Header Ads

SAFFRON YANG MEMILIKI BANYAK MANFAAT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Saffron adalah rempah berbentuk benang halus dan tipis berwarna merah yang berasal dari bunga Crocus sativus, Bunga ini banyak tumbuh di kawasan Timur Tengah. Saffron Ini adalah salah satu rempah termahal di dunia karena cara penanaman dan pemanenannya yang rumit, serta membutuhkan teknik khusus. Selain itu, dibutuhkan 150 bunga untuk memproduksi 1 gram benang saffron.


Saffron memiliki rasa yang lembut dan kaya aroma yang kaya sehingga sering disertakan dalam masakan-masakan mewah. Tidak hanya dikenal sebagai bumbu dengan kualitas rasa yang luar biasa, saffron ternyata juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.


Manfaat Saffron Untuk Kesehatan



1. Membantu pengobatan kanker

Sebuah penelitian di laboratorium menyatakan bahwa saffron dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Selain itu, komponen antioksidan dalam saffron yang bernama crocin dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. Walaupun hasil penelitian ini menjanjikan, efek antikanker dari saffron masih perlu diteliti lebih lanjut dan dibuktikan secara klinis pada manusia.


2. Mencegah diabetes

Penelitian yang dipublikasikan oleh Sciencedirect menyebutkan bahwa saffron dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes    


3.  Menurunkan Kadar Lemak Darah

Konsumsi saffron cenderung dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan hal tersebut namun banyak ahli kesehatan yang menambahkan bahwa manfaat saffron juga salah satunya adalah meningkatkan konsentrasi kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).


4. Membantu meringankan penyakit Alzheimer

Pada sebuah studi terhadap penderita penyakit Alzheimer, konsumsi saffron sebanyak 15 mg sebanyak dua kali sehari dapat meningkatkan fungsi kognitif yang cukup signifikan.


5. Kaya akan antioksidan

Saffron punya banyak khasiat untuk kesehatan berkat kandungan anti-oksidannya yang tinggi. Dilansir dari Medical Nesw Today Medical, sebuah riset pada tahun 2015 menyebut jika saffron mengandung antioksidan aktif seperti crocinpicrocrocinkaempferol, dan crocetin.

Antioksidan yang tinggi ini mampu membentengi tubuh dari berbagai radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu berbagai masalah kesehatan    


6. Mencegah Stres

Manfaat saffron berikutnya adalah mencegah stres dan depresi. Berbagai suplemen yang mengandung saffron diberikan sebagai pengobatan depresi ringan hingga sedang. Namun, karena bahannya juga natural,  efek samping dari saffron juga cenderung minimal. Selain itu, manfaat saffron adalah sebagai neuroproteksi (perlindungan pada saraf).


7 . Meringankan Nyeri Haid dan Gejala PMS

Saffron juga memiliki fungsi meredakan efek nyeri dan emosional akibat dari premenstrual syndrome (PMS) menjadi lebih ringan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal obstetrics and gynaecology menerangkan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi saffron lebih minim merasakan gejolak emosional dan nyeri fisik saat menstruasi.


8. Menurunkan nafsu makan dan mengurangi berat badan

Sebuah penelitian terhadap sekelompok wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen saffron selama 8 minggu mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi suplemen saffron.

Selain dapat membantu penurunan berat badan, saffron juga diketahui dapat menurunkan lingkar perut dan massa lemak total pada pasien dengan penyakit jantung koroner.


Manfaat Saffron Untuk Kecantikan


1. Mencegah Jerawat

Saffron memiliki fugsi anti-bakteri dan anti peradangan sehingga baik jika untuk mencegah jerawat yang timbul pada wajah. Disarankan juga untuk menggunakan saffron yang dicampurkan dengan bahan yang alami untuk mencegah peradangan jerawat yang lebih parah.


2. Mengatasi Kulit Kering

Bila dicampurkan dengan susu bubuk, bunga saffron memiliki fungsi mengatasi kulit kering dan kusam. Sifatnya yang melembabkan bisa membuat kulit Anda yang semula kering dan kusam menjadi lebih lembab dan bercahaya. Untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan kedua bahan ini menjadi masker wajah.


3. Melembabkan Kulit

Bunga saffron memiliki manfaat alami untuk melembabkan kulit dengan cara menjadikannya toner atau face mist. Bila dicampur dengan air mawar, manfat saffron bisa berubah membantu dan meratakan tekstur kulit wajah selain daripada memberikan kelembaban alami pada kulit.


4. Mengatasi Lingkar Mata Hitam

Saffron memiliki fungsi menghilangkan kulit kusam dan mencerahkan kulit serta mampu mengeksfoliasi kulit sehingga membuat kulit di sekitar mata menjadi lebih cerah alami.


5. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, manfaat saffron berikutnya adalah memperlambat hingga mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Radikal bebas terlalu banyak di dalam kulit, akan terjadi proses penuaan dini di kulit dengan cara mengurangi produksi kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit dan memicu peradangan. Di sinilah, antioksidan dalam saffron dibutuhkan yaitu dengan mencegah aktivitas oksidatif sel dan meregenerasi vitamin E agar kulit dapat meningkatkan produksi kolagennya.


6. Mencerahkan Kulit

Manfaat safron yang utama untuk kulit adalah mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan saffron memiliki senyawa bernama crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Selain itu, saffron juga dapat melancarkan peredaran darah dan menghidrasi kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga bisa mencampurkan bunga safron, susu, dan kayu cendana


Berikut adalah cara mengkonsumsi saffron :

• Cara termudah untuk mendapatkan manfaat saffron adalah dengan membuatnya jadi teh saffron. Cukup rendam beberapa  saffron  ke dalam air panas.

• Selain minuman, saffron juga bisa ditambahkan ke berbagai menu makanan.
Seperti risotto dan berbagai olahan dengan nasi lainnya.

Untuk menjaga kualitas saffron, sebaiknya simpan di dalam wadah yang kedap udara dan taruh ke tempat yang gelap. Jika disimpan dalam kulkas saffron bisa bertahan selama 1 tahun.



Nama : Nailah Azzahra

Kelas  : X OTKP 2




No comments

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.