Header Ads

Pneumonia

Pneumonia

Pneumonia  dikenal dengan paru-paru basah. Pada kondisi ini, infeksi menyebabkan peradangan pada kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru. Akibatnya, alveoli bisa dipenuhi cairan atau nanah sehingga menyebabkan penderitanya sulit bernapas.

 Pneumonia dapat menyerang satu atau beberapa bagian paru.

Gejala yang timbul saat seseorang mengalami pneumonia sangat bervariasi. Hal ini sangat tergantung pada penyebab, tingkat keparahan penyakit, serta usia dan kondisi kesehatan penderita secara umum.

Variasi gejala pneumonia yaitu demam

batuk kering, batuk berdahak kental berwarna kuning dan hijau, atau batuk berdarah,sesak napas,berkeringat,menggigil,

Nyeri dada ketika menarik napas atau batuk mual,dan muntah,diare,selera makan menurun ,lemas, dan detak jantung meningkat.

Komplikasi Pneumonia

1. Infeksi aliran darah (bakteremia) terjadi akibat adanya bakteri yang masuk ke dalam aliran darah dan menyebarkan infeksi ke organ-organ lain.

2. Abses paru atau paru bernanah (empiema).Penumpukan nanah bisa menyebabkan terbentuknya abses paru atau empiema.

3. Efusi pleura merupakan kondisi di mana cairan memenuhi ruang di antara kedua lapisan pleura, yaitu selaput yang menyelimuti paru-paru dan rongga dada.

4. Acute respiratoty distress syndrome (ARDS)

ARDS terjadi ketika cairan memenuhi kantong-kantong udara (alveoli) di dalam paru-paru sehingga menyebabkan penderita tidak bisa bernapas (gagal napas).

Pencegahan Pneumonia

Pneumonia dapat dicegah melalui beberapa upaya, yaitu:

- Vaksinasi.

- Memiliki kebersihan diri yang baik.

- Tidak merokok.

- Menjaga imunitas tubuh tetap baik dengan konsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga.

Pengobatan Pneunomia

Pengobatan akan diberikan sesuai penyebab dan tingkat keparahan kondisi.

- Obat antipiretik dan analgetik, seperti ibuprofen atau paracetamol, untuk meredakan demam dan nyeri.

- Obat untuk meredakan batuk.

- Obat antibiotik, untuk mengatasi pneumonia yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

- Obat antivirus, untuk mengatasi pneumonia yang disebabkan oleh infeksi virus.

- Obat antijamur, untuk mengatasi pneumonia yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Jika mengalami gejala yang berat, penderita pneumonia perlu dirawat di rumah sakit. penderita akan diberikan penanganan berupa:

-Pemberian antibiotik atau obat lain melalui suntikan.

-Pemberian oksigen tambahan melalui selang atau masker oksigen, untuk mempertahankan kadar oksigen dalam darah.

-Pemberian cairan infus, untuk menjaga keseimbangan cairan dan kecukupan nutrisi.

-Rehabilitasi paru, untuk memaksimalkan penyerapan oksigen dengan melakukan latihan pernapasan.

Oleh karena itu marilah kita menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang membahayakan.

1 comment:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rani anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.