Header Ads

Amelia Putri x AKL 2

KESEIMBANGAN LINGKUNGAN
Lingkungan sebenarnya bersifat dinamis dan memiliki kemampuaan untukmendukung kelangsungan mahkluk hidup didalamnya yang disebut Daya DukungLingkungan.Lingkungan juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisilingkungan ke keadaan seimbang ketika lingkungan mendapat gangguan atau kerusakansampai batas tertentu yang disebut Daya Lenting Lingkungan.
Lingkungan mengacu kepada segala sesuatu yang mengelilingi suatu organisme danmemengaruhi cara hidup organisme tersebut. Keseimbangan Lingkungan dapatdiartikan sebagai kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupundari aktivitas manusia, serta kemampuan lingkungan dalam menjaga kestabilankehidupaan didalamnya. Keseimbangan dapat tercapai ketika interaksi antar prganismedengan factor lingkungan dan interaksi antarkomponen dalam suatu lingkungan dapat berjalan dengan proporsional.
Image result for contoh lingkungan yang seimbangsalah satu contoh lingkungan yang seimbang
1.       Interaksi Antar Komponen Ekosistem Dalam Menjaga KeseimbanganEkosistem
                Ekosistem tersusun oleh komponen biotik dan abiotik, keduanya saling berinteraksi dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kestabilan ekosistem.Interaksi antar komponen biotik dalam menjaga keseimbangan lingkungan dapat kitalihat dalam rantai makanan dan jarring-jaring makanan. Pengontrolan terhadap populasi setiap komponen biotik dalam ekosistem dapat menjaga kestabilanekosistem. Walaupun demikian, dalam sebuah ekosistem, akan senantiasa terjadifluktuasi populasi komponen biotik secara teratur. Proses ini akan berlangsung selamalingkungan dalam kegiatan seimbang , dan pada lingkungan yang seimbang tidakakan terjadi peningkatan dan penurunan populasi komponen biotik tertentu secaramencolok.
Selain itu, interaksi antarkomponen abiotik dan biotik juga juga menjagakeseimbangan lingkungan apabila berjalan dengan sesuai dan berkesinambungan.Faktor-faktor lingkungan, seperti suhu, air, intensitas cahaya, kelembapan, dansalinitas dapat menjadi factor penentu bagi persebaran organisme dimuka bumi karenasetiap jenis organisme memiliki kisaran toleransi tertentu terhadap berbagai factorlingkungan.
2.       Sukesi
Sukesi adalah proses perubahan komposisi spesies dalam suatu komunitas biologi akibat adanya gangguan pada komunitas tersebut. Di alam, terdapat dua sukesiyaitu :


