Header Ads

Meutia Ubiet Levita X AKL 2

A. KESEIMBANGAN LINGKUNGAN

 

            Lingkungan mengacu kepada segala sesuatu yang mengelilingi suatu organisme dan memengaruhi cara hidup organisme tersebut. Keseimbangan lingkungan dapat diartikan sebagai kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun dari aktivitas manusia, serta kemampuan lingkungan dalam menjaga kestabilan kehidupan di dalamnya.

1.     Interaksi Antarkomponen Ekosistem dalam Menjaga keseimbangan ekosistem

ekosistem disusun oleh komponen biotik dan abiotic. Kedua komponen ini saling berinteraksi dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kestabilan ekosistem.aktivitas dan interaksi antarkomponen ekosistem memungkinkan proses kehidupan terus berlangsung dan berkesinambungan.

Apabila factor factor lingkungan mengalami fluktuasi yang demikian drastis, populasi organisme yang ada pada suatu lingkungan akan terpengaruh. Perubahan kondisi lingkungan juga dapat mengancam keseimbangan lingkungan.

 

2.     Suksesi

Suksesi adalah proses perubahan komposisi spesies dalam suatu komunitas biologi akibat adanya gangguan pada komunitas tersebut.

 

a.      Suksesi primer

Suksesi primer adalah proses perubahan komposisi komunitas yang terjadi pada suatu kawasan yang pada mulanya hamper tidak ada kehidupan.

b.     Suksesi sekunder

Suksesi sekunder terjadi pada area yang mulanya ada kehidupan tetapi kemudian mengalami beberapa gangguan yang menyebabkan hilangnya komunitas yang ada di area tersebut dan hanya meninggalkan tanah yang tetap utuh.

c.      Komunitas klimaks

Komunitas klimaks merupakan komunitas yang dihasilka dari proses suksesi. Komunitas klimaks bersifat stabil dan memiliki tingkat keseimbangan lingkungan yang tinggi.

 

B.  Dampak Eksploitasi Berlebihan terhadap Ekosistem

 

1.     Fragmentasi dan Degradasi Habitat

Kawasan hutan yang pepohonannya banyak ditebang untuk memenuhi kesejahteraan manusia atau pembangunan jalan yang melintasi hutan merupakan contoh fragmentasi habitat.

 

2.     Terganggunya Aliran Energi di Dalam ekosistem

Ketika proses penebangan dan pembakaran hutan selesai, maka kawasan itu kemudian akan ditanami satu jenis tumbuhan (sistem monokultur), contoh : padi.

 

3.     Resistensi Beberapa Spesies Merugikan

Penggunaan pestisida dan antibiotika yang berlebihan untuk membunuh populasi organism yang merugikan dapat menyebabkan munculnya populasi organisme yang kebal terhadap pestisida dan antibiotik tersebut.

 

4.     Hilangnya Spesies Penting di Dalam Ekosistem

Hilangnya satu organisme dapat memberikan dampak yang cukup besar di dalam ekosistem.

 

5.     Introduksi Spesies Asing            

Introduksi spesies asing dapat merugikan dalam suatu ekosistem karena spesies tersebut tidak memiliki predator alami. Contohnya ledakan populasi tanaman enceng gondok.

 

6.     Berkurangnya Sumber Daya Alam Terbaharui

Semua sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti kayu, tanduk, dan gading jika digunakan dan dieksploitasi secara berlebihan akan menurunkan jumlah dan kualitas sumber daya alam tersebut.

 

 

7.     Terganggunya Daur Materi di Dalam Ekosistem

Meningkatnya aktivitas manusia di dunia berpengaruh terhadap daur biogeokimia. Contohnya daur karbon yang terganggu akibat semakin banyaknya penggunaan bahan bakar.

 

C. Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan

 

Dilakukan di lingkungan rumah adalah :

1.         Kurangi penggunaan bahan kimia pencemar lingkungan

 

2.         plastic. Dengan menggunakan detergen ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik pada saat berbelanja

 

3.         Kurangi produksi sampah rumah tangga

 

4.         Memilah sampah

 

5.         Hemat penggunaan air

 

6.         Menghemat penggunaan listrik.

 

7.         Menghindari pemborosan bahan bakar


Menjaga Keseimbangan Lingkungan yang dapat dilakukan di lingkungan masyarakat.

 

1.         Melakukan reboisasi.

2.         Melindungi satwa langka

3.         Bijak dalam bercocok tanam

4.         Mengkonsumsi hasil pertanian dan peternakan dalam negeri

5.         Melakukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

 

 

24 comments:

  1. Suka liatnya buat belajar gak terlalu banyak materinya tetapi mudah di pahami

    ReplyDelete
  2. sangat membantu, rinci, dan mudah dipahami, lanjutkan bontotku:)

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.