Header Ads

Jangan Buang Kulit Semangka! Karena Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

      Kebiasaan orang-orang ketika mengonsumsi semangka, mereka biasanya hanya mengambil daging buah dan mencampakkan kulit serta bijinya. Namun ternyata, kulit semangka memiliki banyak manfaat. Sama seperti biji semangka, kulitnya juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengejutkan. Kulit semangka diketahui kaya akan kandungan vitamin B dan C.

Kulit semangka juga mengandung citrulline dosis tinggi, senyawa yang terkait dengan berbagai manfaat. Citrulline dapat berubah menjadi arginin yang sangat penting bagi jantung dan meningkatkan sirkulasi menurut Pusat Perbaikan Buah dan Sayuran Texas A&M.

Semangka adalah varian buah melon yang 92% bagiannya mengandung air. Buah semangka secara umum memiliki kandungan jumlah vitamin A dan C, potasium, magnesium, dan nutrisi penting lainnya yang menyehatkan.

Kulitnya yang berwarna hijau dan tebal itu aman dan benar-benar dapat dimakan. Berikut adalah beberapa alasan kesehatan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk tidak mencampakkan kulit semangka dan mengonsumsinya.

•Mengenal Kandungan Dan Manfaat Kulit Semangka

Semangka adalah buah dari famili Cucurbitaceae dan spesies Citrullus lanatus yang terkenal di daerah tropis dan daerah tropis. Semangka adalah tanaman sayuran yang luas, berbentuk bulat oval atau bujur dengan kulit halus, gelap dan kadang-kadang bergaris-garis hijau pucat yang berubah menjadi hijau kekuningan saat matang. Buah ini kaya akan vitamin dan sumber fitokimia yang baik.

Kulit semangka adalah lapisan luar yang memiliki eksterior hijau yang pudar menjadi putih di dalam, dengan daging buah berwarna merah dan merah muda. Kulit semangka keras dan tidak terlalu berair. Kulit buah ini memiliki proporsi nutrisi yang besar.

Ini termasuk kalori rendah dan kandungan tinggi Vitamin A, Vitamin C, potasium, Vitamin B6 dan seng. Itu dimuat dengan citrulline, klorofil, asam amino, likopen, senyawa fenolik dan flavonoid.

Kulit semangka yang dikeringkan akan menjadi tipis dan melengkung. Ia akan teratur atau silinder dengan berbagai ukuran dengan warna kuning, kuning-hijau atau coklat tua di permukaan luar. Berikut adalah manfaat kulit semangka bagi kesehatan yang masih tidak diketahui;

1. Baik Bagi Kesehatan Kulit

Manfaat kulit semangka yang pertama adalah baik bagi kesehatan kulit. Kulit semangka mengandung likopen, flavonoid, dan antioksidan yang diketahui dapat menurunkan efek radikal bebas dan stres oksidatif. Ini dapat diakhiri dengan noda, keriput dan bintik-bintik usia yang muncul seiring bertambahnya usia.


2. Bantu Pertahankan Tekanan Darah

Manfaat kulit semangka yang kedua adalah membantu mempertahankan tekanan darah. Kulit buah semangka mengandung kadar kalium tinggi yang bertindak sebagai vasodilator dengan menurunkan stres dan tekanan pada arteri dan pembuluh darah. Ini mengurangi kemungkinan dierosklerosis, stroke, serangan jantung dan penyakit jantung koroner.


3. Bantu Perkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat kulit semangka yang ketiga adalah untuk membantu menolak sistem tubuh. Dalam hitungan 1 cangkir kulit semangka menawarkan lebih dari 30% kebutuhan harian untuk Vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C merangsang produksi darah putih yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi dan patogen asing.


4. Bantu Turukan Berat Badan

Manfaat kulit semangka yang ke empat adalah untuk membantu menurunkan berat badan berlebih. Kulit semangka adalah camilan rendah kalori yang dapat mendukung penurunan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Ia membuat seseorang merasa kenyang dengan merangsang metabolisme dan meningkatkan kapasitas pembakaran lemak untuk mengurangi beberapa kilo berat tubuh.


