Header Ads

Ragi dan Fermentasi

Tahukah anda, bahwa dalam ragi dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya ragi digunakan untuk melakukan proses fermentasi dengan melakukan anaerob.

Pengertian Ragi
Ragi atau fermen (saccharomycess cerivicae) merupakan zat yang dapat menyebabkan fermentasi. Ragi biasanya mengandung mikroorganisme yang melakukan fermentasi dan media biakan bagi mikroorganisme tersebut. Media biakan ini dapat berbentuk butiran-butiran kecil atau cairan nutrien. Ragi umumnya digunakan dalam industri makanan untuk membuat makanan dan minuman hasil fermentasi seperti acar, tempe, tape, roti, dan bir.

Zat yang terkandung dalam ragi
Pada ragi terdapat enzim yaitu protease yang dapat memecah protein, lipase yang dapat memecah lemak, invertase yang memecah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa, maltase yang memecah maltosa menjadi glukosa-glukosa, serta zymase yang memecah glukosa menjadi alkohol dan karbondioksida.

Kegunaan ragi dalam kehidupan sehari hari
Ragi adalah sumber protein dan asam amino yang membantu memaksimalkan fungsi otot secara keseluruhan dan mengatur metabolisme tubuh, terutama dalam melawan depresi dan rasa cemas. Selain itu, ragi juga membantu mempromoiskna hormon pertumbuhan. Serta dapat digunakan untuk membuat makanan atau minuman yang membutuhkan proses fermentasi, seperti yang lebih dikenal pada pembuatan tape.

Proses pembuatan tape dengan menggunakan microba saccharomycess cerivicae
•Proses pembuatan tape melibatkan proses fermentasi yang dilakukan oleh jamurSaccharomyces cerivisiae. Jamur ini memiliki kemampuan dalam mengubah karbohidrat (fruktosa dan glukosa) menjadi alcohol dan karbondioksida.
•Suhu lingkungan sangat mempengaruhi banyaknya kadar amilum, glukosa, alkohol, dan asam cuka yang dihasilkan dari proses fermentasi.
• Fermentasi yang terjadi pada tape ketan dan singkong terjadi selama 3-4 hari. Selain itu, dalam proses pembuatan tape ini ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya proses fermentasi tersebut berlangsung secara sempurna. Selama proses fermentasi tidak memerlukan oksigen. Oleh karena itulah, proses fermentasi pada ketan yang tertutup rapat lebih cepat dibandingkan dengan ketan/singkong yang diletakkan di tempat terbuka.
• Lamanya proses fermentasi mempengaruhi kadar alkohol yang dihasilkan. Semakin lama, semain banyak kadar alkoholnya.
Rasa manis pada tape ketan ini karena terjadi perubahan dari karbohidrat yaitu berupa pati dihidrolisis oleh mikroorganisme dalam ragi dipecah menjadi glukosa. Glukosa menimbulkan rasa manis pada tape ketan. Semakin banyak glukosa yang dihasilkan maka semakin tinggi rasa manis yang ditimbulkan. Pembentukkan glukosa merupakan tahapan suatu rangkaian proses yang panjang. Dalam pemanfaatan proses fermentasi ini agar mendapatkan rasa tape yang manis harus dikonsumsi pada waktu yang tepat yaitu sekitar 2-3 hari setelah pemeraman.

Nah setelah kalian mengetahui proses pembuatan ragi kalian dapat mencoba membuatnya. Jika kalian ingin membuat tape dan menganalisa apa yang terjadi saat proses fermentasi kalian dapat mengikuti langkah langkah di atas.

Yasman Yazid
X OTKP 1

28 comments:

  1. singkat dan mudah di pahami 👍👍👍👍

    ReplyDelete
  2. singkat dan mudah di pahami 👍👍

    ReplyDelete
  3. Bodo yg penting syang mute

    ReplyDelete
  4. Artikel yang bagus dan bermanfaat.Suatu percobaan yang mantap👍

    ReplyDelete
  5. penjelasannya mudah di pahami, arigatou👍🏻🖤

    ReplyDelete
  6. materinya gampang buat dipahamin

    ReplyDelete
  7. Artikel ini sangat membantu 🙌 Terimakasih

    ReplyDelete
  8. Makasih udin sangat membantu

    ReplyDelete
  9. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat!!!

    ReplyDelete
  10. makasi udh bantu tugas sekolah saya 😭😭🔫

    ReplyDelete
  11. Artikelnya sangat bermanfaat,terimakasih

    ReplyDelete
  12. Keren banget nambah ilmu. Thx gan

    ReplyDelete
  13. Bahasanya bagus, mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  14. Terpercaya di Lengkapi Zona Nyaman Bermain Pasti Asik, 24 Jam Layanan Terbaik, Proses Cepat, Semua Jenis Permainan Ada di sini hadiah bonusnya keren bos, yuk klik Link alternatif bento4d di jamin puas teman.

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.