a.       Sukesi primer
Sukesi primer adalah proses perubahan komposisi komunitas yang terjadi padasuatu kawasan yang pada mulanya hampir tidak ada kehidupan. Sukesi primer biasanya terjadi pada pulau Vulkanis baru atau area yang awalnya tertutupi olehglasier atau lapisan es.Umumnya, hanya organisme yang memiliki tingkat toleransi tinggi dan luassaja yang mampu tumbuh dan berkembang pada area tersebut, seperti lumut danLichenes.Organisme yang mampu tumbuh pertama kali dan kemudianmembentuk suatu ekosistemdisebutOrganisme pionir atauspesies pionir.
b.      Sukesi Skunder
Sukesi Skunder terjadi pada area yang mulanya ada kehidupan tetapikemudian mengalami beberapa gangguan yang menyebabkan hilangnyakomunitas yang ada diarea tersebut dan hanya meninggalkan tanah yang tetaputuh. Misalnya hutan yang mengalami penebangan mengalami sukesi skunderyang pada ahkirnya hutan dapat pulih kembali jika tidak diganggu lagi.
c.       Komunitas Klimaks
Komunitas Klimaks merupakan komunitas yang dihasilkan dari proses sukesi.Komunitas klimaks bersifat stabil dan memilki tingkat keseimbangan lingkunganyang tinggi. Komunitas klimaks biasanya didominasi oleh organisme yangmemiliki umur panjang, seperti pohon-pohon besar dan hewan yang memilikisiklus hidup yang panjang.
B.      BAHAYA OVER EKSPLOITASI EKOSISTEM
Pertambahan populasi manusia yang semakin meningkat menyebabkan terjadinyaeksploitasi sumber daya alam secara besar  – besaran. Hal tersebut menyebabkan menurunnya dan berkurangnya daya dukung sumber daya alam. Jika pada binatang tantangannya lebih terfokus pada upaya menemukan apa yang dapat dimakan pada hari manusia perlu berpikir kreatif guna menemukan pengganti dari fosil energi yang tidak dapat diperbarui.Masalah kependudukan, sangat erat sekali dengan tingkat populasi manusia. Berarti berhubungan erat dengan perkembangbiakan manusia. Apabila pertambahan penduduktidak ditekan maka akan terjadi peledakan populasi yang semakin banyak mengerukenergi baik energi yang dapat diperbarui ataupun yang tidak dapat diperbarui. Hal tersebut sangat mungkin berpengaruh menimbulkan pencemaran lingkungan.Pencemaran yang ditimbulkan oleh manusia dalam rangka usaha untuk memenuhikebutuhannya, tidak hanya berdampak pada satu bidang saja, melainkan berbagai bidang.Pencemaran tersebut bisa terjadi pada udara (pencemaran udara), pada tanah (pencemarandaratan) dan pencemaran air.Eksploitasi ekosistem secara besar –  besaran akan menyebabkan ketidakseimbanganlingkungan yang akhirnya akan berdampak pula pada kelangsungan hidup manusia.Manusia mempunyai peranan penting dalam pembentukan ekosistem dan perusakanekosistem. Pengaruh manusia dalam pembentukan ekosistem antara lain manusiamembuat ekosistem buatan misalnya persawahan, perkebunan, bendungan dan lain lain.Sedangkan pengaruh manusia dalam perusakan lingkungan antara lain penebangan hutan, pencemaran lingkungan, eksploitasi sumber daya alam secara besar  – besaran dan lain– lain.



Akibat dari eksploitasi tersebut antara lain sebagai berikut :
1.       Terjadinya pencemaran tanah
2.       Terjadinya pencemaran air
3.       Terjadinya pe`ncemaran udara
4.       Punahnya berbagai spesies hewan, tumbuhan dan mikroorganisme
5.       Suhu lingkungan meningkat
6.       Terjadinya banjir, erosi dan tanah longsor.
7.       Penyusutan Sumber Daya.
8.       Pemanasan Global.
9.       Lubang Ozon.
10.   Hujan Asam
C.      DAMPAK OVER EKSPLOITASI EKOSISTEM
Homeostatis: kemampuan ekosistem untuk menahan berbagai perubahan dalamsystem secara keseluruhan.Over eksploitasi ekosistem menghasilkan pencemaran. Pencemaran disebabkan olehlimbah. Pencemaran lingkungan dapat diukur oleh parameter kualitas limbah yangdigunakan untuk mengetahui tingkat pencemaran yang sudah terjadi di lingkungan. Yaitu:
1.       BOD (Biochemical Oxygen Demand):
Ukuran kandungan oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh mikroorganismedalam air untuk menguraikan bahan organic dalam air. BOD ditentukan denganmengukur jumlah oksigen yang terserap oleh limbah cair akibat adanyamikroorganisme selama kurun waktu dan temperature tertentu. (biasanya 5 hari dandalam 20o C). Nilai BOD diperoleh dari selisih oksigen terlarut awal dengan oksigenterlarut akhir.
2.       COD (Chemical Oxygen Demand):
Jumlah oksigen yang diperlukan agar buangan yang ada dalam air dapatteroksidasi melalui reaksi kimia. Indicator ini umumnya berguna pada limbah industri.
3.       DO (Dissolved Oxygen):
Kadar oksigen yang terlarut dalam air. Penurunan DO dapat diakibatkan oleh pencemaran air yang mengandung bahan organic sehingga menyababkan organismeair terganggu. DO penting dalam pengoperasian system saluran pembuangan maupun pengolahan limbah.
4.       pH
Ukuran keasaman dan kebasaan limbah. Air yang tercemar memiliki pHantara 6,5- 7,5. di bawah itu, air bersifat asam. Jika di atas itu, air bersifat basa.Perubahan pH air tergantung pada polutan air tersebut.
D.    UPAYA MENJAGA KESEIMBANGAN LINGKUNGAN

