalu ditulis.

 

Model pembelajaran matematika sebaiknya dimulai dengan mengangkat situasi dari kehidupan sehari hari yang kemudian disederhanakan dalam bentuk soal cerita. Kemudian para siswa diminta memodelkan dengan model mainan (bisa berupa balok, stik es krim, dll) atau model gambar sebelum akhirnya membuat kalimat matematika. Proses ini harus dilakukan dalam dua arah sehingga hasilnya akan optimal.

 

 

 


 

 

Diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran matematika yang baik seperti konsep diatas tadi, siswa menjadi pandai menyelesaikan permasalahan (menjadi problem solver) dimana tujuan ini dapat tercapai bila prinsip pembelajaran matematika diterapkan secara 2 arah sehingga siswa dapat benar-benar menguasai konsep-konsep matematika dengan baik. Selain itu, siswa diharapkan pandai dalam berhitung dan mampu melakukan perhitungan dengan benar dan tepat (karena cepat bukan tujuan utama dari model pembelajaran matematika ini.

 

Pendidikan juga merupakan sarana terpenuhinya proses belajar mengajar. Tanpa pendidikan kita tidak mampu mengembangkan fitrahnya sebagai insanpedagogik yang perlu didik dan mendidik. Namun, suatu pendidikan akan mempunyai mutu yang tinggi apabila guru mempunyai mutu yang tinggi pula,sedangkan mutu guru sangat ditentukan oleh pemahamannya tentang metode yangditerapkan dalam pembelajaran materi matematika.Pengembangan pendidikan matematika merupakan suatu proses penyusunan pendidikan matematika itu sendiri. Proses ini dimulai dari pengembangan kebijakan pendidikan matematika, prinsip-prinsip pengembangan, pendekatan dan model pengembangan pendidikan serta pengaturan pelaksanaan pendidikan matematika. Dalam pembahasan ini,hanya akan membahas mengenai prinsip,pendekatan, dan model pengembangan pendidikan matematika.

 

Bersamaan dengan prinsip dan pendekatan, pendidikan matematika juga memiliki model pengembangan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Model pengembangan pendidikan matematika yang berlaku di Indonesia bersifat desentralisasi yang dikembangkan dari bawah yaitu dari pihak guru atau sekolah. Guru atau sekolah dapat menilai model pengembangan pendidikan matematika mana didasarkan pada pertimbangan bahwa guru adalah Perencana maupun pelaksana daripada pendidikan matematika tersebut serta guru atau sekolah yang dekat dan mengetahui kebutuhan proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Naailah Aaqilah D

XI PERBANKAN SYARIAH

 

100 comments:

  1. Makasih ya, bagus dan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  2. Mudah banget dipahami materinya, terimakasih kak

    ReplyDelete
  3. waah terimakasih ini informatif bgt!

    ReplyDelete
  4. Bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  5. avv baguss bgt mudah dimengerti

    ReplyDelete
  6. materinya bagus mudah di mengerti

    ReplyDelete
  7. Penyampaian yang jelas sehingga tidak membingungkan -08/08

    ReplyDelete
  8. bagus bgt, sangat membantu.. mantapss

    ReplyDelete
  9. Sangat bagus...matematika ada disiplin ilmu yang dapat diterapkan dikehidupan...semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Ih... Bermanfaat banget kakkk... Terima kasih yaaaa

    ReplyDelete
  11. sangatt menarik informasi nya

    ReplyDelete
  12. informasi yang bagus

    ReplyDelete
  13. wahh sangat membantu kalau ada tugas ka

    ReplyDelete
  14. informasi yang menarik

    ReplyDelete
  15. sangat ringkas dan menarik

    ReplyDelete
  16. sangat informatif dan menarik

    ReplyDelete
  17. bahasa yang bagus tidak bertele-tele

    ReplyDelete
  18. artikel yang membantu

    ReplyDelete
  19. terima kasih info nya

    ReplyDelete
  20. pembahasan yang singkat dan menarik

    ReplyDelete
  21. semoga bisa membantu yang blom tau tentang ini ya,terima kasih

    ReplyDelete
  22. terimakasih info yang bermanfaat

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.