Header Ads

Mengenal Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Ini adalah penyakit kronis yang terjadi saat asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding dalamnya. Refluks asam dan heartburn (asam lambung naik) lebih dari dua kali seminggu dapat mengindikasikan GERD. Penyakit asam lambung dikenal ini juga dengan istilah sakit mag, indigestion, atau dispepsia.

 

Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada. Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

 

Penyebab Asam Lambung

 

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

 

Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

 

Keluhan yang muncul pada penyakit asam lambung umumnya berkaitan dengan konsumsi makanan atau minuman. Jenis makanan tertentu dianggap memicu produksi asam lambung berlebihan yang kemudian mengiritasi permukaan dalam lambung seperti contohnya kafein. Tapi selain itu munculnya asam lambung dapat disebabkan karena stress dan kecemasan atau obat obatan

 

Diagnosis Asam Lambung


Keluhan heartburn pada penderita asam lambung akan dirasakan paling tidak 2 kali dalam seminggu. Bila pasien datang dengan keluhan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan serangkaian tes penunjang. Pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh dokter adalah gastroskopi, foto Rontgen, pemeriksaan pH kerongkongan, serta tes kekuatan otot kerongkongan (manometri).

 

Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami


Asam lambung merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan yang sering dialami seseorang. Hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, bahkan dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit. Sehingga kondisi seperti ini sebaiknya segera diatasi.

 

Cara mengatasi asam lambung naik dapat dilakukan secara alami, salah satunya adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan penyebab asam lambung, seperti alkohol, soda, kopi, atau teh secara berlebihan. Selain itu, ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik lainnya, di antaranya seperti berikut:

  • Makan lebih teratur
  • Perhatikan porsi makan
  • Mengunyah makanan dengan benar
  • Hindari minum air terlalu banyak ketika makan
  • Hindari makanan asam, pedas, dan berlemak
  • Batasi asupan cokelat
  • Kurangi minum-minuman berkarbonasi
  • Tidur tepat waktu

by Astrianindita Nayra S X PB 1

 

'Semoga Bermanfaat'


17 comments:

  1. bermanfaat sekaliii terimakasihh

    ReplyDelete
  2. bahasanya mudah dimengerti sangat membantu

    ReplyDelete
  3. bagus bangettt woii

    ReplyDelete
  4. Artikel nya bermanfaat banget, bahasa nya juga mudah dimengerti

    ReplyDelete
  5. Artikelnya sangat bermanfaat, mudah dimengerti

    ReplyDelete
  6. Thanks, infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Segera ajak temanmu dan daftar permainan seru padangtoto dan dapatkan banyak hadiah yang menarik. Yuk teman-teman login untuk bermain

    ReplyDelete

Berikan komentar positif anda

POSTINGAN TERBARU

MENGENAL PENGOBATAN TRADISIONAL TIONGHOA

  Apa itu Pengobatan Tradisional Tionghoa? Pengobatan Tradisional Tionghoa (PTT) adalah praktik kesehatan yang berasal dari Tiongkok. Dengan...

Powered by Blogger.