5. Bantu Cegah Penyakit Kronis

Manfaat kulit semangka yang ke lima adalah untuk membantu mencegah penyakit kronis. Kulit buah semangka diketahui memiliki kandungan likopen dan citrulline yang mendukung dalam menetralkan radikal bebas sebelum mereka menyebabkan mutasi sel dan menyebabkan penyakit kronis.


6. Bantu Jaga Kesehatan Prostat
Manfaat kulit semangka yang ke enam adalah untuk membantu menjaga kesehatan prostat. Kulit semangka berperan sebagai sumber likopen yang berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat membantu menangkal kanker prostat.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan hubungan yang tepat antara likopen dan pencegahan kanker. Ini mengandung sifat diuretik yang menjaga saluran kemih dalam kondisi kerja yang sehat.


•Cara Mengonsumsi Kulit Semangka

Untuk mendapatkan beragam manfaat di atas, Anda dapat melakukan beberapa cara dalam mengolah kulit semangka agar layak dan enak dimakan. Berikut adalah beberapa cara umum yang bisa Anda praktikkan untuk mengonsumsinya.

Tumis kulit semangka yang sudah dicincang bersama dengan minyak zaitun, lalu bumbui dengan garam dan merica untuk menambah rasa, atau berkreasi dengan menggunakan campuran serpih cabai merah, paprika, dan daun ketumbar. Gunakan kulit semangka, bersama dengan wortel, kentang, dan parsnip, untuk menambah jumlah nutrisi dan nilai gizi.

Atau, Anda bisa membuat acar kulit semangka pedas jika Anda tidak punya banyak waktu untuk dihabiskan di dapur. Yang dibutuhkan hanya kulit semangka, lemon, gula, garam, dan udara panas.

Untuk mendapatkan kesegaran ekstra dan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi pada musim panas, Anda bisa memilih untuk membuat jus. Cukup bukti kulit semangka ke dalam blender, tambahkan jeruk nipis dan mint untuk perasa, dan jadilah smoothie yang menyegarkan.

Nama: Amelia Oktaviani
Kelas: X BDP 2

35 comments:

  1. Artikelnya bagus dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. makasih artikelnyaaa

    ReplyDelete
  3. Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih

    ReplyDelete
  4. Artikel nya bagus dan juga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. artikel nya bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Artikelnya sangat bermanfaat juga bagus

    ReplyDelete
  7. Informasi nya sangat bermanfaat, terimakasih

    ReplyDelete
  8. sangat bermanfaat, thank you

    ReplyDelete
  9. Waah kebetulan saya ingin menurunkan berat badan, informasinya sangat bermanfaat! Terima kasih

    ReplyDelete
  10. terimakasih yaaa infonya

    ReplyDelete
  11. artikelnya baguss dan bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Artikel nya bagus dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Artikelnya bagus sekali saya jadi dapat memanfaatkan kulit semangka

    ReplyDelete
  14. artikel yang sangat menarik, dan bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Artikelnyaa sangat bagus dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Wah ternyata Kulit Semangka juga banyak manfaatnya!!
    Terimakasih atas penjelasannya, Alhamdulillah dapat menambah wawasan sayaaa

    ReplyDelete
  17. wahh bermanfaat sekaliii, terimakasiih yaa!

    ReplyDelete
  18. terimakasii sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  19. Terimakasih, sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih:)

    ReplyDelete
  21. Artikel keren dan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  22. artikelnya keren, bagus dan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  23. Artikel nya bagus dan bermanfaat, mudah dipahami. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  24. artikelnya bermanfaat sekali, terimakasih

    ReplyDelete
  25. Bagus dan bermanfaat artikelnya, terimakasih

    ReplyDelete
  26. Artikelnya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  27. artikelnya sangat bermanfaat sekali, terimakasih

    ReplyDelete
  28. artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  29. terima kasih untuk artikelnya

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.