Header Ads

Cara Mengatasi Cacar Air Secara Alami

Penyakit cacar air atau dalam istilah medis disebut varicella adalah infeksi yang disebabkan virus Varicella zoster. Penderita yang terinfeksi virus ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di seluruh tubuh.

Gejala Cacar Air

Gejala cacar air adalah ruam merah di perut atau punggung. Selain itu, cacar air juga ditandai dengan beberapa gejala lain seperti:
- Demam
- Pusing
- Lemas
- Nyeri tenggorokan

Penyebab Cacar Air

Seperti yang sudah kita tahu, penyebab cacar air adalah virus yang dinamakan varicella-zoster. Virus ini tergolong sebagai virus yang tidak berbahaya dan mampu diobati. Virus varicella-zoster dapat menular melalui kontak fisik dan menyerang tubuh dengan sistem imun yang lemah.

Selain penyebab cacar air di atas, ada pula faktor lain yang mendukung seperti :

- Tidak pernah disuntik imunisasi cacar air
- Tidak pernah mencuci tangan sebelum makan
- Tidak pernah menerima vaksin cacar air (terutama ibu mengandung)
- Berinteraksi dengan orang yang sedang sakit cacar air,
- Kurang minum
- Jarang berolahraga secara aktif

Berikut ini adalah obat cacar air alami dan cara mengolahnya :

1. Madu
Madu mengandung banyak khasiat untuk kulit dan dapat dikonsumsi langsung atau dengan mengoleskannya pada ruam.

2. Cuka apel
 Campurkan satu sendok cuka apel dengan sedikit air. Gunakan kapas untuk mengobati ruam memerah menggunakan ramuan cuka. Hindari mengoleskan cuka pada luka ruam yang terbuka.

3. Baking Soda
 Campurkan sedikit baking soda dengan air satu gelas. Aduk dengan rata dan tunggu beberapa detik sampai bubuk baking soda tercampur dengan rata. Oleskan larutannya pada kulit yang terasa panas dan gatal-gatal. Hindari mengoleskan terlalu banyak atau sering karena akan membakar kulit.

4. Oatmeal
 Ambil secangkir oatmeal tawar dan haluskan sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk oatmeal pada bak mandi yang sudah diisi seperempat air. Biarkan orang yang terkena cacat air berendam selama kurang lebih 20 menit. Jangan lupa untuk mandi menggunakan air bersih setelahnya.

5. Teh chamomile
 Seduh tiga sampai empat kantong teh chamomile. Celupkan kapas lembut pada larutan teh, peras sedikit, dan taruh kapas di atas bercak kemerahan yang terasa gatal. Tepuk-tepuk secara lembut agar teh terserap dengan baik ke dalam kulit.

6. Minyak lavender
 Sebelum mengoleskan minyak lavender pada ruam, coba dahulu pada sebagian bercak kemerahan. Apabila tidak terasa gatal, kamu boleh meneruskan mengoleskan minyaknya pada bagian tubuh lainnya yang terkena cacar air.

7. Kunyi
Kunyit berfungsi sebagai remedi setelah cacar air mengering. Khasiat kunyit dapat menghilangkan luka-luka hitam atau bopeng yang membekas pada kulit. Caranya, haluskan kunyit dan tambahkan minyak kelapa, aduk sampai rata. Panaskan ramuan untuk beberapa detik, dinginkan, lalu oleskan pada bekas luka cacar air.

Nama : Dewi Kusumawati
Kelas  : X AKL 1

49 comments:

  1. Terimakasih artikel ini sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

      Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

      Delete
  2. terimakasih, artikelnya membantu sekali��

    ReplyDelete
  3. lengkap dan bermanfaat ��‍♀️��‍♀️��‍♀️

    ReplyDelete
  4. dewii bermanfaat bangett artikeell nyaa👍🏼👍🏼

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sangat bermanfaat sekali semangat

    ReplyDelete
  6. wah sangat lengkap dan bermanfaat sekali,bagus kak dew

    ReplyDelete
  7. wah artikelnya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  8. Baguss dan sangat bermanfaat👍

    ReplyDelete
  9. Terimakasih ya artikel nya sangat membantu

    ReplyDelete
  10. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat semangat dewiiii

    ReplyDelete
  11. Wahhhh makasiii ya artikel nya sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete
  12. Wahhh artikelnya bermanfaat sekalii, terimakasih yaa

    ReplyDelete
  13. Artikel sangat bermanfaat ��

    ReplyDelete
  14. Artikel nya bagus dan lengkap ditunggu artikel selanjutnya

    ReplyDelete
  15. Suka banget sama artikel nya ini sangat membantu

    ReplyDelete
  16. Artikel ini sangat membantu

    ReplyDelete
  17. Mantep dew semangatttt

    ReplyDelete
  18. Sangat bermanfaat artikelnya, terimakasih dewi ❤️

    ReplyDelete
  19. Artikelnya sangat membantu
    Terima kasih ya

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat membantu
    Penjelasannya juga jelas dan mudah di mengerti

    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Thanks,, artikelnya sangat membantu 👍

    ReplyDelete
  22. Terima kasih untuk artikel yg sangat bagus dan bermanfaat...
    Sukses sllu Dewi ♥️

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat sekali materinya ya, srmangat terus Dewi

    ReplyDelete
  24. terimakasih ya artikel ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  25. Artikel nya sangat menarik dan inshaallah sanggat bermanfaat

    ReplyDelete
  26. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete
  27. Artikel nya sangat bagus dan berfaedah ❤️👍🏻

    ReplyDelete
  28. Artikelnya jelas dan sangat membantu

    ReplyDelete
  29. Bermanfaat banget nih buat yg lagi sakit cacar air

    ReplyDelete
  30. Artikelnya sangat bermanfaat dan bagus semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak dewi.

    ReplyDelete
  31. lhamdulillah sangat membantu banget artikelnya terimakasih ya...

    ReplyDelete
  32. artikelnya sangat bermanfaat banget,dan Bagus sekali

    ReplyDelete
  33. ohh jadi gitu toh, makasiih yaa. aku jadi lebih pahamm, dan ini artikel berguna banget buat orang banyak

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.