Header Ads

Atasi Mimisan dengan Bahan Alternatif Ini

Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan yang terjadi di hidung. Biasanya karena kondisi udara yang kering dan kebiasaan mengorek hidung. Kedua hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah halus di dalam hidung pecah, sehingga terjadi perdarahan. Meskipun hampir kebanyakan orang pernah mengalami mimisan, namun jika tidak disertai dengan gejala lain, mimisan bukan kondisi yang membahayakan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mimisan, seperti menghindari membersihkan hidung terlalu dalam dan bersin yang terlalu keras. Ketika mengalami mimisan, sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Ada beberapa langkah penanganan awal untuk kondisi mimisan, seperti duduk tegak, condongkan tubuh ke depan, dan kompres pangkal hidung dengan kompres dingin untuk menghentikan perdarahan. Selain itu, dapat menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi dan juga mencegah mimisan.


Berikut beberapa bahan alami yang digunakan untuk mengatasi mimisan.

1.        Es Batu

Menggunakan es batu sebagai alat kompres untuk menghentikan perdarahan dan mencegah mimisan terjadi secara berulang. Balut es batu dengan kain lembut kemudian tempelkan alat kompres pada pangkal sisi hidung yang mengalami mimisan.

2.        Makanan Tinggi Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang dapat larut dalam air. Kekurangan vitamin B12 dalam tubuh dapat meningkatkan risiko mimisan karena dapat meningkatkan kadar homosistein dalam darah. Kondisi ini dapat merusak dinding pembuluh darah dan membuat pembuluh darah rentan pecah. Penuhi kebutuhan vitamin B12 dengan mengonsumsi beberapa makanan, seperti hati, telur, daging sapi, dada ayam, yoghurt, oatmeal, dan susu.

3.        Air Putih

Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap harinya. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi. Banyak dampak dari dehidrasi, salah satunya adalah keringnya selaput lendir pada hidung yang dapat meningkatkan risiko seseorang alami mimisan. Maka minimalnya dalam sehari membutuhkan 8 gelas air putih.

4.        Daun sirih

Dalam beberapa penelitian, disebutkan bahwa daun sirih memiliki kemampuan untuk membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka, salah satunya mimisan. Pada daun sirih, terdapat kandungan seperti tannin dan berbagai zat lainnya yang dapat mempercepat proses pembekuan darah, sehingga perdarahan pada hidung akan berhenti dalam waktu yang cepat.


5.        Vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa berdampak pada kekuatan pembuluh darah kapiler, yaitu pembuluh darah yang berukuran paling kecil di dalam tubuh. Nah, pembuluh kapiler ini juga terdapat di dinding hidung, dan mimisan biasanya terjadi akibat kerusakan pada pembuluh darah tersebut. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin C yang cukup berpotensi membantu memperkuat pembuluh darah yang rusak di dalam hidung kita.

Dhea Aulia Puspitasari_X AKL 2

31 comments:

  1. terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka profilenya kurang jelas, bisa langsung ketemuan aja gx?

      Delete
    2. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

      Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

      Delete
  2. bagus, kren, kece����

    ReplyDelete
  3. artikelnya sangat membantu, arigatou sawadikap

    ReplyDelete
  4. hari ini nichol ultah teman" mrie ucapkan hepi weding

    ReplyDelete
  5. Maaf...hanya anggota blogger ini saja yang bisa komentar

    ReplyDelete
  6. inisial a belakangnya ra ava kosong, ai hep crush on yu<3

    ReplyDelete
  7. terimakasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Isi artikelnya sangat bermanfaat,, terimakasih

    ReplyDelete
  9. Terimakasih, artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  10. Bagus dan bermanfaat (灬º‿º灬)♡

    ReplyDelete
  11. Sangat membantu�� semangat yah !!!

    ReplyDelete
  12. bermanfaat banget artikelnyaa

    ReplyDelete
  13. Yo kalo mimissan ak minta tolong km yh asiiqq����

    ReplyDelete
  14. bagus bgt artikelnya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. bagus banget gila no debat

    ReplyDelete
  16. Artikelnya membantu bnget hikd, akhirnya ku nga mimisan lgi

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.