Beberapa contoh upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan, yaitu :

1.      Mengurangi penggunaan kertas dan mendaur ulangnya

2.      Mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia dalam rumah tangga karena dapat mencemari lingkungan

3.      Tidak boros dalam penggunaan air dan membangun daerah resapan air di halaman rumah

4.      Mengurangi produksi sampah, memisahkan sampah, dan mendaur ulangnya

5.      Menghemat penggunaan bahan bakar

6.      Menghentikan jual-beli berbagai spesies hewan langka

7.      Tidak membakar hutan untuk membuka lahan

8. Menerapkan sistem bercocok tanam yang memperhatikan lingkungan, yaitu dengan mengendalikan hama secara alami dengan metode biological control (menggunakan musuh alami dari hama). Upaya ini untuk mencegah munculnya populasi hama yang resisten terhadap pestisida.

9.      Pengawasan ketat oleh pemerintah terhadap berbagai produk impor. Upaya ini untuk mencegah masuknya spesies asing ke dalam negeri.

10. Hal terpenting yang perlu dilakukan dalam rangka menjaga keseimbangan lingkungan adalah    upaya pelestarian hutan dengan cara reboisasi, tidak melakukan penebangan hutan secara acak, dan menghentikan penebangan hutan secara liar. Penegakan hukum yang tegas dan adil juga perlu dilakukan terhadap perambah dan penebang hutan liar.

E. Manfaat  keseimbangan lingkungan bagi manusia antara lain:

·         Udara untuk keperluan pernapasan karena tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup tanpa adanya bantuan udara.
·         Air untuk minum,mandi,pengairan sawah,dan pembangkit tenaga listrik.
·         Tumbuhan dan Hewan untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani dan nabati. Selain itu tumbuhan dan hewan juga dapat di jadikan sebagai sumber tenaga dan kesenangan .Di daerah tertentu,sapi dan kerbau dijadikan sebagai penarik bajak di sawah, serta kuda untuk menarik delman dan dijadikan sebagai sarana olahraga berkuda.
·         Lahan untuk tempat mendirikan berbagai prasarana dalam mendukung kehidupan manusia,misalnya untuk membuat tempat tinggal, gedung-gedung pemerintah, olahraga dan pertokoan.
·         Sumber barang tambang dan sumber daya mineral, seperti emas, perak, tembaga, dan lainnya.
·         Penghasil bahan baku dan bahan mentah untuk industry


38 comments:

  1. Replies
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Delete
  2. Lumayan buat tugas klippinh sy...makasi min

    ReplyDelete
  3. Bagus chuyy... Semoga bermanfaat ya bagi semua orang

    ReplyDelete
  4. Materi tidak terlalu bertele2 good dh...buat pembahasan di brainly dong ka

    ReplyDelete
  5. baguss banget minn bermanfaat buat saya belajar

    ReplyDelete
  6. baguss banget minn bermanfaat buat saya belajar

    ReplyDelete
  7. mantapp, gmpng buat dimengerti, bgss dhh pkony

    ReplyDelete
  8. baaguss buat belajarr, makasii yaa minn

    ReplyDelete
  9. bagusss bgtt bermanfaat dpt dipahamii

    ReplyDelete
  10. mudah dipahami, semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  11. Artikelnya sangat bermanfaat dan mudah di pahami, yang bikin artikeonya juga cantik :)

    ReplyDelete
  12. Bagus banget sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete
  13. Mudah dipahami,,, kebetulan nih ada tugas beginian,,, makasih minnnn😊

    ReplyDelete
  14. sangat bermanfaat dan sangat membantu

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.